Life & health

Ingin Dinner Sambil Diet? Ini 10 Menu Yang Dapat Kamu Santap

By : Her World Indonesia - 2023-03-09 16:00:01 Ingin Dinner Sambil Diet? Ini 10 Menu Yang Dapat Kamu Santap

Kamu sedang diet? Memiliki badan yang ideal memang impian oleh para wanita. Asupan memang tetap harus dilakukan ketika diet sedang berlangsung. Kamu mungkin berpikir bahwa menyiapkan makan malam yang sehat dan lezat, memiliki proses yang cukup rumit sehingga kamu tidak memiliki gairah untuk memasaknya.

Untuk itu, kamu bisa membuat makan malam dietmu dengan cara yang simpel. Pastinya, kamu akan terus ingin membuatnya. Untuk berbagai bahan yang dibutuhkan tidak seperti yang kamu bayangkan. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket terdekat, Lho! Mudah bukan? Oleh karena itu, dilansir dari beberapa sumber mari disimak berbagai ulasan dari menu diet untuk makan malam kamu.


1. Stuffed Sweet Potatoes


(Stuffed sweet potatoes atau ubi jalar sangat bermanfaat karena memiliki beberapa nutrisi yang baik. Foto: Dok. Daisy Anderson/ Pexels.com)


Stuffed sweet potatoes atau biasanya dapat disebut ubi jalar ini memiliki nutrisi yang bermanfaat seperti beta karoten, vitamin C, potasium, dan serat. Makanan ini juga cocok dengan apa saja. Kamu bisa memanggang ubi tersebut dengan diisi oleh beberapa bahan seperti sayuran tumis, kacang-kacangan, ayam, dan keju.


2. Salmon Grain Bowls with Lemon Tahini Sauce


(Pada menu diet makan malam, Salmon Grain Bowls with Lemon Tahini Sauce, memiliki biji-bijian yang bisa menurunkan risiko penyakit. Foto: Dok.  Krisztina Papp/ Pexels.com)


Untuk diet bebas gluten, kamu bisa menggunakan grain atau biji-bijian seperti quinoa, dan beras merah. Lalu, diet kaya biji-bijian bisa menurunkan risiko penyakit yakni kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Untuk filet ikan salmon, bisa kamu bumbui dengan rempah-rempah, jus lemon, dan memanggangnya. Maka dari itu, kamu bisa sering menyiapkannya untuk makan malam.


3. Telur Frittata

Telur memiliki sumber protein yang cocok untuk makan malam. Kamu bisa memasaknya ala Italia yaitu frittata. Terdengar sulit, tetapi telur frittata hanya dengan menambahkan asparagus, bayam, ubi jalar, zucchini, bawang bombay, brokoli, jamur, dan tomat. Kamu juga menambahkan berbagai bahan rempah seperti keju atau pesto untuk memberikan rasa frittata yang kuat.


4. Salmon Salad

Biasa disantap saat sarapan, salad juga dapat dijadikan hidangan makan malam. Untuk membuat salad yang lezat, pastikan untuk memasukkan sayuran tinggi protein, lemak sehat, dan serat. Sayuran dengan tinggi protein bisa kamu dapatkan dengan mudah seperti bayam, brokoli, selada air, asparagus, pak coy, dan edamame. Lalu, untuk ikan salmon sendiri bisa kamu bumbui dengan olive oil.


5. Roasted Chicken


(Roasted chicken atau ayam panggang sangat cocok untuk disantap pada makan malam saat sedang melakukan proses diet. Foto: Dok.  Karolina Grabowska/ Pexels.com)


Roasted chicken atau ayam panggang bisa kamu santap untuk makan malam saat diet. Menu ini merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk dinner. Kamu bisa mengisi bagian bawah wajan pemanggang dengan irisan kentang, bawang, dan potongan wortel sehingga sayuran matang bersama ayam.


6. Pasta Salmon dan Bayam

Pasta salmon dan bayam merupakan salah satu menu yang memiliki keseimbangan yang sarat dengan asam lemak omega-3. Lemak ini sangat bermanfaat untuk memerangi kondisi peradangan dan penyakit jantung. Untuk beberapa bahan dari menu ini, kamu hanya memerlukan ikan salmon tanpa tulang dan tanpa kulit, pasta penne, bayam, keju parmesan, bawang putih, dan peterseli.


7. Daging Panggang

Daging sapi atau ayam bisa kamu masukkan ke dalam menu makan malammu untuk diet. Daging justru dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan yang dikarenakan tinggi protein. Kamu bisa mengonsumsi satu potong daging sebesar 85 gram untuk makan malam.


(Baca Juga: Diet? Ini List Menu untuk Turunkan Badan Selama Seminggu)


8. Sup Bening

Sup merupakan makanan yang memiliki kalori yang rendah. Namun, makanan ini memiliki kandungan air dan zat gizi yang tinggi. Sup bening dapat dijadikan kombinasi yang tepat untuk makan malam pada proses diet kamu. Kamu bisa merasakan kenyang yang berlebih tanpa harus mendapatkan kalori yang cukup banyak.


9. Buah Alpukat


(Buah alpukat membuat diet dan makan malam semakin sehat karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh. Foto: Dok. Wendy Wei/ Pexels.com)


Buah alpukat juga dapat dijadikan menu makan malam untuk semakin sehat. Hal ini dikarenakan bahwa alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh sehingga dapat membantumu untuk menurunkan berat badan dan kolesterol jahat. Buah ini juga bisa kamu santap dengan roti panggang dan taburan cabai kering agar lebih menambah selera.


(Baca Juga: Sirtfood Diet, Turunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat)


10. Grilled Tuna Steaks


Selain ikan salmon, tuna juga merupakan ikan yang mengandung banyak protein dan asam lemak omega-3 sehingga cocok untuk diet. Kamu bisa memanggang ikan tuna filet dengan olive oil, dan lada hitam. Menu ini sangat diminati untuk disantap pada makan malam.


Inilah 10 menu pilihan untuk diet pada saat makan malam. Mana yang paling kamu suka?


(Penulis: Sania Zelikha)



Life & health