Fashion

Wajib Tahu! Kenali Macam-Macam Pola Rok Sesuai Bentuk Tubuh

By : Her World Indonesia - 2022-08-24 11:00:01 Wajib Tahu! Kenali Macam-Macam Pola Rok Sesuai Bentuk Tubuh

Rok merupakan salah satu fashion item yang dapat menjadi andalan untuk kamu apabila ingin berpenampilan feminin. Pada dasarnya, rok memiliki berbagai macam pola yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh.. Dengan pemilihan yang tepat, tentunya rok dapat menunjang penampilan stylish terbaikmu. Berikut telah Her World rangkum macam-macam pola rok yang cocok sesuai bentuk tubuh yang perlu kamu ketahui!


1. Rok pensil untuk pemilik bentuk tubuh jam pasir

Bentuk tubuh jam pasir merupakan tipe tubuh yang memiliki ukuran pinggang kecil, tetapi bagian dada dan pinggulnya cenderung berisi. Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh jam pasir, maka rok pensil merupakan salah satu pilihan yang tepat. Siluet rok pensil atau span yang pas melingkar di pinggang dapat menonjolkan lekuk tubuh, khususnya mempertegas bentuk pinggang sang pemakai. Pilihlah rok pensil berwarna solid untuk memaksimalkan penampilanmu.



(Model rok pensil/span. Foto: shein.in)

2. Rok A-line midi untuk pemilik bentuk tubuh buah pir


Untuk kamu yang memiliki area pinggul yang besar atau disebut juga bentuk tubuh buah pir, kamu dapat dapat menyamarkan bagian tersebut dengan mengenakan rok yang bersiluet melebar di pinggul. Rok A-line yang berukuran midi cocok untuk dikenakan bagi kamu yang memiliki siluet tubuh satu ini, karena dapat menonjolkan pinggang dan melangsingkan tubuh bagian bawah. Hindari penggunaan rok ketat serta rok yang disertai detail horizontal karena dapat membuat pinggul semakin melebar dan menonjolkan perhatian berlebih pada tubuh bagian bawah.



(Model rok A-line. Foto: looksgud.com)

(Baca juga: Ragam Jenis dan Padu Padan Baggy Jeans untuk Tampil Modis)


3. Rok berpinggang tinggi untuk pemilik bentuk tubuh apel


Apabila kamu si pemilik bentuk tubuh apel biasanya cenderung memiliki siluet tubuh yang cenderung lurus dan besar pada bagian dada, perut, serta pinggul. Tidak usah khawatir pada saat menentukan model rok yang tepat, kuncinya adalah pilih rok berpinggang tinggi dengan lipatan dan flare di bagian bawah. Psst, kamu dapat menambahkan aksesori ikat pinggang untuk menciptakan efek melangsingkan, lho! Detail lipatan ekstra juga dapat menyembunyikan bagian perut.



(Model Highwaist skirt. Foto: shein.in)

4. Rok terompet untuk pemilik pinggul yang lebar


Rok terompet merupakan model rok yang membungkus pinggul dan melebar ke luar di ujungnya. Rok ini akan cocok dikenakan untuk kamu yang memiliki pinggul yang lebar. Siluet rok yang ketat di bagian atas dapat memamerkan pinggulmu, sedangkan bagian bawah yang melebar akan menyeimbangkan pinggul dan tubuh bagian bawah.



(Model rok terompet. Foto: looksgud.com)

5. Rok peplum untuk kamu pemilik bentuk tubuh lurus dan segitiga terbalik


Rok peplum dapat menjadi pilihan andalan untuk kamu yang memiliki bentuk pinggang, panggul, dan bahu sejajar. Bentuk tubuh satu ini sekilas seperti pria karena minim lekukan khas perempuan. Pilihlah rok peplum dengan bahan lembut, yang menampilkan perut rata sehingga dapat memberikan sentuhan elegan.



(Model rok peplum. Foto: berrybenka.com)

Rok peplum juga akan cocok dikenakan bagi pemilik bentuk tubuh segitiga terbaik. Bentuk tubuh satu ini memiliki bahu lebih lebar dibandingkan dengan lingkar pinggang. Detail peplum atau rok yang mengembang di bagian bawah akan menyeimbangkan siluet tubuhmu sehingga kamu dapat tampil semakin menawan!


(Baca juga: Punya Kaki Lebar? Sepatu ini Cocok Dan Nyaman Untuk Kamu)


6. Rok Pias atau Flare Skirt untuk kamu pemilik bentuk tubuh strawberry


Bentuk tubuh strawberry umumnya memiliki dada yang besar, bahu yang bidang, sementara bagian pinggulnya tampak lebih ramping. Untuk menyeimbangkan siluet tubuhmu, maka kuncinya adalah dengan mengenakan model rok yang cenderung lebar pada bagian bawah. Rok pias atau flare skirt dapat menjadi pilihan yang cocok, karena memiliki siluet melebar ke bawah. Model rok satu ini juga dapat memberikan kesan penampilan yang lebih feminin, lho!



(Model rok pias/flare skirt. Foto: looksgud.com)


Itulah dia berbagai macam pola rok yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Dengan mengetahui model rok seperti apa yang cocok untuk bentuk tubuhmu, dijamin tampilanmu akan semakin maksimal. Kamu pun dapat bereksperimen dalam hal mix & match busana secara lebih leluasa. Semoga bermanfaat, ya!


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Fashion