Hair & beauty

Mau Smoothing Rambut? Ini 9 Cara Ampuh Hanya di Rumah Saja

By : Her World Indonesia - 2023-03-07 14:00:02 Mau Smoothing Rambut? Ini 9 Cara Ampuh Hanya di Rumah Saja

Pastinya, semua orang ingin memiliki rambut yang lurus dan berkilau. Biasanya, untuk rambut yang lurus, memerlukan smoothing pada rambutmu agar semakin lurus, sehat, dan tahan lama. Waktu yang diperlukan untuk proses dalam melakukan smoothing juga lama. Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke salon karena hal ini juga bisa dilakukan di rumah, lho!


Di salon membutuhkan treatment smoothing dengan harga yang cukup fantastis. Kamu bisa menghemat uang untuk rambutmu. Beberapa bahan yang diperlukan juga bisa kamu temukan di supermarket sekitarmu seperti krim smoothing, jepit rambut, catokan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kamu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti berbagai cara smoothing yang baik untukmu. Yuk, simak ulasannya.


1. Keramas Terlebih Dahulu


(Bilas rambut terlebih dahulu sebelum melakukan smoothing. Foto: Dok. RODNAE Productions/ Pexels.com)


Untuk memulainya, kamu bisa keramas terlebih dahulu agar rambutmu terlihat bersih. Kamu juga perlu menggunakan air dingin agar pori-pori pada kulit kepada tidak terbuka. Keramaslah dengan secukupnya, tidak perlu lama-lama. Lalu, bilas dengan bersih hingga rambutmu siap untuk keringkan.


2. Keringkan Rambut


(Keringkan rambut untuk melakukan proses smoothing di rumah. Foto: Dok. RODNAE Productions/ Pexels.com)


Setelah kamu keramas, kamu perlu mengeringkan rambutmu dengan menggunakan handuk berbahan microfiber. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hair dryer sehingga proses pengeringan menjadi lebih cepat. Untuk menggunakan hair dryer, kamu hanya perlu memasang tingkat kepanasannya dengan sedang agar rambutmu tidak kering dan rusak.


3. Jepit Rambut Menjadi Beberapa Bagian


Sebelum kamu melakukan proses smoothing, kamu harus membagi rambutmu di beberapa bagian dengan menggunakan jepit rambut agar lebih terlihat rapi. Kamu bisa jepit rambut bagian kiri atau kanan kepalamu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa langsung memulainya,


4. Oleskan Krim Smoothing Pada Rambut


Kamu bisa mulai oleskan krim smoothing di bagian rambut yang tidak dijepit. Pastikan semua bagian sudah terkena krim agar rambutmu tidak terlihat berbeda setelahnya. Kamu perlu mengoleskan krimnya secara perlahan sehingga tanganmu tidak terkena krim secara berlebihan.


5. Tunggu Krim Meresap ke Rambut


(Tunggu krim smoothing meresap pada rambut sehingga hasilnya akan lebih tahan lama. Foto: Dok. Element5 Digital/ Pexels.com)

Setelah dioleskan, diamkan rambutmu selama 30 hingga 40 menit. Mengapa? Jika kamu hanya menunggu dalam hitungan detik atau 5 menit, krim yang telah dioleskan akan tidak meresap secara sempurna. Maka dari itu, kamu perlu menunggunya lebih lama agar mendapatkan hasil yang memuaskan.


6. Bilas Rambut Setelah Menunggu


Jika krim smoothing sudah meresap dengan merata, bilas rambutmu dengan air hangat. Hal ini bisa membuat krim tersebut dapat cepat hilang. Selama membilas, kamu juga bisa memijat kepalamu agar kepalamu merasa lebih ringan dan krim juga akan lebih meresap.


(Baca Juga: Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak)


7. Menggunakan Vitamin Rambut

Saat rambutmu masih basah setelah membilas, gunakan vitamin rambut agar tetap ternutrisi. Lalu, vitamin rambut juga bisa mencegah kerusakan pada rambutmu dan membuat hasil smoothing menjadi lebih awet atau tahan lama.


Rambut yang telah diberikan krim smoothing, tentunya terkena bahan kimia. Vitamin yang bagus memiliki kandungan minyak sehingga dapat menguatkan batang rambut yang rapuh. Kamu bisa mencari vitamin rambut di supermarket terdekat. Mudah bukan?


8. Luruskan Rambut dengan Alat



(Luruskan rambut agar hasil smoothing menjadi lebih lurus. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/ Pexels.com)


Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan pelurusan rambut dengan alat dan panaskan hingga 200 celsius. Kemudian, mulai luruskan rambutmu dengan alat tersebut dari pangkal sampai ujung. Kamu harus melakukan hal tersebut sebanyak satu hingga dua kali. Jika tidak ingin terlalu lurus, kamu bisa memberikan model yang berbeda pada bagian ujung rambut agar tidak terlalu terlihat lurus.


(Baca Juga: 7 Produk Masker Rambut Untuk Rambut Kering Dan Mengembang)


9. Lakukan Perawatan Rambut


Setelah kamu mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu perlu merawat rambutmu secara ekstra. Biasanya, rambut yang telah di-smoothing, bisa memberikan ketahanan yang lama jika kamu merawatnya dengan benar.


Maka dari itu, kamu bisa merawatnya dengan tidak mencuci rambut kurang lebih dua sampai tiga hari. Lalu, rutin melakukan hair masker, tidak mencatok rambut untuk sementara waktu, sering memberikan conditioner saat keramas pertama kali. Selain itu, kamu perlu tidak mengikat rambut terlalu kuat agar tidak membekas. Awalnya, memang sulit, tetapi akan mudah jika kamu sudah terbiasa melakukannya. Semangat!


Inilah sembilan cara smoothing rambut sendiri di rumah. Kamu bisa mencari beberapa bahannya di pasar swalayan. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty