Life & health

5 Latihan Ini Bisa Dicoba Untuk Redakan Nyeri Haid

By : Vanessa Masli - 2023-02-08 18:00:01 5 Latihan Ini Bisa Dicoba Untuk Redakan Nyeri Haid

Para wanita sudah pasti tak lagi asing dengan siklus haid yang mewarnai hari-hari selama kurang lebih satu minggu. Tentu, kamu tak lagi asing dengan rasa nyeri yang terasa di area perut bawah saat memasuki masa-masa datang bulan. Mungkin ada yang masih bisa menjalani hari dengan rasa sakit, tapi tak sedikit yang sulit untuk bangun dari tempat tidur karena rasa nyeri tersebut.


Tentu, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa meredakan nyeri haid, termasuk melakukan beberapa latihan sederhana dan mudah. Buat kamu yang ingin redakan nyeri saat haid, Her World sudah merangkum beberapa latihannya di bawah ini.


1. Forward Bend


Latihan yang mudah kamu lakukan dan bisa dicoba dimana saja. Kamu cukup berdiri tegak dengan telapak kaki sejajar satu sama lain, lalu membuka kedua tanganmu di sisi tubuh. Pastikan kedua telapak kakimu menekan ke arah lantai, lalu tarik napas dan angkat kedua lengan mengarah ke langit-langit.

Selagi membuang napas, bungkukkan tubuh dari pinggul sampai jari-jarimu menyentuh lantai. Jika belum sampai lantai, tekuk sedikit kedua lututmu. Tahan selama satu menit sebelum perlahan mengangkat tubuh kembali ke posisi tegak.



(Forward bend bisa untuk meredakan nyeri haid. Foto: Dok. Marta Wave/Pexels)


2. Glute lifts


Selagi kamu masih dalam posisi berdiri, latihan kedua yang bisa kamu lakukan adalah glute lifts. Sesuai dengan namanya, latihan ini akan fokus pada area bokong dan baik untuk meredakan nyeri haid. Pastikan di hadapanmu ada kursi atau sofa yang cukup kokoh untuk menopang sebagian tubuhmu.


Pertama, letakkan kedua lengan bawah di area tegak kursi atau sofa. Jalankan kedua kaki ke belakang sampai tubuhmu membentuk huruf “L”. Kuatkan kaki kirimu dengan menekuknya sedikit selagi mengangkat kaki kananmu lurus sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan yang sama di sisi sebaliknya selama 60 detik untuk tiap-tiap kaki. Pastikan kamu mengencangkan otot perut untuk melindungi area tulang belakang.


3. Head-to-Knee Pose


Beralih ke posisi duduk, latihan yang juga bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri akibat haid adalah head-to-knee pose. Kamu hanya perlu duduk dengan kedua kaki dibiarkan terbuka lebar. Lalu, perlahan tekuk lutut kanan dan posisikan telapak kaki kanan di bagian dalam paha kiri.


Tarik napas selagi kamu mengangkat kedua lengan melewati kepala. Lalu, hembuskan napas dan bungkukkkan tubuh ke arah kaki kiri, letakan keningmu di paha atau bantal. Tahan selama 30 detik, sebelum kamu menarik napas untuk kembali duduk dan berganti ke sisi sebaliknya.


(Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Yang Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak)


4. Seated Twist


Kembali duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan. Pastikan kamu duduk dengan tegak. Lalu, perlahan tekuk lutut kananmu dengan posisi telapak kaki berada di sebelah lutut kiri, pastikan telapaknya menekan ke arah lantai. Setelah itu, angkat lengan kiri ke arah langit-langit.


Lalu, pelan-pelan putar tulang punggungmu ke arah lutut yang ditekuk, tanpa mengangkat pinggu dari lantai. Seiring tarikan napas, panjangkan tulang punggungmu. Lalu, selagi menghembuskan napas, coba putar tubuh lebih dalam lagi. Jaga area bawah tulang belakang dengan mengencangkan otot perut. Lakukan hal yang pada sisi sebaliknya.


Putaran di area tulang punggung ini dapat bantu beri kelegaan di area perut sehingga tekanan sekaligus nyeri akibat haid bisa lebih reda.



(Putar tubuh untuk rilekskan otot punggung dan perut. Foto: Dok. Leeloo Thefirst/Pexels)


5. Reclined Bound Angle


Untuk latihan ini, kamu mebutuhkan guling atau selimut tebal yang sudah digulung. Letakan guling atau selimut tersebut di daerah sacrum (tulang segitiga yang berada di punggung bagian bawah), lurus mengikuti tulang punggung, lalu baringkan tubuhmu. Saat tubuh sudah terbaring, kamu akan merasakan tarikan di area tulang belakang bagian bawah.


Setelah itu, tarik napas dan biarkan kedua lututmu terbuka ke samping dan telapak kaki bertemu sehingga membentuk belah ketupat. Jika diperlukan, kamu bisa meletakkan balok atau bantal duduk di paha bagian luar. Dengan telapak tangan menghadap ke atas, letakkan kedua lengan di sisi-sisi tubuh sesuai kenyamananmu.


Tahan selama tiga sampai lima menit, fokus pada pernapasanmu. Latihan ini bisa merilekskan area tulang belakang bagian bawah dan membuka pinggul yang kadang terasa kurang nyaman. Kamu juga melatih otot perut sehingga bisa mengurangi rasa nyeri akibat haid.


(Baca Juga: 4 Rekomendasi Matras Yoga dari Brand Lokal Untuk Dicoba)


Beberapa latihan ini yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Life & health