Fashion

6 Cara Mudah Merawat Sepatu Putih Agar Tidak Menguning

By : Her World Indonesia - 2023-06-09 12:00:01 6 Cara Mudah Merawat Sepatu Putih Agar Tidak Menguning

Sepatu putih memang sering menjadi pilihan favorit banyak orang karena dapat meng-elevate penampilan menjadi lebih menarik. Salah satu keunggulan dari sepatu putih adalah dapat dikombinasi hampir ke semua warna tanpa terlihat aneh. Tetapi, kekurangan utama sepatu putih adalah ketika sering dipakai maka akan lebih mudah kotor dan warnanya akan mulai menguning. 


Sepatu putih tidak bisa disimpan dan dicuci dengan cara yang sama seperti sepatu warna lainnya. Ditambah lagi, jika cara penangannya salah maka akan membuat sepatu putih semakin cepat kusam dan rusak. Maka dari itu, kalian para penggemar sepatu putih harus tahu dan paham cara-cara untuk menjaga agar warna putih di sepatu kalian tetap terjaga kondisinya. Her World sudah menyiapkan panduan untuk menjaga agar sepatu putih kalian tidak menguning. Penasaran apa saja?


(Baca Juga: Rekomendasi 6 Sepatu Putih Wanita Kekinian)


1. Jangan mencuci dengan mesin!


(Mencuci dengan mesin cuci dapat merusak sepatu. Foto: Dok. alexextrememall/freepik)

Sudah menjadi ilmu dasar dalam mencuci sepatu bahwa mencuci dengan mesin sangat perlu dihindari. Hal ini berlaku untuk semua jenis sepatu, apalagi sepatu putih. Pasalnya, percepatan sentrifugal yang dihasilkan oleh rotasi pada mesin cuci akan menghasilkan sejumlah tekanan dan g-force yang jika diterima terus-menerus oleh benda solid seperti sepatu, akan membuatnya cepat rusak.

Jadi cucilah sepatu dengan cara manual. Walaupun memakan waktu, tapi hasilnya akan bisa lebih bersih secara menyeluruh dan utamanya, menjaga sepatu agar tidak rusak.


2. Gunakan sikat gigi

(Gunakan sikat gigi untuk sepatu putih. Foto: Dok. freepik/freepik)


Sikat gigi memiliki sikat yang relatif lembut dan lentur. Sehingga, dapat lebih mudah menjangkau jika ada noda kecil yang masuk ke celah-celah atau lipatan di sepatu. Karena, pada sepatu putih noda sekecil apapun akan jadi lebih mudah terlihat. Ditambah juga, karena teksturnya yang lembut sehingga membuat sikat gigi tidak merusak tekstur bahan pada sepatu.


3. Pilih bahan mencuci yang tepat


(Bahan mencuci untuk sepatu putih sangat penting. Foto: Dok. freepik/freepik)

Pemilihan bahan untuk mencuci sepatu putih tentu menjadi faktor paling krusial dalam menghindarkan sepatu putih kalian dari “penguningan dini”. Pada dasarnya, bahan terbaik untuk mencuci sepatu putih adalah menggunakan produk-produk yang memang didesain untuk memutihkan suatu barang. Contohnya:

a. Pasta gigi

b. Sabun cuci piring

c. Pemutih pakaian

Jika perlu, kalian bisa menambahkan zat-zat yang terkenal efektif dalam mengangkat noda membandel seperti; soda kue, dan cuka.


4. Rendam tali sepatu dengan air hangat


(Gunakan air hangat untuk membersihkan tali sepatu. Foto: Dok. fabrikasimf/freepik)

Merendam tali sepatu dengan air hangat dapat melemaskan serat-serat pada tali sepatu sehingga akan lebih mudah untuk melepaskan kotoran yang menempel. Caranya, siapkan air hangat yang sudah dicampur dengan bahan cuci pilihan kalian, kemudian rendam tali sepatu selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, angkat dan gosok tali sepatu hingga bersih.


5. Gunakan semir sepatu netral


(Semir netral bisa untuk menjaga kualitas warna sepatu. Foto: Dok. drobotdean/freepik)


Semir sepatu memang identik untuk digunakan pada sepatu warna gelap. Tapi sebenarnya ada juga semir sepatu warna netral yang bekerja dengan cara memberikan coating temporer pada sepatu agar warnanya terlindungi, sehingga tidak mudah pudar dan kotor, termasuk warna putih. Menggunakan semir akan membantu agar warna sepatu putih kalian tidak cepat menguning saat sering dipakai. Tetapi, dengan catatan bahwa semir hanya diperuntukkan pada sepatu berbahan kulit, asli maupun sintetis.


(Baca Juga: 15 Cara Merawat Pakaian Putih)


6. Pakai penghapus


(Penghapus adalah alat yang efektif untuk menjaga kebersihan sepatu putih. Foto: Dok. pixabay/pexels)


Salah satu cara paling efektif dalam menjaga kebersihan sepatu putih adalah dengan membersihkannya sesering dan sesegera mungkin. Salah satu cara mudah untuk melakukannya dengan menggunakan penghapus pensil. Mungkin, belum banyak diketahui bahwa penghapus pensil memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dalam menghilangkan noda baru yang belum membandel. Terutama, untuk sepatu berbahan kanvas atau katun. Ditambah, metode ini adalah metode membersihkan sepatu putih paling aman dan rendah resiko.


Itulah beberapa cara yang telah Her World rangkum untuk para penggemar sepatu putih agar sepatu kalian tidak cepat menguning dan kusam. Dicoba sendiri ya! Semoga bermanfaat.


(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Fashion