Life & health

6 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatanmu

By : Vanessa Masli - 2023-05-17 17:00:02 6 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatanmu

Ada suasana yang menyenangkan sekaligus menenangkan saat kamu melepas penat dengan berendam air hangat. Entah saat berlibur atau di rumah dengan bathtub, tak sedikit orang yang bisa menghabiskan waktu lama untuk berendam air hangat sebagai cara melepas penat. Selain bisa bikin tubuh jadi lebih rileks sebelum beristirahat, ada banyak manfaat tersimpan dari berendam air hangat.


Buat kamu yang penasaran, Her World sudah merangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat berendam air hangat. Apa saja? Simak rangkumannya sampai akhir!


1. Merelaksasi otot


Mungkin kamu sering berolahraga tanpa stretching atau memang sepanjang hari dihabiskan di depan komputer tanpa ada pergerakan, otot-otot tubuh berpotensi untuk kaku dan bisa menimbulkan rasa nyeri. Untuk bisa melepaskan rasa sakit di lapisan otot sekaligus merelaksasi bagian tersebut, berendam air hangat bisa jadi solusi sederhana.


Merendamkan diri ke air hangat bisa mengurangi tekanan yang ada di area otot maupun tulang sehingga berbagai nyeri otot bisa berkurang. Plus, air hangat bisa melemaskan otot setelah olahraga, jadi tubuhmu tak berpotensi merasa nyeri yang berlebihan. Jadi, setelah berolahraga, coba berendam air hangat dan rasakan perubahan pada tubuh.



(Relaksasi otot sekaligus menenangkan pikiran saat berendam air hangat. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)


2. Mengurangi racun tubuh


Saat kamu berendam, suhu tubuh meningkat dan mendorong pembuluh-pembuluh darah membesar sehingga sirkulasi darah pun berjalan dengan baik. Dengan sirkulasi darah yang baik, tubuhmu bisa memberikan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh setiap bagian tubuh sehingga mengurangi produksi racun di area-area sirkulasi rendah.


Kebiasaan ini juga membantu proses metabolisme tubuh jadi lebih cepat sehingga mempercepat pula penyerapan nutrisi oleh tubuh. Ketika tubuh kembali menyesuaikan dengan suhu biasa, pori-pori tubuh kemudian mengeluarkan racun dalam bentuk keringat.


3. Tidur jadi lebih nyenyak


Tak ada yang lebih nyaman untuk dilakukan sebelum tidur selain berendam air hangat. Bukan karena kenyamanan yang diberikan pada kulit – seperti dibalut selimut hangat – tapi juga karena kualitas tidurmu bisa meningkat. Kebiasaan tidur yang berkualitas menjadi hal esensial dalam kehidupan sehari-hari.


Apalagi kekurangan tidur bisa menyebabkan berbagai hal seperti menurunnya konsentrasi, semangat beraktivitas, mudah melupakan sesuatu, hingga bisa menimbulkan gejala depresi. Jadi, berendam air hangat bisa membantu kualitas tidurmu lebih nyenyak.


(Baca Juga: Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental)


4. Menjaga kesehatan jantung


Relaksasi dengan berendam air hangat di bathtub tak hanya baik untuk kondisi pikiran, tapi juga kesehatan jantungmu. Saat merendamkan diri dalam air hangat, kamu meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Fungsi jantung dapat bekerja secara maksimal saat kebiasaan berendam air hangat dilakukan rutin.


Kamu hanya butuh 10 menit berendam di air hangat untuk menurunkan tekanan darah yang akhirnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung, apalagi buat kamu yang jarang berolahraga.


5. Membantu bakar kalori


Walaupun kamu tetap harus rutin berolahraga setiap hari untuk jaga kesehatan tubuh, tapi membakar kalori bisa dilakukan dengan berendam. Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 membuktikan bahwa berendam air hangat selama satu jam bisa membakar jumlah kalori yang sama dengan jalan kaki 30 menit. Mungkin buat kamu yang sulit temukan waktu untuk berolahraga setiap hari, berendam air hangat bisa jadi opsi.



(Bisa membakar kalori dengan hanya berendam. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels)


6. Mengurangi stres


Di dunia dewasa ini, banyak hal yang bisa jadi pemicu stres sehingga kamu pulang ke rumah dalam keadaan resah. Entah kepala yang mendadak pusing atau tubuh seolah-olah dibuat tegang sepanjang hari, stres berkepanjang memiliki potensi untuk mengganggu kondisi kesehatan fisikmu.


Berendam air hangat setiap malam bisa membantu tubuhmu untuk beristirahat dan pikiran juga lepas sejenak dari penyebab-penyebab stres. Setidaknya 10 menit, kamu membiarkan diri untuk sejenak istirahat dan melepas stres saat malam menjelang.


(Baca Juga: Ingin Tambah Tinggi? Coba Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini!)


Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau membiasakan diri rutin berendam air hangat. Kamu juga bisa tambahkan bath bomb atau bath salt untuk bikin tubuh semakin rileks.


Life & health