Life & health

Tidak Hanya Awet Muda, Ini 8 Manfaat Berenang Bagi Wanita

By : Her World Indonesia - 2023-06-10 12:00:01 Tidak Hanya Awet Muda, Ini 8 Manfaat Berenang Bagi Wanita

Berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Olahraga yang sekaligus menjadi sarana hiburan ini, ternyata memiliki banyak manfaatnya. Bahkan olahraga yang satu ini, sangat direkomendasikan juga untuk para wanita, lho? Mau tahu alasannya? Ini dia, delapan manfaat berenang bagi wanita.


1. Menurunkan berat badan secara signifikan


(Rutin berenang dapat mengurangi berat badan secara signifikan. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Menurutkan berat badan menjadi tujuan yang banyak diinginkan oleh par wanita. Kamu mungkin salah satunya. Sudah banyak olahraga yang kamu lakukan, tetapi masih belum memberikan hasil yang diinginkan. Mungkin kamu harus mencoba berenang. Ketika kamu berenang seluruh otot tubuhmu akan digunakan.


Berenang satu jam membuat semua otot tubuhmu bekerja dengan baik dan bahkan dapat membakar lebih dari 500 kalori. Ini sama dengan kamu berlari sejauh 2 km. Departemen Atletik Universitas Bucknell melaporkan bahwa berolahraga di air memberi tubuh perlawanan 12-14 persen lebih banyak daripada saat berolahraga di darat.


2. Mencegah depresi atau stres


(Hilangkan stres dengan berenang. Foto: Dok. Radu Flori/Pexels)


Seperti yang kita tahu, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sering dipilih untuk sekaligus menjadi aktivitas yang menghibur. Wanita yang kesehariannya sibuk dan penuh multitasking pasti memerlukan sarana aktivitas yang dapat menyalurkan stres atau perasaan lelah. Maka dari itu, berenang menjadi salah satu kegiatan yang cocok dipilih.


Berenang terbukti dapat menimbulkan efek senang serta gembira yang membuay saraf menjadi rileks. Tidak hanya itu, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat menyebutkan kalau berolahraga di dalam air, seperti berenang dapat menurunkan tingkat kecemasan, menurunkan depresi, dan meningkatkan mood.


(Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak)


3. Mengurangi resiko osteoporosis


Berdasarkan fakta media, wanita lebih rentan untuk mengalami oesteoporosis dibanding pria. Hal ini terjadi karena alasan hormonal dan wanita yang menyusui rentan terkuras kalsium dan vitamin dalam tubuhnya. Maka dari itu, berenang yang dikenal sebagai olahraga yang disarankan. Berenang dapat membantu mengutkan sendi tubuh sehingga mencegah tulang menjadi lemah, rapuh, dan terhindar dari osteoporosis.


4. Mengurangi risiko terkena kanker payudara


(Berenang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Foto: Dok. Anna Tarazevich/Pexels)


Cancer Research Center di Seattle, Amerika Serikat menyebutkan bahwa terdapat beberapa olahraga yang efektif dalam mencegah wanita terkena kanker payudara, salah satunya adalah berenang. Ketika berenang, seluruh otot dalam tubuh akan bekerja dan secara otomatis meningkatkan ketahanan saraf-saraf pada tubuh wanita. Jika kamu berenang secara teratur lima kali salam seminggu, kamu dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20 persen.


5. Menguatkan rahim pada ibu hamil


(Otot rahim dan panggul menjadi lebih kuat dengan berenang. Foto: Dok. lucas mendes/Pexels)


Masih ingat, bukan? Berenang menjadi olahraga yang menggunakan otot seluruh tubuh. Olahraga yang satu ini juga dapat menguatkan otot-otot yang terdapat di rahim serta panggul. Jika ibu hamil rajin berenang, hari ke hari dirinya akan semakin kuat untuk menjalani proses persalinan. Tidak berhenti sampai di sana, berenang juga dapat mengurangi risiko pembengkakan pada bagian-bagian tubuh wanita yang biasa terjadi saat masa kehamilan seperti kaki.


(Baca Juga: Jangan Malas Olahraga, Ini Yang Bisa Terjadi Pada Tubuhmu!)


6. Melancarkan persalinan


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, berenang dapat membantu wanita hamil untuk melancarkan proses persalinannya. Dengan berenang, kekuatan otot akan meningkat dan efisiensi oksigen dapat meringankan tantangan persalinan dan membantu paru-paru memberikan oksigen secara efektif kepada sang bayi.


Tidak hanya itu, berenang juga dapat menurunkan tingkat stress dan kecemasan yang dialami selama kehamilan. Berenang juga dapat membantu wanita tidur lebih baik dan membuatnya lebih kuat untuk menghadapi tantangan psikologis dan fisik terkait dengan kehamilan. Jika selama proses kehamilan dapat dijalani dengan baik dan tenang, diharapkan hingga proses persalinan pun dapat berjalan dengan baik.


7. Menurunkan risiko diabetes


(Berenang dapat membantu mengontrol gula darah. Foto: Dok. Katya Wolf /Pexels)


Bagi kamu yang menyandang diabetes tipe dua atau memiliki permasalahan dengan mengontrol gula darah, kamu bisa mencoba untuk lebih sering berenang. Penelitian dari University Maryland, Amerika Serikat menyebutkan bahwa olahraga berenang dapat membantu wanita untuk mengontrol gula darah dan bantu menurunkan risiko diabetes tipe dua. Seperti yang kita ketahui berenang menjadi olahraga yang efektif karena seluruh tubuhmu akan bergerak.


8. Cegah penuaan


(Berenang membuat otot kencang termasuk wajah menjadi kencang dan halus. Foto: Dok. Mikhail Nilov/Pexels)


Siapa wanita yang tidak ingin tampil awet muda dan tetap cantik? Sebuah penelitian di Indianan University menyebutkan bahwa perenang biasa secara biologis 20 tahun lebih muda dari pada foto di identitas diri mereka. Ketika rajin berenang, otot-otot menjadi kencang, terangkat, dan mendorong kulit ke arah luar sehingga menjadi halus dan kencang serta sesulit tidak akan nampak.


Itu dia delapan manfaat berenang bagi wanita. Ternyata salah satu cara alami untuk tampil awet muda dapat kamu lakukan dengan berenang. Yuk dicoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health