Sex & relationship

4 Alasan Pasangan Memilih Enggak Punya Anak

By : Vanessa Masli - 2023-02-15 10:00:02 4 Alasan Pasangan Memilih Enggak Punya Anak

Beberapa waktu lalu, kamu mungkin sempat melihat media sosial yang ramai dengan topik childfree. Berawal dari seorang content creator yang merespon komentar warganet dengan membahas keputusan dia dan pasangan untuk enggak punya anak, lalu responnya menjadi topik hangat di media sosial dengan ragam opini masyarakat.


Istilah childfree sendiri digunakan untuk menggambarkan orang-orang atau pasangan yang memilih untuk enggak punya anak. Tentu, pilihan yang diambil bukan tanpa alasan. Nah, buat kamu yang penasaran akan alasan beberapa pasangan yang memilih untuk enggak punya anak, Her World sudah merangkumnya untukmu. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir.


1. Fokus pada karier


Pasangan yang memutuskan untuk menunda atau bahkan enggak punya anak mungkin ingin fokus menjalani karier masing-masing. Mungkin pekerjaannya yang memakan banyak waktu sehingga merasa enggak bisa membagi waktu dengan membesarkan anak. Mungkin, memang karier yang dijalani merupakan hasil jerih payah selama bertahun-tahun sehingga rasanya sayang jika diabaikan karena memiliki anak.


2. Trauma masa kecil


Alasan dia dan pasangan mungkin memilih untuk jalani pernikahan tanpa kehadiran bisa jadi karena trauma masa kecil yang enggak sadar tersimpan sepanjang hidup. Mungkin trauma yang membekas jadi bikin pasangan-pasangan ini takut mengulang kesalahan yang sama seperti orang tua mereka.


Ketika pasangan takut kejadian yang traumatis itu kembali terulang, enggak sedikit yang menganggap keputusan enggak punya anak adalah keputusan terbaik.



(Memilih fokus pada karier dan menikmati waktu berdua. Foto: Dok. William Fortunato/Pexels)


(Baca Juga: 5 Ciri Pria Jatuh Cinta Lewat Instagram, Penasaran Gimana?)


3. Enggak merasa bisa jadi orang tua yang baik


Pasangan yang memutuskan untuk enggak punya anak bisa jadi karena mereka merasa enggak bisa jadi orang tua yang baik. Mungkin merasa belum cocok untuk membesarkan seorang anak, mungkin juga merasa kurang piawai mengasuh bayi sehingga membulatkan keputusannya untuk enggak mau punya anak.


4. Masalah finansial


Ada sebagian pasangan yang memilih untuk enggak punya anak karena masalah finansial. Sebab, ketika memiliki seorang anak, ada ragam biaya yang harus dipenuhi untuk menjaga dan membesarkan buah hati. Mulai dari biaya kesehatan hingga pendidikan sampai ia dewasa yang semakin hari enggak semakin murah. Jadi dengan biaya yang relatif besar, enggak sedikit pasangan yang mengurungkan niatnya untuk memiliki anak.


(Baca Juga: 4 Alasan Wanita Bertahan Dalam Hubungan Yang Bermasalah)


Itu dia beberapa alasan pasangan yang justru memilih enggak punya anak. Kalau kamu dan pasangan bagaimana?


Sex & relationship