Fashion

Bentuk Tubuh Wanita & Cirinya, Beserta Pakaian Yang Cocok!

By : Her World Indonesia - 2023-02-01 15:00:01 Bentuk Tubuh Wanita & Cirinya, Beserta Pakaian Yang Cocok!

Katanya, standar body goals atau bentuk tubuh ideal itu dicirikan dengan tubuh kurus tinggi semampai. Padahal kenyatannya, setiap wanita itu memiliki postur dan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Tidak peduli bagaimana postur tubuh yang kamu miliki, kamu tetap bisa terlihat cantik dengan body goals kamu sendiri, kok. Apalagi jika disempurnakan dengan balutan model pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu. Dijamin, semua mata akan tertuju kepadamu. 


Berikut ini beberapa bentuk tubuh wanita dan ciri-ciri body goals sesuai bentuk tubuh, serta model pakaian yang cocok dikenakan. Yuk simak penjelasannya di sini!


1. Bentuk Tubuh Apel


(Bentuk tubuh apel. Foto: Dok. @rebelwilson / Instagram)


Sesuai dengan namanya, wanita dengan bentuk tubuh ini memiliki siluet seperti buah apel. Ciri-ciri body goals wanita dengan bentuk tubuh apel biasanya memiliki payudara yang lebih besar daripada pinggul dan bahu yang tampak lebih bundar. Sementara pinggang tidak terlalu terdefinisi dengan kaki dan lengan yang tampak lebih ramping. Tubuh bagian atas wanita dengan bentuk badan seperti ini biasanya paling cepat membesar saat berat badan bertambah.


Nah, kalo kamu mempunyai bentuk tubuh apel seperti ini, paling cocok mengenakan gaun dengan potongan A-line atau straight-cut, yang bisa menciptakan ilusi bentuk tubuh seimbang —tubuh bagian atas dan bagian bawah. 


2. Bentuk Tubuh Oval


Ciri-ciri body goals wanita dengan bentuk tubuh oval biasanya lebih besar di bagian dada dan perut. Bahu dan pinggul proporsional, sedangkan pinggang tidak terlalu tegas dan cenderung lebih lebar dari pinggul. Ini akan membuat kamu terlihat lebih berisi di sekitar perut, menciptakan siluet tubuh lebih bulat. Buat kamu yang mempunyai bentuk tubuh oval, paling cocok mengenakan atasan dengan leher V, bermain dengan garis vertikal pada pakaian, serta hindari menggunakan motif besar dan terlalu berwarna; tetap pada warna solid.


Untuk bawahan, cobalah celana model straight, boot cut, wide, atau palazzo. Model-model celana seperti itu sangat bagus untuk menyeimbangkan area perut dan bagian bawah tubuh, membuat lekukan pada pinggul kamu. 


3. Bentuk Tubuh Jam Pasir


(Bentuk tubuh jam pasir. Foto: Dok. @blakelively / Instagram)


Bisa dikatakan, ini adalah bentuk tubuh yang jadi dambaan banyak wanita, karena posturnya yang terlihat sangat proporsional dan feminin. Wanita dengan bentuk tubuh jam pasir (hourglass body shape) memiliki bahu dan pinggul dengan lebar proporsional dan pinggang yang tegas. Ditambah, area bokong dan payudara yang tampak seimbang dan presisi. Serta, bagian lengan dan kaki juga tampak proporsional.

Gaun yang pas (fitted dress), tetapi tidak ketat, sempurna untuk bentuk tubuh seperti ini karena menonjolkan bentuk pinggang kamu yang tegas. Misalnya, wrap dress dengan bentuk leher V, motif simple, dan warna solid. Atau, wrap top yang dipadukan dengan rok pensil atau tube skirt

Hindari pakaian yang berbahan kain spandeks (terlebih yang terlalu ketat) dan boxy dress, karena akan merusak keanggunan bentuk tubuh kamu. 


4. Bentuk Tubuh Persegi Panjang



Ciri-ciri body goals bentuk tubuh persegi panjang, atau disebut juga sebagai body lurus, yaitu memiliki siluet lurus dengan tidak banyaknya lekukan tubuh, lebar bahu dan pinggul sama, sedikit atau tidak ada definisi pada pinggang, serta kaki yang panjang. Untuk bentuk tubuh yang satu ini, cobalah flared styles dengan mengenakan flare jeans, atasan dengan bahu model ruffles, atau puff sleeves. Tambahkan belt untuk memberikan ilusi lengkukan tubuh pada bagian pinggang. 

