Fashion

RiaMiranda Adakan Minang Dekade Legacy Onward

By : Her World Indonesia - 2023-02-15 16:00:02 RiaMiranda Adakan Minang Dekade Legacy Onward

RiaMiranda mengadakan Minang Dekade dengan perayaan 10 tahun koleksi Minang Heritage dari RiaMiranda. Acara ini diselenggarakan di gerai RiaMiranda Pondok Indah Mall 2 mulai 13 hingga 19 Februari 2023.


Indonesia dikenal dengan kaya akan budaya dan kulturnya sehingga kerap kali diterapkan dalam berbagai bidang dan industri seperti industri pariwisata hingga industri pangan. Nah, salah satu industri yang membawakan kultur dan budaya khas Indonesia ke publik yakni industri fashion.



(RiaMiranda berhasil membawakan budaya Indonesia yakni Minang untuk mempersembahkan Minang Dekade di 2023. Foto: Dok. RiaMiranda)


Pada perannya dalam membawakan budaya Indonesia, RiaMiranda, seorang fashion designer ternama yang berdarah minang mempersembahkan Minang Dekade di 2023 ini melalui karya-karyanya yang terinspirasi dari tanah kelahirannya, tanah Minang.


Ria mempersembahkan koleksi Minang pertama kali pada 2012 di Jakarta Fashion Week yang disambut baik oleh masyarakat. Setelah perjalanannya selama 10 tahun, RiaMiranda menggelar mini exhibition di Atrium p Mall untuk menghadirkan kembali spirit of Minang.


“Karya-karya saya selalu lekat dengan budaya Minang. Sebab Minang dengan keelokan budaya dan tradisinya selalu punya cerita. Bahkan ukiran pada Rumah Gadang pun punya makna yang menginspirasi koleksi saya tahun ini,” tutur Creative Director dari brand RiaMiranda.


(Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah)


Dengan memperkenalkan budaya Minang pada perjalanan 10 tahunnya, Ria memiliki kebanggaan tersendiri. Awal mula ini terjadi dari inspirasi songket milik ibunya. Ria mulai mengeksplorasi karyanya yang pada akhirnya diwujudkan pada exhibition yang bertajuk “RiaMiranda Minang Dekade Legacy Onward”.


Pada 2023 ini, koleksi Minang akan hadir dengan konsep yang berbeda dari sembilan tahun sebelumnya. Koleksi ini dirangkum dalam ukiran Rumah Gadang dengan detail ukiran kayu yang melingkari pada dindingnya, seperti Daun Puluik-Puluik, Tupai Managun, Caraso Kanso, Singo Mandongkak Jo Takuak Kacang Goreang, Siriah Gadang, dan Bunga Panca Matahari Jo Rantak Malam.


(Baca Juga: 4 Alasan Pasangan Memilih Enggak Punya Anak)


Selain mengangkat pattern dari objek yang berbeda, koleksi Minang tahun ini juga berbeda dari segi cutting, proporsi, dan tone color. Ukiran yang diambil dari Rumah Gadang memiliki gaya tradisional yang dibuat kembali oleh RiaMiranda Team menjadi lebih modern. Koleksi terbaru RiaMiranda menampilkan siluet A-Line, detail pleats, embroidery, payet, dan printed fabric.



(Brand RiaMiranda dalam 10 tahun perayaan ini menandakan inovasi dan eksplorasi warisan budaya Minang tak akan larut selain tenun dan Songket. Foto: Dok. RiaMiranda)


“Motif Minang Heritage nyatanya telah menjadi identitas brand RiaMiranda. Inisiasi perayaan 10 tahun ini menandakan inovasi dan eksplorasi warisan budaya Minang tidak akan habis selain tenun Songket. Nama dan motif Minang Heritage juga telah terdaftar oleh HKI (Hak Kekayaan Intelektual) sebagai bentuk keseriusan kami sehingga dapat diteruskan dengan ragam inspirasi yang semakin kaya dan sarat akan makna kebaikan,” ungkap Yaya Wulandari, Chief Commercial Officer dari brand RiaMiranda.


(Baca Juga: The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan Kenalkan Lobo & Juno)


Ria menjelaskan bahwa ukiran Minangkabau berpilarkan pada Alam Takambang Jadi Guru yang dipadukan dengan filosofi tradisional Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Filosofi yang membawa agama sebagai dasar kehidupan masyarakat Minang tersebut, dibalut menjadi siluet A-Line dan H-Line serta detail pleats, embroidery, beads, dan printed fabric. Permainan warna earth tone pun melengkapi karya yang akan hadir dalam koleksi RiaMiranda Reguler dan Signature.


“Terinspirasi dari detail ukiran kayu Rumah Gadang pada saat kunjungan ke Museum Adityawarman di Padang. Ukiran itu memiliki konsep seperti peribahasa “Alam takambang jadi guru” yang bermakna segala sesuatu yang tersaji di semesta merupakan anugerah dari sang Pencipta. Harapan saya momen ini memberi semangat untuk konsisten memperkenalkan ragam budaya Sumatera Barat melalui kampanye Minang Heritage,” kata Ria saat menjelaskan ukiran yang digunakannya pada koleksi Minang Dekade kali ini.


Tak hanya memamerkan koleksi terbaru RiaMiranda, akan ada rangkaian acara mendatang oleh Minang Dekade pada tanggal 15 - 19 Februari 2023 terdiri dari beberapa aktivitas-aktivitas menarik yaitu Workshop by Ngebenang, Workshop by Rumah Atsiri, Beauty Demo by Somethinc dan Styling Session with Sarah Sofyan, dan Creating Creative Content with Hijabers Community and Fashion Show.


(Penulis: Sania Zelikha)


Fashion