Life & health

Ini 5 Jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

By : Vanessa Masli - 2023-01-24 16:00:01 Ini 5 Jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Banyak faktor yang mungkin memengaruhi pikiranmu sehingga tidur malam pun jadi terganggu. Mulai dari pekerjaan yang masih menghantui hingga kecenderungan overthinking tentang berbagai kemungkinan di masa depan sehingga kamu sulit untuk benar-benar menikmati momen saat ini, yaitu tidur di kasur yang nyaman dan beristirahat sebelum menyambut hari esok.


Namun, buat kamu yang masih sulit untuk tidur lebih nyenyak, ada banyak cara juga dalam mengatasi masalah ini, salah satunya dengan berolahraga. Bukan berolahraga dengan intensitas tinggi yang membuat tubuhmu terlalu lelah tapi jantung masih berdetak kencang, tapi ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.


Penasaran apa saja jenis olahraganya? Simak deretan yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Aerobik


Latihan kardio seperti aerobik bisa jadi opsi olahraga kalau kamu ingin tingkatkan kualitas tidurmu. Aerobik dengan intensitas sedang bisa meningkatkan detak jantung dan otomatis membuatmu berkeringat. Keringat yang keluar ini bisa membantu keluarkan panas, tekanan, hingga stres dalam tubuh sehingga nantinya kamu akan jadi lebih rileks.


Dengan rutin melakukan olahraga satu ini, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur dan kecenderungan mengantuk di siang hari, khususnya bagi yang mengalami insomnia. Namun, perlu diingat, kamu harus melakukan aerobik dengan intensitas sedang dan hindari gerakan terlalu berlebihan. Sebab, jika intensitasnya meningkat, kamu justru menambah masalah dalam pola tidurmu.


2. Jalan kaki



(Jalan kaki selama 30 menit untuk rilekskan pikiran. Foto: Dok. Maksim Goncharenko/Pexels)


Kamu bisa menikmati suasana malam di lingkungan tempat tinggalmu maupun investasi kesehatan dengan membeli walking pad atau treadmill, jalan adalah salah satu cara sederhana yang bikin tidur bisa jadi lebih nyenyak. Apalagi kamu yang butuh sekali kegiatan untuk melepas stres di tengah kesibukan sehari-hari.


Berjalan dengan kecepatan berapapun, kamu memberikan kesempatan bagi tubuh untuk merilekskan diri sehingga kualitas tidurmu juga meningkat. Tak perlu waktu banyak, ambil setidaknya 30 menit untuk berjalan kaki dan agar kamu semakin rileks, dengarkan musik-musik yang menenangkan hati.


3. Yoga


Jenis olahraga yang mungkin tak lagi asing di telinga, yoga bisa jadi andalanmu untuk tidur lebih nyenyak. Olahraga ini merupakan salah satu resistance training yang fokus memperbaiki postur, latihan mengolah napas, dan mendapatkan ketenangan dalam tubuh. Tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, yoga juga dijadikan andalan sebagian orang untuk meredakan stres.


Stres yang pelan-pelan menurun juga bisa bantu peningkatan kualitas tidurmu. Setidaknya, dengan melakukan yoga, kamu diajak untuk memusatkan perhatian dan pikiran pada momen saat ini sehingga apapun yang mengganggu fokusmu bisa diabaikan. Lalu, setelah keluar dari sesi yoga tersebut, tubuh dan pikiranmu jadi lebih siap untuk beristirahat.


(Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Untuk Perut Kecil)

4. Plank



(Plank bisa bantu olah napas untuk rilekskan pikiran. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)


Kalau ingin olahraga yang tak banyak bergerak, tak banyak mengeluarkan keringat, tapi memberikan efek yang sama untuk kualitas tidurmu, plank bisa dijadikan andalan. Tak hanya memperbaiki postur tubuhmu, dari leher sampai kaki, plank juga membuatmu lebih tenang dan fokus berkat olah napas yang kamu lakukan selama prosesnya.


Caranya pun juga mudah. Kamu bisa meletakkan telapak tangan atau lengan di lantai sebagai tumpuan. Lalu, pastikan bahu dan lengan dalam satu garis lurus serta tubuhmu juga lurus diagonal. Hindari menurunkan atau menaikkan bokong karena bisa menyakiti area tulang belakang. Dorong dada ke arah langit-langit selagi kamu menurunkan pundakmu. Selama kurang lebih 30-60 detik, arahkan pandanganmu di antara jari-jari dan tahan. Pastikan kamu tetap bernapas karena ini juga membantu plank-mu lebih stabil dan tubuh lebih rileks.


5. Lompat tali


Mungkin lompat tali tak menjadi pilihanmu dalam berolahraga di malam hari untuk membuat kualitas tidurmu lebih baik, tapi ini bisa jadi salah satu opsi. Memang tak melepaskan stres seperti jalan kaki, tapi bisa kamu jadikan distraksi yang produktif. Sebab, ritme yang ditimbulkan, lompat tali bisa menenangkan pikiran-pikiran penuh kekhawatiran yang biasa mengisi kepalamu saat malam menjelang.


Sesuaikan kecepatannya tapi hitung tiap lompatan yang kamu lakukan karena dengan menghitung, kamu berikan sesuatu yang bisa jadi fokus pikiranmu. Lakukan sebanyak 50 lompatan dalam empat set, dengan waktu istirahat selama satu menit di sela-sela set.


(Baca Juga: Pikiran Buat Stres? Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking)


Itu dia beberapa jenis olahraga yang bisa membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Life & health