Hindari pakaian kebesaran atau ekstra lebar karena tidak akan terlihat bagus di tubuh kamu. 


(Baca Juga: Wajib Tahu! Kenali Macam-Macam Pola Rok Sesuai Bentuk Tubuh)


5. Bentuk Tubuh Kurus


Kalo kamu memiliki bentuk tubuh kurus, biasanya ditandai dengan bahu dan panggul yang sejajar sempurna. Kamu memiliki struktur tulang kecil dengan kaki dan tangan yang tampak ramping. Garis rahang terlihat jelas, dan bokong tampak rata. 

Tapered ankle-length jeans atau tapered ankle-length trousers, celana/rok balon, celana harem, baggy jeans, low waist jeans, tunik, flowy dress, atasan high neck dengan flutter sleeves, atasan balon, dan atasan peplum, sangat cocok buat kamu yang memiliki bentuk tubuh kurus. 


6. Bentuk Tubuh Segitiga 


(Ciri-ciri bentuk tubuh segitiga. Foto: Dok. @beyonce / Instagram)


Ciri body goals bentuk tubuh segitiga, atau disebut juga dengan bentuk tubuh buah pir, biasanya memiliki pinggul yang lebih berisi daripada bagian tubuh atas lainnya, area bahu sempit, dan pinggang kecil. 

Buat kamu yang memiliki bentuk tubuh pir, paling cocok mengenakan atasan flattering, yang bisa menyeimbangkan siluet dengan menambahkan volume ke tubuh bagian atas. 

Atasan dengan boat necklines, atasan dengan aksen frills pada bagian pundak, atau blazer dengan bantalan bahu, juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh seperti ini. 

Hindari mengenakan dress atau celana/rok dengan model balon, low-rise jeans, dan skinny jeans legging, yang akan semakin menonjolkan tubuh bagian bawahmu yang besar. 


7. Bentuk Tubuh Berlian


Karakteristik bentuk tubuh berlian seringkali ditandai dengan pinggul lebih lebar, pinggang yang tidak terlalu terdefinisi, payudara yang relatif kecil, bahu sempit, lengan dan kaki ramping. 

Gaun berpotongan A-line, belted dress, princess-cut dress, atau flared dress, paling cocok untuk dikenakan wanita dengan bentuk tubuh berlian karena bisa menonjolkan tubuh bagian atas, sekaligus menegaskan bentuk pinggang. Itu bisa menciptakan keseimbangan antara bahu dan pinggul. Cobalah dress berpotongan rendah dengan panjang baju mini atau midi—bisa menonjolkan lengan dan kaki ramping indah kamu. 

Hindari dress/celana/rok model skinny untuk mempertahankan proporsi tubuh yang sesuai antara bagian atas dan bagian bawah tubuh kamu. 


8. Bentuk Tubuh Sendok


(Bentuk tubuh sendok. Foto: Dok. @kyliejenner / Instagram)


Sekilas, bentuk tubuh sendok hampir mirip dengan bentuk tubuh pir, tetapi keduanya tidak sama. Seperti bentuk tubuh pir, bentuk tubuh sendok juga ditandai dengan pinggul yang lebih lebar, bahu yang lebih sempit, dan payudara yang kecil, dengan kaki yang serasi dengan pinggul. Perbedaan utama antara keduanya adalah bentuk tubuh sendok biasanya mulai melengkung di sekitar pinggang, sedangkan bentuk pir melengkung tepat di sekitar pinggul. Atasan untuk bentuk tubuh sendok harus berfokus pada garis leher untuk menonjolkan area bahu, lengan, dan dada. Misalnya, atasan strapless, atasan dengan boat-neck, atasan off shoulder, atasan cowl-neck, atasan dengan bell sleeves, dan atasan scoop neck


Untuk bawahan, cobalah high-waisted jeans, boyfriend jeans, straight-leg jeans, bootcut jeans, wide-leg jeans, celana flowy, rok mini (miniskirt), rok high-waisted, rok model A-line, dan rok model tulip, sangat cocok untuk wanita dengan bentuk tubuh sendok. Sementara untuk gauh, sebaiknya pilih gaun berpotongan A-line, princess cut, baby doll, empire waist, dan strapless dress


(Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Penyebab Perut Buncit Pada Wanita)


Itulah beberapa bentuk tubuh wanita dan ciri-ciri body goals sesuai bentuk tubuh, serta model pakaian yang cocok dikenakan. Kalau kamu termasuk bentuk tubuh yang mana?




(Penulis: Calvin)



Fashion