Food & travel

Diet? Ini List Menu untuk Turunkan Badan Selama Seminggu

By : Her World Indonesia - 2023-03-06 18:00:01 Diet? Ini List Menu untuk Turunkan Badan Selama Seminggu

Kamu ingin menurunkan berat badan? Perlu kamu ketahui bahwa diet adalah alat yang paling ampuh untuk menurunkan berat pada tubuhmu. Dilansir dari Healthline, jika kamu dapat melakukannya dengan benar, defisit kalori berhasil diciptakan dan diperlukan untuk menurunkan berat badan sembari menyediakan makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat. Nah, mulai sekarang, kamu perlu merencanakan menu diet untuk asupanmu agar lebih sesuai.


Menu diet bisa kamu buat terlebih dahulu melalui aplikasi yang bisa membantu meal planning kamu untuk selama seminggu. Biasanya, berbagai aplikasi tersebut juga bisa mendeteksi kekurangan pada tubuhmu seperti alergi. Lalu, aplikasi juga bisa menyimpan data makanan favoritmu hingga grocery lists. Mudah kan? Oleh karena itu, kamu bisa mengisi beberapa data mengenai makananmu selama diet melalui 7-day menu yang cocok untukmu. Yuk, simak ulasannya.


1.Hari Senin


(Untuk menu diet selama seminggu, kamu bisa memulainya dengan overnight oats made with rolled oats. Foto: Dok. Karine Monteiro/ Pexels.com)


Kamu bisa memulainya dengan sarapan seperti overnight oats made with rolled oats, chia seeds, dan susu. Kamu juga bisa menambahkan topping seperti buah beri yang segar dan pumpkin seeds. Untuk lunch, kamu bisa membuat premade egg-and-veggie muffins dengan a fresh basil-and-tomato salad dan beberapa alpukat.


Untuk tambahan pada snack, kamu bisa membuat mango-spinach smoothie. Nah, untuk dinner buatlah homemade cauliflower-crust pizza dengan topping pesto, jamur, lada, bayam, dan marinated chicken atau tempe. Menggiurkan bukan?


2. Hari Selasa


(Menu diet untuk satu minggu di hari kedua, bisa kamu mulai dengan sarapan seperi breakfast smoothie made with kale. Foto: Dok. Nicola Barts/ Pexels.com)


Untuk hari kedua, kamu bisa menyantap untuk sarapan seperti breakfast smoothie made with kale, berbagai macam ceri beku, pisang, protein powder, flax seeds, dan susu agar tidak bosan. Lalu, untuk lunch, kamu bisa membuat mixed green salad dengan timun, bell pepper, tomat, jagung, sweet potato, olives, dan grilled salmon atau roasted chickpeas.


Untuk camilan, kamu bisa menyantap potongan apel dengan peanut butter. Untuk dinner, kamu bisa membuat red lentil dahl served on a bed of baby spinach and brown rice!


3. Hari Rabu


Setelah kamu mencapai hari ketiga, kamu bisa mulai dengan sarapan seperti spanish omelet yang dibuat dengan telur, kentang, bawang bombai, lada, hingga served with a side of salsa. Jangan lupa untuk lunch, kamu bisa memasak kembali yaitu leftover red lentil dahl dan fresh spinach over brown rice.


Santaplah snack kamu dengan homemade trail mix dengan unsalted, unroasted nuts dan unsweetened dried fruit. Untuk makan malam, kamu bisa membuat ayam atau tahu yang berbentuk meatballs in a marinara sauce dengan spaghetti squash yang dicampur dengan baby greens yang diberikan topping keju parmesan atau nutritional yeast.


4. Hari Kamis


Sedikit lagi kamu akan mencapai seminggu. Untuk di hari Kamis, kamu bisa membuat sarapan dengan yogurt bersama potongan buah segar dan serta kacang-kacangan. Makan siang bisa kamu buat dengan menu kale salad bersama topping a poached egg atau marinated seitan, buah cranberi kering, tomat ceri, whole-grain pita chips, dan avocado-mango dressing.


Untuk lebih nikmat, kamu bisa menyantap snack dengan potongan wortel, tomat ceri, dan lobak yang dicelupkan bersama hummus. Untuk makan malam yang lezat, kamu bisa membuat daging atau black-bean burger topped dengan selada, tomat, roasted peppers, caramelized onions, dan pickles yang dibungkus dengan whole-wheat bun. Unik sekali!


5. Hari Jumat

Di hari Jumat, kamu bisa mulai dengan sarapan melalui menu breakfast salad yang dibuat bersama spinach, homemade granola, walnuts, blueberries, coconut flakes, dan raspberry vinaigrette hingga satu sampai dua telur rebus untuk penambahan protein. For lunch, kamu bisa menyantap veggie spring rolls buatan sendiri yang dicelupkan bersama peanut butter sauce.


Untuk membuat snack dengan cara yang lebih mudah, kamu bisa membuat whole-wheat crackers dengan keju atau spicy mashed black bean spread. Untuk makan malam, kamu tidak perlu repot karena hanya menyantap chilli served on a bed of greens dan wild rice.


(Baca Juga: 10 Macam Menu Diet Rendah Kalori yang Mudah untuk Dibuat!)


6. Hari Sabtu


(Untuk menu diet pada hari Sabtu, kamu bisa membuat menu untuk sarapan seperti pumpkin pancakes. Foto: Dok. RODNAE Productions/ Pexels.com)


Mencapai hari libur, kamu akan lebih mudah untuk bangun di pagi hari dengan membuat sarapan seperti pumpkin pancakes yang diberikan topping dengan Greek atau plant-based yogurt, potongan kacang, dan buah stroberi yang segar. Lunch-nya, kamu bisa santap kembali menu di hari Jumat untuk makan malam.


Di hari Sabtu, kamu bisa membuat snack seperti nut-and-dried-fruit trail mix. Pastinya, untuk weekend, kamu ingin membuat makan malammu menjadi lebih spesial. Kamu bisa membuat dinner seperti shrimp or bean fajitas with grilled onions, bell peppers, dan guacamole, served on a corn tortilla.


7. Hari Minggu


Selamat! Kamu sudah berhasil diet hingga hari Minggu. Menu untuk hari tersebut, kamu bisa membuat breakfast dengan overnight oats topped with chopped pecans, buah mangga, dan coconut flakes. Untuk lunch, menu yang bisa kamu buat untuk diet kamu yaitu ikan tuna atau chickpea salad yang disajikan di atas campuran sayur dengan irisan alpukat, apel, dan kenari.


Untuk snack juga sangat simple yakni hanya yogurt dan buah. Berbeda dengan dinner, bahwa kamu bisa memasak grilled salmon atau tempe, kentang, dan sauteed kale. Delicious!


(Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet)


Inilah berbagai menu diet untuk seminggu agar kamu bisa menurunkan berat badan dan mempunyai tubuh yang ideal. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)



Food & travel