Life & health

Ikan Hias dapat Menghilangkan Stres. Mengapa?

By : Her World Indonesia - 2023-02-15 19:00:01 Ikan Hias dapat Menghilangkan Stres. Mengapa?

Mungkin kamu sering melihat ikan hias di beberapa tempat seperti di rumah, restoran, hotel, sekolah, dan lain sebagainya. Saat ini, ikan hias sering dipelihara untuk hobi. Bentuk ikan hias juga terkesan lucu dan memiliki warna yang bagus untuk di akuarium. Saat termenung, mata kamu akan tertarik kepada ikan hias di sekitarmu. Jika kamu ingin memelihara ikan hias, kamu hanya perlu membersihkan akuarium dan memberikan makanan untuk ikan hias. Mudah kan? Hal ini bisa menghilangkan kotoran, keruh pada air, dan kesehatan bagi ikan.


Dilansir dari beberapa sumber, menurut penelitian bahwa memiliki hewan peliharaan dapat meringankan atau mengurangi stres. Nah, Ikan hias juga memiliki efek terapeutik yang sama seperti hewan peliharaan lainnya.


Namun, mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres? Ikan hias memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mentalmu. Apalagi, kamu sedang dilanda kerjaan yang banyak sehingga kamu akan terus merasa stres dan menjadi sakit kepala. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui berbagai manfaat ikan hias untuk menghilangkan stres. Yuk! Simak ulasannya.

1. Menenangkan Perasaan


(Ikan hias bisa menenangkan perasaan sehingga kamu dapat mengelola stres dengan mudah. Foto: Dok. Natalie Bond/ Pexels)


Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekumpulan ikan di dalam akuarium dapat membantu menurunkan tekanan pada darah dan memperlambat detak jantung. Efek ini juga terjadi jika kamu pergi ke kebun binatang untuk melihat berbagai hewan.


Lalu, akuarium yang berisi air dan batu karang juga sudah bisa menenangkan perasaan, lho!. Tak hanya itu, suara air yang mengalir pada akuarium bisa dijadikan alunan musik secara alami.


Inilah alasan mengapa sebagian orang menyukai kegiatan di pantai atau sungai. Untuk itu, jika diisi oleh ikan hias, manfaatnya akan bertambah dan kamu akan merasakan ketenangan.


(Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah)

2. Mengalihkan Perhatian Pada Stres


Interaksi antar manusia dan hewan akan menunjukkan manfaat untuk menghilangkan stres. Sebab, hal ini akan menjadi pengalihan kamu dari stres. Faktanya, ikan hias juga dapat menghilangkan stres secara perlahan dan membuat lebih rileks. Maka dari itu, kamu bisa memiliki akuarium yang berisi ikan hias.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur


(Memelihara ikan hias di kamar tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/ Pexels)


Bagi kamu yang sulit tidur khususnya di malam hari, kamu bisa memelihara ikan hias dengan akuarium di kamar tidurmu. Hal ini dikarenakan bahwa kondisi tubuh yang kurang istirahat bisa memicu kesehatan fisik dan mental hingga stres. Maka dari itu, ikan hias akan memberimu menenangkan pikiran dan bisa membuat dirimu ke tahap yang memungkinkan untuk tidur.


4. Memberikan Efek Terapeutik


Efek terapeutik dari ikan hias bisa membuat otak teralihkan dari stres. Fokus dan kreativitas pada dirimu akan meningkat. Barangkali, efek terapeutik masih terdengar asing. Efek ini merupakan hasil terapi yang membawa dampak baik. Oleh karena itu, ikan hias cocok untuk kamu yang sedang stres.

(Baca Juga: 4 Alasan Pasangan Memilih Enggak Punya Anak)


5. Efek Relaksasi


Tak hanya efek terapeutik, ada juga efek relaksasi yang mampu menghilangkan stres seketika. Efek relaksasi dapat membuat mood-mu semakin meningkat. Alasan inilah yang sering membuatmu sering menjumpai akuarium di tempat praktik dokter gigi karena dapat mengurangi kecemasan.


(Baca Juga: The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan Kenalkan Lobo & Juno)


6. Membantu Meditasi



(Memelihara ikan hias bisa membuat meditasimu semakin fokus. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/ Pexels)


Tempat tenang yang dibantu dengan suara aliran air dan visual ikan hias, dapat membuatmu semakin fokus dan dapat berkonsentrasi penuh untuk melakukan meditasi. Kamu bisa melakukan meditasi dengan mudah dan lebih santai.


Inilah mengapa ikan hias dapat dijadikan alasan untuk menghilangkan stres. Nah, mulai sekarang kamu bisa memelihara ikan hias untuk di rumah agar kamu bisa lebih fokus!


(Penulis: Sania Zelikha)



Life & health