Life & health

Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

By : Vanessa Masli - 2023-05-15 19:00:02 Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Akhir-akhir ini, pottery menjadi salah satu hobi yang mulai dicoba sebagian orang saat weekend menjelang. Kerajinan tanah liat – seperti mangkuk, gelas, hingga panci – rupanya salah satu prakarya manusia tertua. Pottery muncul karena ketidaksengajaan saat masyarakat zaman dulu mengirim air dengan keranjang anyaman dan akhirnya menemukan bahwa tanah liat dapat menjadi wadah yang lebih kuat.


Kesenian ini lalu berkembang dengan adanya pottery wheel yang digunakan dalam berbagai kelas pottery. Mulai dari kreasi dengan warna tanah liat hingga campuran kaolin dan felspar (atau dikenal dengan porselen), banyak kerajinan tangan yang kemudian berhasil membuat sebagian orang penasaran dengan prosesnya. Akhirnya, pottery pun semakin banyak diminati untuk melepaskan penat.


Rupanya, proses membuat kerajinan dari tanah liat ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya mental tiap-tiap pribadi. Mungkin pottery wheel yang berputar bikin rileks, mungkin ketenangan yang hadir saat perhatian terpusat pada kreasi masing-masing, Her World sudah merangkum beberapa manfaatnya bagi kesehatan mental. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir ya!


1. Melepaskan stres


Kilas balik ke masa kecil, apakah kamu salah satu anak yang kerap bermain dengan lumpur? Lalu, semakin dilarang orang tua justru semakin penasaran? Kalau iya, itu tandanya kamu sedang bereksplorasi dengan sentuhan sebagai salah satu indra yang pertama kali berkembang.


Kini, di masa dewasa, kamu kembali menjelajahi indra peraba dengan melakukan kelas pottery. Saat sibuk bermain dan berkreasi dengan tanah liat, kamu tenggelam dalam kondisi meditatif sehingga tanpa sadar mengurangi tekanan darah dan mengatur napas yang kerap berantakan karena stres, Situasi ini pun menurunkan hormon kortisol yang jadi penyebab stres sehingga otomatis kamu lebih rileks.


(Bisa mengurangi stres dan bikin pikiran lebih rileks. Foto: Dok. Mikhail Nilov/Pexels)


2. Meningkatkan konsentrasi


Kamu bisa sejenak melepaskan kepenatan hidup saat memusatkan perhatian pada kreasi tangan yang dikerjakan. Untuk memastikan hasil pottery-mu sesuai harapan, kamu pun akan berusaha fokus dalam berkreasi menggunakan tanah liat, sudah pasti konsentrasi akan meningkat dan distraksi kamu jauhkan.


Ketika kamu bisa lebih konsentrasi untuk menyelesaikan pottery tersebut, tanpa sadar pikiran tak menghiraukan hal-hal di luar yang kamu kerjakan saat itu. Dengan fokus yang meningkat, kamu membuat pikiran lebih rileks dan nantinya mendorong diri untuk bisa fokus dalam berbagai aspek hidup lainnya.


(Baca Juga: Kenali Panic Attack, Ini 5 Penyebabnya!)


3. Mengasah kreativitas


Pada dasarnya manusia dilahirkan untuk hidup secara aktif dan kreatif. Perkembangan zaman yang membuat sebagian besar orang mengandalkan teknologi untuk melakukan berbagai hal dan cenderung lebih pasif. Seni membuat kerajinan dengan tanah liat menjadi salah satu medium untuk kembali mengaktifkan tubuh serta pikiran, sekaligus mengasah kreativitas.


Saat kamu sibuk menggunakan tanganmu untuk berkreasi membuat pottery, ada kesempatan untuk tubuh dan pikiran untuk lepas dari hal-hal yang cenderung rasional dan berimajinasi dalam membentuk kerajinan tangan. Dengan membuat pottery, kamu juga mengasah kreativitas lebih fleksibel lagi sehingga membantu kondisi mentalmu tetap terjaga.


4. Meditasi untuk stabilkan emosi


Saat membuat kerajinan tanah liat, tanpa sadar, pikiran dan tubuhmu sedang melalui proses meditasi. Sebab, selama prosesnya, kamu benar-benar fokus pada momen saat itu dan kreasi yang dibuat. Proses meditatif ini menbantu kamu untuk lepaskan sebuah kekhawatiran, kepenatan, hingga kekesalan.


Saat semua pikiran negatif tersebut berkurang, kamu justru bisa mengolah emosi dan menjaganya tetap stabil. Kamu bisa mengenali apa yang dirasakan tanpa berusaha memendamnya.



(Meditasi untuk menyeimbangkan emosi. Foto: Dok. Anastasia Shuraeva/Pexels)


5. Mendorong sosialisasi


Dengan menempatkanmu dalam situasi yang nyaman untuk bersosialisasi. Saat mengikuti kelas pottery, kamu justru memiliki kesempatan yang lebih luas untuk bersosialisasi dengan peserta lain. Suasana kasual yang diselimuti dengan ketenangan membantu kamu untuk lebih nyaman bersosialisasi.


Jadi, buat kamu yang mudah panik saat ingin berkenalan dengan orang baru tapi ingin memperluas pertemanan, kelas pottery bisa jadi permulaan yang baik. Suasananya tak bikin panik, tapi bisa ada topik yang membuka pembicaraan.


(Baca Juga: Ini 11 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatan)


Itu dia beberapa manfaat pottery yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan mentalmu. Kira-kira tertarik untuk mengambil kelas pottery akhir pekan ini?


Life & health