Life & health

Ingin Tambah Tinggi? Coba Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-04-28 12:00:01 Ingin Tambah Tinggi? Coba Lakukan 5 Jenis Olahraga Ini!

Memiliki tubuh yang tinggi menjadi idaman banyak orang. Walaupun sekitar 80% tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh DNA yang diwarisi orang tua, peneliti menyebutkan bahwa terdapat beberapa faktor luar yang memengaruhi tinggi badan manusia, salah satunya yaitu berolahraga.


Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk merangsang tubuh agar bertambah tinggi. Mulai dari olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan sendiri sampai olahraga beregu dan membutuhkan alat. Menurut beberapa sumber, berikut lima jenis olahraga yang bisa menambah tinggi badan. Jika kamu ingin tambah tinggi, yuk dicoba!


1. Basket


(Gerakan lari dan melompat saat bermain basket dapat merangsang sel-sel pertumbuhan tulang. Foto: Dok. Wallace Chuck/Pexels)


Olahraga bola basket merupakan olahraga yang merangsang postur tubuh tinggi karena mendorong Anda untuk berlari dan melompat. Ketika tubuhmu berlari dan melompat secara terus menerus, lempeng epifisis dalam tubuh akan terstimulasi. Lempeng epifisis ini sering juga disebut dengan lempeng pertumbuhan yang terdiri atas sel-sel pertumbuhan tulang.


Dengan melakukan gerakan lari dan melompat ketika bermain basket, hal tersebut akan melancarkan darah ke dalam lempeng epifisis yang membantu merangsang pertumbuhan tulang hingga mencapai maksimal. Fakta menariknya, jika kamu sudah bermain basket sejak dini, olahraga ini dapat menambah tinggi kamu hingga 20 sentimeter, lho.


(Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Untuk Perut Kecil)


2. Berenang


(Tubuh bagian atas meregang dan berkontrasi ketika berenang. Foto: Dok. Jim De Ramos/Pexels)


Olahraga yang satu ini pastinya sudah tidak asing disebut sebagai olahraga yang direkomendasikan jika kamu ingin menambah tinggi badan. Hasilnya pun bisa dilihat langsung melalui tubuh-tubuh para perenang yang tinggi, terutama tubuh bagian atas lebih panjang dibandingkan dengan bagian bawah.


Hal ini disebabkan, ketika kamu berenang, tubuhmu bergerak secara horizontal, yang berarti bergerak melawan arah kerja gravitasi. Dada dan tubuh bagian atas kamu secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi. Hal ini yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan pada tubuh bagian atas. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk memperkuat tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh.


3. Lompat tali


(Lompat tali efektif meningkatkan mineral pada tubuh yang mendukung pertumbuhan tulang. Foto: Dok. Tima Miroshnichenko/Pexels)


Olahraga yang satu ini adalah salah satu olahraga peninggi badan yang praktis untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selaras dengan namanya, gerakan yang dilakukan pada olahraga ini tentunya melompat. Kamu perlu untuk melompat dengan stabil. Gerakan melompat ke atas akan membantu tubuh kamu untuk meregang dan berkontrasksi sehingga merangkang lempeng epifisis.


Selain itu juga, terdapat banyak saraf pada telapak kaki kamu yang terhubung dengan bagian atas tubuhmu. Ketika kamu melakukan gerak lompat tali, selain melompat, kamu juga mengoordinasikan lompatan dengan putaran tali menggunakan tangan. Ketika kamu memutar tali, otot akan meregang dan berkontraksi sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan ke seluruh daerah tubuh, termasuk tubuh bagian bawah.


Fakta menarik, penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine menunjukkan bahwa melompat tali berdampak efektif terhadap peningkatan kepadatan mineral di tulang. Kepadatan mineral pada tulang dapat memengaruhi pertumbuhan tulang dan tinggi badan.


(Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak)


4. Bersepeda


(Gerakan mengayuh sepeda meningkatkan aliran darah yang merangsang pertumbuhan. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


Olahraga yang satu ini mungkin asing disebut sebagai olahraga untuk menambah tinggi badan karena tidak adanya gerakan melompat yang dilakukan dan sekilas tidak ada gerakan meregang yang terlihat jelas. Ternyata, bersepeda tidak hanya meningkatkan stamina tubuh, tetapi juga berpotensi menambah tinggi badanmu.


Ketika kamu bersepeda, tubuh bagian bawahmu melakukan tugas yang cukup berat melalui gerakan mengayuh. Gerakan mengayuh meningkatkan alirah darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan. Tidak disangka, bukan? Olahraga menyenangkan yang satu ini ternyata efektif bisa membuatmu bertambah tinggi.


5. Yoga


(Yoga memiliki banyak gerakan peregangan yang memperkuat tulang dan sendi. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


Olahraga yang satu ini memang sudah dikenal dengan banyak manfaatnya terhadap tubuh. Ternyata, salah satunya adalah menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan yoga melakukan banyak gerakan peregangan yang memperkuat tulang dan sendi sehingga tubuh menjadi lebih lentur juga. Beberapa gerakan yoga yang dapat membantu dalam membenarkan postur tubuh dan diyakini berpotensi dalam menambah tinggi badan adalah mountain pose, triangle pose, tree pose, Chakrasana, Adho Mukha Svanasana, dan masih banyak lainnya.



(Teknik pernapasan yoga melancarkan aliran hormon pertumbuhan pada tubuh. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Teknik pernapasan yoga ternyata juga berpengaruh dalam pertumbuhan tubuh, lho. Teknik pernapasan ini biasa menjadi cara yang baik untuk melepas stres dan ketegangan pada otot serta sendi. Ternyata, ketika otot dan sendi kamu lentur serta rileks, hormon pertumbuhan pun mengalir lebih maksimal melalui tubuh.


Itu dia lima jenis olahraga yang bisa kamu coba jika ingin menambah tinggi badan. Olahraga yang kamu pilih bisa disesuaikan dengan kegemaran dan kenyamananmu. Hal yang terpenting adalah dilakukan secara rutin dan konsisten untuk hasil yang maksimal. Selamat berolahraga!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health