Food & travel

Tips Memasak di Alam Bebas dan Peralatan yang Dibutuhkan

By : Her World Indonesia - 2023-03-30 17:00:02 Tips Memasak di Alam Bebas dan Peralatan yang Dibutuhkan

Saat mengeksplor alam bebas seperti mendaki gunung atau sekadar camping, memasak makanan untuk dikonsumsi jadi bisa pengalaman yang tak terlupakan. Pasalnya, pengalaman memasak di alam bebas tentunya akan menjadi hal baru dan unik yang sangat menyenangkan. 

Buat kamu yang ingin mencobanya, ada beberapa peralatan memasak yang perlu dipersiapkan dan tips yang perlu diperhatikan, antara lain:


1. Kompor gas portabel


(Kompor gas portabel. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)


Kompor adalah alat utama untuk memasak yang perlu kamu siapkan ketika berencana untuk memasak di alam bebas. Supaya lebih praktis dan tidak merepotkan, gunakan jenis kompor gas portabel yang berukuran lebih kecil dan mudah dibawa-bawa. Jangan lupa untuk membawa gas kaleng portablenya juga ya. 


2. Pisau lipat serbaguna


Ketika memasak, tentunya kamu akan membutuhkan pisau untuk memotong-motong bahan masakan. Untuk itu, kamu bisa menggunakan pisau lipat kecil yang lebih mudah dibawa-bawa. Selain untuk memotong bahan masakan, pisau lipat kecil juga akan berguna untuk keperluan lainnya, seperti memotong tali, membuat jalur, dan lain sebagainya.


3. Nesting atau cooking set


(Cooking set. Foto: Dok. Johnstocker/Freepik)


Bagi para pendaki mungkin sudah tidak asing dengan peralatan memasak di alam bebas satu ini. Nesting biasanya dipakai untuk memasak sayur atau lauk saat mendaki gunung. Kini, banyak juga yang memilih cooking set aluminium yang dirasa lebih ringan. Cooking set biasanya cukup lengkap seperti teflon, panci, mangkuk, spatula, dan lainya. Set peralatan memasak ini akan memudahkan kamu saat memasak di alam bebas. 


4. Sendok dan garpu


Satu lagi peralatan memasak di alam bebas yang tidak boleh ketinggalan, yaitu sendok dan garpu untuk menyantap makanan. Agar tidak memakan banyak tempat di tas, kamu tidak perlu membawa sepasang sendok dan garpu dalam jumlah yang banyak, cukup bawa sesuai kebutuhan saja. 


(Baca Juga: Tanpa Batas Dengan Alam Di Buahan, A Banyan Tree Escape)


Tips Memasak Di Alam Bebas


Memasak menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan orang-orang saat camping atau mendaki gunung. Namun, memasak di alam terbuka tentunya berbeda dengan memasak di dapur dalam ruangan. Oleh sebab itu, ada beberapa tips memasak di alam bebas yang perlu kamu ketahui agar aktivitas memasak lebih aman dan nyaman. 


1. Siapkan peralatan memasak


Gunakan carrier untuk menyimpan alat-alat masak dan makan yang akan digunakan untuk memasak di alam bebas saat camping atau mendaki gunung. Pilih peralatan memasak yang praktis, ringan, dan tidak perlu terlalu banyak, untuk kamu bawa. 


2. Pilih menu makanan yang praktis


Setelah menyiapkan alat-alat masak dan makan, sekarang saatnya kamu menentukan menu makanan untuk dimasak saat di alam bebas. Sebaiknya, pilih menu makanan yang praktis dan tidak memerlukan banyak bahan masakan, namun tetap bisa membuat perut kenyang dan bisa mencukupi kebutuhan kalori dan energi tubuh. Misalnya, ikan bakar, daging panggang, sosis, dan telur. 


Jangan lupa untuk membawa bumbu-bumbu dapur yang memang akan dibutuhkan selama memasak di alam bebas. Tidak perlu membawa bumbu dapur dalam ukuran besar, cukup ambil bumbu dapur secukupnya dan pindahkan ke wadah anti tumpah atau ziplock yang lebih kecil. 


3. Pilih area memasak yang aman dari hujan


Kegiatan memasak di alam terbuka memang memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya cuaca yang tidak menentu seperti angin kencang, debu, hingga hujan, yang bisa membuat kegiatan masak-masak menjadi terganggu. Untuk alasan itu, sebelum pergi camping, pastikan tempat yang akan kamu kunjungi adalah lokasi yang ideal untuk memasak. Misalnya, memilih area camping yang dekat dengan bangunan beratap, sehingga aman dari hujan dan angin kencang. Selain itu, perhatikan juga kontur permukaan tanah tempat kamu memasak di alam bebas. Pilih area yang datar sehingga aktivitas memasak menjadi lebih aman dan nyaman. 


4. Jangan terlalu dekat dengan semak belukar


Ketika tempat kamu mendirikan tenda benar-benar alam liar, pastikan kamu memilih tempat yang aman untuk memasak dengan tidak terlalu dekat dengan semak-semak. Kamu perlu berhati-hati dengan gangguan hewan liar yang mungkin bersembunyi di baliknya. Selain itu, beri jarak yang aman untuk mencegah kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika kegiatan masak di alam bebas dilakukan saat musim kering dan berangin, daun-daun dan ranting-ranting yang mungkin bisa dengan mudah dan tanpa sengaja tersambar api.


5. Jaga kebersihan


Memasak di alam terbuka memang menyenangkan, tetapi kamu harus ingat untuk selalu menjaga kebersihan area sekitar. Jangan sampai kamu sampai meninggalkan sampah-sampah sisa memasak yang bisa merusak lingkungan. 

Setelah kamu selesai memasak, pastikan untuk selalu merapikan dan membersihkan area tersebut sebelum ditinggalkan. Kamu bisa bawa pulang bungkus plastik atau sampah lainnya dari tempat camping untuk dibuang di tempat sampah.


(Baca Juga: Ingin Berlibur ke Labuan Bajo? Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini)


Itulah beberapa hal penting seputar memasak di alam bebas yang perlu kamu ketahui. 



Food & travel