Hair & beauty

Gatal? Ini 7 Cara yang Benar untuk Menghilangkan Ketombe

By : Her World Indonesia - 2023-02-14 12:00:01 Gatal? Ini 7 Cara yang Benar untuk Menghilangkan Ketombe

Kamu kurang nyaman dengan rambutmu? Ketombe memang bisa membuat kulit kepalamu terasa sangat gatal. Hal ini dapat menyebabkan rasa kurang percaya diri. Nah, selain itu, gejala ini bisa menimbulkan bercak minyak dan kesemutan di kulit kepala. Dilansir dari Healthline, kamu juga harus mengetahui penyebabnya yakni seperti kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut, dan pertumbuhan jamur tertentu.


Kulit ketombe bisa diatasi dengan berbagai cara. Namun, kamu tidak perlu repot-repot untuk menggunakan berbagai produk. Kamu bisa mengobatinya di rumah saja dengan bahan yang alami. Kamu bisa mencarinya di supermarket terdekat dari rumahmu karena beberapa bahan yang digunakan tidak sulit untuk dicari. 


Lain kali, jika kamu mulai melihat ketombe di kulit kepalamu, cobalah beberapa pengobatan alami di bawah ini untuk mendukung kesehatan kulit. Yuk! Ikuti caranya. Ini lima cara yang benar untuk menghilangkan ketombe.

1. Tea Tree Oil


(Tea tree oil bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepalamu. Foto: Dok. Dominika Roseclay/ Pexels)


Tea tree oil secara historis telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti jerawat dan psoriasis. Nah, kini tea tree oil juga sudah terbukti memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang kuat untuk membantu meringankan gejala ketombe. Faktanya, tea tree oil efektif untuk menghilangkan jenis jamur tertentu yang menyebabkan timbulnya ketombe. Sebelum memberikan tea tree oil ke kulit kepalamu, jangan lupa untuk oleskan minyak kelapa terlebih dahulu agar kulitmu tidak mengalami iritasi.


(Baca Juga: 4 Kado Valentine Untuk Pasangan Priamu)


2. Coconut Oil


(Coconut oil juga bermanfaat bagi kulit kepala untuk menghilangkan ketombe. Foto: Dok. Oleksandr Pidvalnyi/ Pexels)


Pastinya kamu sering mendengarkan bahwa coconut oil sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nah, minyak ini juga digunakan untuk ketombe. Minyak ini juga dapat bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe. Maka dari itu, coconut oil bisa digunakan sebagai pelembab pada kulit kepalamu.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Brunch Untuk Valentine di Jakarta)


3. Aloe Vera


Untuk skincare, lidah buaya atau aloe vera sering digunakan untuk wajah. Namun, siapa sangka bahwa aloe vera juga dapat menghilangkan ketombe, lho! Sifat anti bakteri dan anti jamur pada aloe vera bisa melindungi ketombe. Selain itu, aloe vera juga dapat mengurangi peradangan.




4. Cuka Sari Apel


Cuka sari apel bermanfaat bagi kulit kepala khususnya untuk ketombe. Hal ini dikarenakan bahwa asam pada cuka dipercaya untuk membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepalamu. Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulitmu untuk mengurangi pertumbuhan jamur.


5. Baking Soda


Siapa bilang kalau baking soda hanya untuk makanan? Baking soda adalah obat ketombe yang cepat dan nyaman digunakan. Nah, baking soda dipercaya bertindak sebagai exfoliant lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kerak dan gatal.


6. Hindari Makanan Tertentu


Untuk membantu dalam menghilangkan ketombe, kamu perlu membatasi konsumsi makanan secara tertentu. Hal ini dikarenakan bahwa pola makan dapat mencegah infeksi jamur dengan mengontrol pertumbuhan ragi dan meningkatkan mikrobioma usus yang dapat membantu untuk pengobatan pada ketombe. Beberapa makanan yang perlu dibatasi adalah karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta putih, tortilla, kerupuk hingga makanan dan minuman manis. Nah, yang paling makanan yang paling umum dalam memicu timbulnya ketombe adalah tepung putih, produk yang mengandung gluten, terong, paprika, dan tomat. 


7. Omega-3


Asam lemak pada omega-3 memiliki peran penting pada kulit kepala. Omega-3 dapat membantu mengatur produksi minyak dan hidrasi. Nah, perlu kamu ketahui, bahwa kalau kamu kekurangan lemak asam omega-3, kulit kepala dan rambutmu bisa kering dan muncul ketombe. Seperti apa omega-3? Ikan memiliki suplemen minyak ikan seperti salmon, trout, dan makarel. Lalu, asupan makanan kaya omega-3 lainnya adalah biji rami, biji chia, dan biji kenari.


(Baca Juga: Intip Koleksi Jam Tangan “Time is a Jewel” dari Bulgari)


Inilah tujuh cara yang benar untuk menghilangkan ketombe. Tidak sulitkan? Kamu bisa mengobatiinya di rumah saja.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty