Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak


  • Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak
    Cara Merawat Rambut Berminyak Anti Lepek. (Foto: Dok. Marina Demeshko/iStock)

    Rambut lepek dan gatal mengganggu aktivitas kamu? Sama halnya dengan kulit wajah, rambut berminyak memang mengganggu penampilan. Pada dasarnya kulit kepala membutuhkan kadar minyak alami yang seimbang supaya tetap sehat. Namun, ketika kamu sering keramas, minyak alami pada kulit kepala kamu akan hilang. Sehingga, kulit kepala akan mendapatkan sinyal untuk memproduksi lebih banyak minyak. Itulah yang menyebabkan rambut kamu berminyak dan tampak lepek.




    Selain tampak lepek, rambut berminyak juga bisa menimbulkan rasa gatal dan jamur yang menjadi sumber ketombe. Yuk simak beberapa cara merawat rambut berminyak anti lepek yang harus kamu coba.


    1. Keramas dengan benar

    Cara Merawat Rambut Berminyak

    (Keramas Dengan Benar Untuk Merawat Rambut Berminyak. Foto: Dok. Rattankun Thongbun/iStock)

    Cara merawat rambut berminyak yang seringkali dilupakan adalah dengan berhenti keramas setiap hari. Cara yang satu ini mungkin menjadi tantangan untuk beberapa di antara kamu, khususnya karena cuaca panas dan lembap yang tentunya membuat rambut kamu cepat lepek. Namun, keramas terlalu sering akan menghilangkan minyak alami kulit kepala kamu, yang akan berujung pada produksi minyak berlebih. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu bisa keramas setiap 2 hari sekali.


    (Baca Juga: Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak)


    Keramas dengan benar juga menjadi faktor penentu rambut kamu berminyak atau tidak. Kamu hanya membutuhkan satu pompa sampo setiap kali keramas. Menggunakan terlalu banyak sampo akan mengikis minyak alami rambut dan mengakibatkan rambut kamu memproduksi lebih banyak minyak.


    Jangan lupa untuk tidak mengoleskan sampo pada helai rambut, melainkan pada kulit kepala. Mengaplikasikan sampo pada helai rambut akan membuat rambut kamu cepat rusak.


    Keramas dengan air dingin juga bisa menjadi cara merawat rambut berminyak. Air dingin membantu menghentikan produksi minyak berlebih pada rambut. Oleh karena itu, jangan lupa keramas dengan air dingin dan hindari air panas supaya kutikula rambut dapat tertutup dan produksi minyak pada rambut akan lebih terkontrol.


    2. Pilih sampo yang tepat

    Mencuci rambut dengan benar bukan menjadi satu-satunya cara merawat rambut berminyak. Kamu juga harus memilih sampo yang tepat untuk membantu mengontrol minyak dan tidak mengikis minyak alami rambut. Hindari kandungan seperti sulfat atau paraben dalam sampo, karena dapat membuat rambut kering, iritasi, serta rontok.


    (Baca Juga: Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya)


    Kamu juga perlu menghindari penggunaan sampo dengan kandungan silikon. Silikon bermanfaat untuk melembutkan dan menambah kilaunya sambut. Meskipun memiliki manfaat yang menjanjikan, kandungan silikon pada sampo tidak cocok untuk kamu yang memiliki rambut berminyak. Sampo dengan kandungan silikon hanya akan menumpuk minyak di kulit kepala dan membuat rambut tampak lepek serta kotor.


    3. Gunakan kondisioner di ujung rambut

    Cara Merawat Rambut Berminyak

    (Gunakan Kondisioner Hanya Pada Ujung Rambut Agar Rambut Tidak Berminyak. Foto: Dok. triocean/iStock)

    Selain untuk menutrisi rambut, kondisioner berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut dan mencegah hilangnya minyak alami pada rambut. Dengan manfaat seperti itu, kondisioner perlu digunakan dengan benar. Apabila salah, kondisioner dapat membuat rambut terlihat berminyak dan lepek. Pastikan menggunakan kondisioner hanya pada ujung rambut dan bilaslah hingga bersih.


    4. Hindari terlalu sering menyisir rambut

    Cara Merawat Rambut Berminyak

    (Hentikan Kebiasaan Menyisir Rambut Terlalu Sering. Foto: Dok. eternalcreative/iStock)

    Tanpa disadari pasti kamu sering menyentuh atau menyisir rambut kamu. Tahukah kamu bahwa menyisir dan menyentuh rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut kamu mudah berminyak? Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki rambut berminyak, yuk hentikan kebiasaan ini supaya rambut kamu tidak mudah lepek.


    5. Gunakan dry shampoo

    Cara Merawat Rambut Berminyak

    (Penggunaan Dry Shampoo Dapat Menghilangkan Minyak Di Rambut. Foto: Dok. Alexandra Turkina/iStock)

    Menggunakan dry shampoo menjadi salah satu cara merawat rambut berminyak yang paling instan dan praktis. Dry shampoo mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu yang sering beraktivitas. Ketika sedang terburu-buru, dry shampoo memang sangat berguna karena memiliki manfaat yang sama dengan sampo biasa tanpa harus dibilas.


    (Baca Juga: Cara Tepat Memakai Dry Shampoo Untuk Atasi Rambut Lepek)


    Selain mudah digunakan, dry shampoo dapat menghilangkan minyak pada rambut dan membuat rambut tampak lebih bersih seperti baru keramas. Namun, jangan terlalu sering menggunakan dry shampoo. Keramas dengan sampo biasa harus tetap rutin kamu lakukan.


    6. Keringkan rambut dengan benar

    Cara Merawat Rambut Berminyak

    (Keringkan Rambut Setelah Keramas Agar Rambut Tidak Mudah Lepek. Foto: Dok. Nastasic/iStock)

    Alih-alih meninggalkan rambut basah begitu saja, kamu bisa menggunakan pengering rambut sebagai cara merawat rambut berminyak. Panas pada pengering rambut membantu kulit kepala dalam menyerap minyak. Sehingga, sangat direkomendasikan untuk mengeringkan rambut hingga ke akar untuk membuat rambut menyerap minyak dan tidak terlihat lepek.


    Itulah beberapa cara merawat rambut berminyak yang ampuh untuk kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below