Life & health

Art Jakarta Gardens Kembali Hadir Di Hutan Kota by Plataran

By : Her World Indonesia - 2023-02-09 18:00:02 Art Jakarta Gardens Kembali Hadir Di Hutan Kota by Plataran

Ada kabar menarik bahwa tahun ini Art Jakarta Gardens kembali hadir di Huta Kota by Plataran, Jakarta pada 7 hingga 12 Februari 2023. Art Jakarta Gardens kembali untuk meramaikan kancah seni rupa di permulaan tahun ini.



(Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid resmikan Art Jakarta Gardens di tahun ini. Foto: Dok. Art Jakarta Garden)


Pada pembukaan Art Jakarta Gardens telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid pada Selasa, 7 Februari 2023.


“Art Jakarta Gardens tahun ini mencerminkan pembelajaran penting dari pandemi. Dengan hadirnya ajang seni rupa di Hutan Kota ini, kita dapat kembali melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan: tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa ekosistem alam yang sehat.


Prakarsa Art Jakarta Gardens juga memperlihatkan perhatian dunia seni rupa kita pada persoalan kelestarian sumber daya alam yang dewasa ini semakin membutuhkan kreativitas dan terobosan baru. Dalam hal ini, seni bisa membantu kita membayangkan sustainable living yang dapat menjadi model bagi Normal Baru. Semoga pekan seni ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan," tutur Hilmar Farid.


(Baca Juga: OPPO Luncurkan Seri Smartphone Terbaru Reno8 T Series)



(Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan CEO dan Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes hadir pada hari pertama di Art Jakarta Gardens. Foto: Dok. Art Jakarta Gardens)

Tahun ini Art Jakarta Gardens didukung oleh Lead Partners, Credit Suisse, dan Bibit. Kali ini adalah kolaborasi kedua kalinya bersama Plataran. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga turut hadir pada hari pertama pekan seni ini.


(Baca Juga: 5 Latihan Ini Bisa Dicoba Untuk Redakan Nyeri Haid)


“Saya sangat mengapresiasi kembali diselenggarakannya salah satu pameran seni rupa terbesar di Indonesia, Art Jakarta Gardens, yang kedua kali di Hutan Kota by Plataran. Dengan area terbuka dan bertemakan hutan di jantung kota Jakarta, lokasi ini sangat serasi dikolaborasikan dengan Art Jakarta Gardens yang mengusung konsep segar, inovatif, dan terbuka.


Saya berterima kasih kepada teman-teman seniman yang hadir dengan inovasi yang bisa menggairahkan kembali seni rupa Indonesia, dan saya berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut hingga tahun-tahun mendatang," ungkap CEO dan Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes.



(Berbagai kombinasi presentasi karya seni rupa pada Art Jakarta Gardens terdiri atas dua tenda khusus yang disediakan bagi 22 galeri ternama. Foto: Dok. Art Jakarta Gardens)

Selama acara diselenggarakan, pengunjung dapat menjelajahi kombinasi presentasi karya seni rupa dalam dan luar ruang dalam bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi.


Sebuah segmen khusus, Taman Patung, akan menampilkan patung luar ruangan oleh seniman seperti Adi Gunawan, Ashley Bickerton, Nyoman Nuarta, Richard Winkler, Sinta Tantra, dan Yim Yen Sum. Dengan dukungan base dari TACO, yang terbuat dari PVC dan HPL berkualitas, beberapa karya ini akan kokoh berdiri dalam segala cuaca. Sementara itu, area pameran dalam ruangan terdiri atas dua tenda khusus yang disediakan bagi 22 galeri ternama.


(Baca Juga: 4 Zodiak Ini Yang Paling Enggak Cocok Dengan Aquarius)


Persembahan dari Bibit, seniman kelahiran Blitar yakni FX Harsono yang telah memperoleh pengakuan internasional akan menjadi salah satu sorotan tahun ini dengan instalasinya yaitu The Light of Journey yang bertempat di ruang khusus hasil rancangan this/PLAY.


Lalu, Digital Nativ, yang piawai memadukan seni, pengrajin, dan teknologi akan mempresentasikan Aquifer dengan dukungan iForte untuk mengangkat isu air tanah Jakarta.


Berikutnya, Gaspack, perusahaan web 3.0 akan berkolaborasi dengan seniman Abenk Alter untuk menggelar aktivasi NFT yang mengasyikkan. Sedangkan, LUAR, spesialis furnitur luar ruangan berkualitas tinggi dengan gaya minimalis modern akan menghiasi berbagai titik di Hutan Kota dengan produknya.


Nah, untuk tahun ini bahwa musik menjadi persembahan anyar dalam Art Jakarta Gardens lewat pertunjukan istimewa oleh Sofar Sounds Jakarta dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation yang konsisten berkontribusi pada ekosistem seni pertunjukan.


Perlu kamu ketahui bahwa Sofar Sound merupakan bagian dari platform yang mengimajinasikan kembali ajang live melalui pertunjukan terkurasi dalam latar yang hangat. Tak disangka bahwa Sofar Sound telah diselenggara lebih dari 350 kota di seluruh dunia. Kali ini, Sofar Sounds menampilkan berbagai musisi muda yang berbakat yakni AneeSa, DUARA, Meda Kawu, Mariani Oelong, Yuyun Arfah, dan Sri Panggung.


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health