Hair & beauty

Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-02-15 13:00:01 Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah


Sudah sejak lama, minyak zaitun terkenal akan manfaatnya yang luar biasa untuk kulit wajah. Faktanya, minyak zaitun dikemas dengan banyak kandungan vitamin dan sumber antioksidan kuat yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan sel-sel akibat ??radikal bebas dan melembapkan kulit. 


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat luar biasa minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. 


1. Memperkecil Tampilan Pori-Pori Wajah


(Mengecilkan pori-pori kulit wajah. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak zaitun yaitu mampu membantu meminimalisir tampilan pori-pori wajah. Seperti yang diketahui, tampilan pori-pori wajah yang besar seringkali mengganggu penampilan sekaligus menjadi penyebab utama permasalahan kulit wajah lainnya, misalnya, komedo dan bisa menyebabkan produksi minyak berlebih yang mampu merangsang pertumbuhan jerawat pada kulit.


Untuk memperkecil tampilan pori-pori wajah, cukup mengoleskan olive oil secara rutin pada area wajah dengan pori-pori besar dan paling berminyak. Lakukan setelah membersihkan wajah.


2. Mengencangkan Kulit


Minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit wajah, berkat kandungan linoleic acid di dalamnya. Tak hanya itu, kandungan antioksidan kuat juga ikut melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya mudah, cukup campurkan minyak zaitun dengan madu. Gunakan sebagai masker wajah, dan tunggu selama beberapa menit sampai kering, kemudian bilas wajah hingga bersih. 


3. Membantu Melawan Bakteri


Berdasarkan ulasan tahun 2010 dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, jika kamu memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, menggunakan pembersih wajah dengan minyak zaitun sebagai ingredient utama dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam minyak zaitun juga ikut membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dan mengobati peradangan akibat jerawat. 


(Baca Juga: Rekomendasi Facial Wash Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


4. Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan Dini


Sebagaimana diketahui, minyak zaitun kaya akan antioksidan kuat. Senyawa ini dapat memerangi stres oksidatif, yang berhubungan dengan penuaan kulit, menurut penelituan tahun 2019 dalam International Journal of Cosmetic Science.Minyak zaitun juga diperkaya dengan banyak vitamin, seperti vitamin A,D, K, dan E, serta squalene, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit, yang bisa mempercepat penuaan dini, kata Sandy Skotnicki, dermatologis bersertifikat. 


5. Mengangkat Kotoran serta Menghapus Makeup Wajah


Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengangkat residu makeup dan kotoran pada kulit wajah dengan efektif. Bahkan, sebuah review tahun 2022 dalam International Journal of Pharmaceutical Chemistry and Analysis menyebutkan bahwa, minyak zaitun juga sangat baik untuk menghilangkan sisa makeup, termasuk produk waterproof sekalipun. 


"Dengan kandungan antioksidan dan squalene dalam minyak zaitun, itu dapat memberi tambahan manfaat, seperti menghidrasi dan melembabkan kulit di area mata, plus menutrisi bulu mata," kata Paul Lorenc, ahli bedah plastik estetika. 


Sebelum menggunakan pembersih wajah, oleskan minyak zaitun langsung pada wajah atau tuang beberapa tetes di atas kapas, lalu pijat lembut wajah untuk meluruhkan sisa residu makeup pada wajah. Kemudian, bersihkan wajah hingga benar-benar bersih, dan keringkan wajah memakai handuk bersih. 


6. Melembapkan Kulit Wajah


(Bikin wajah jadi lembap dan sehat. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


Kandungan antioksidan kuat, vitamin E, dan squalene dalam minyak zaitun dipercaya mampu melembutkan dan melembapkan kulit wajah. Menurut penelitian tahun 2021 dalam jurnal Cosmetics, squalene dalam minyak zaitu dapat mendukung retensi kelembapan kulit, sedangkan vitamin E dapat meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap dan menahan air. Itulah yang membuat kulit wajah terasa lebih lembut dan lembap. 


7. Membantu Memudarkan Bekas Jerawat


Tingginya kandungan vitamin E dalam minyak zaitun disebut-sebut mampu membantu memudarkan bekas jerawat menghitam pada kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun di area bekas jerawat menghitam secara rutin. 



(Baca Juga: 6 Rekomendasi Bedak Foundation Terbaik Untuk Kulit Berminyak)


Itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang baik untuk kulit wajah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.





(Penulis: Calvin)


Hair & beauty