Hair & beauty

Cara Pakai Retinol Pada Produk Skincare Untuk Pemula

By : Her World Indonesia - 2023-07-26 20:00:01 Cara Pakai Retinol Pada Produk Skincare Untuk Pemula

Salah satu skincare yang sedang naik daun saat ini yaitu retinol karena memiliki performa yang dapat membantu mengurangi berbagai permasalahan kulit wajah seperti tanda-tanda penuaan hingga pertumbuhan jerawat. Jika kamu sebelumnya tidak pernah menggunakan skincare berbahan dasar retinol, penting untuk mengetahui cara pakai retinol dan kulit kamu harus terbiasa dengan kandungan ini dimulai dari konsentrasi yang rendah.


Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa fungsi retinol dan kandungannya. Bahan yang merupakan turunan dari vitamin A ini dapat membantu meningkatkan pergantian sel. Tubuh juga memproduksi retinol secara alami karena fungsinya dalam pergantian sel, memproduksi kolagen, dan mengurangi kerutan maupun garis halus. Selain itu, retinol sering menjadi bahan aktif dalam produk skincare. Biasanya kandungan retinol bisa ditemukan dalam bentuk serum dan krim yang diaplikasikan pada kulit wajah.


Nah, untuk kamu para pemula yang ingin menggunakan kandungan retinol harus paham terlebih dahulu cara pakai retinol dengan baik dan benar seperti di bawah ini!


1. Memilih Retinol yang Cocok dan Tepat

Pilihlah Retinol yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan jangan sembarang memilihnya. Untuk pemula, amannya memilih produk retinol dengan kandungan retynil palmitate karena bahan ini aman untuk yang memiliki kulit sensitif. 

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, sebaiknya menggunakan kandungan adapalene. Produk yang berbahan pure retinol disarankan hanya untuk yang memiliki kulit normal.


2. Hindari Penggunaan Dengan Bahan Aktif Lain


(Retinol tidak baik digunakan dengan bahan aktif lain. Foto: Dok. Jill Burrow/Pexels)

Dikarenakan bahan retinol merupakan bahan yang cukup aktif dan keras. Maka, hindari menggunakan retinol dengan serum lain yang juga berbahan aktif secara bersamaan karena akan membuat kulit iritasi dan mengalami kerusakan.


3. Jangan Memakai Retinol Berlebihan


Apa pun yang berlebihan itu tidak baik, jadi jangan memakai retinol berlebihan. Cara pakai retinol yang aman kira-kira sama seperti ukuran kacang polong dalam setiap pemakaian. Jika kamu menggunakan retinol terlalu banyak, kulit wajahmu akan rusak. 


(Baca Juga: 5 Suplemen Vitamin Paling Manjur atasi Rambut Rontok)


4. Hindari Memakai Retinol Setiap Hari

Kalau kamu masih pemula dalam memakai skincare berbahan retinol, hindari menggunakannya setiap hari. Cara pakai retinol yang baik adalah dengan menunggu beberapa hari setelah pemakaian pertama agar kulit tidak mengering. Selain itu, kamu juga perlu membiarkan kulit wajah untuk beradaptasi dengan kandungan retinol yang dipakai. 

Kamu dapat meningkatkan penggunaan retinol seperti dua kali seminggu selama dua minggu dan terus ditingkatkan setelah itu. Jika tidak ada efek samping pada kulit wajah, kamu bisa meneruskannya dengan menggunakan retinol setiap hari.


5. Jangan Lewati Sunscreen

(Menggunakan tabir surya setelah memakai retinol. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

Langkah yang paling penting dan tidak boleh dilewati yaitu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Setelah memakai retinol di pagi hari, kamu harus selalu ingat untuk mengaplikasikan sunscreen pada wajah. Retinol akan membuat kulit lebih sensitif jika terkena sinar matahari, jadi kamu wajib untuk memakai sunscreen

Sekarang kamu sudah mengetahui cara pakai retinol dengan benar. Namun, apakah skincare berbahan dasar retinol berefek samping? Her World tentu punya jawabannya buat kamu! Keep scrolling!


Retinol memang memiliki banyak manfaat untuk kulit kamu tetapi kandungan dari bahan ini juga memiliki efek sampingnya seperti iritasi, kemerahan, kulit mengering dan mengelupas, dll. Efek samping ini dikarenakan penggunaan dengan dosis yang banyak. Untuk menghindari beberapa efek samping dari retinol, kamu harus mempersiapkan kulit wajah dan jangan mengaplikasikan retinol pada kulit yang lembab. Lalu, jangan menggunakan retinol dengan mencampurkannya dengan bahan aktif lainnya yang ada pada produk skincare.


Cara pakai retinol untuk para pemula yang ingin baru mencoba, sebaiknya mulai dengan dosis yang rendah 0,1% sampai 1%. Akademi Dermatologi Amerika memperbolehkan untuk memakai retinol dengan dosis maksimal sebesar 2%. Akan tetapi, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif pakailah dengan bijak seperti menggunakan dosis terendah terlebih dahulu.


(Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Masker Wajah untuk Hasil Maksimal)


Itulah cara pakai retinol yang Her World sarankan untuk para pemula! Hati-hati dalam menggunakannya dan selamat mencoba!



(Penulis: Larasati Emiri)

Hair & beauty