Life & health

Wajib Tahu, Ini Penyebab Perut Buncit Pada Wanita

By : Her World Indonesia - 2022-12-10 10:00:01 Wajib Tahu, Ini Penyebab Perut Buncit Pada Wanita

Hampir seluruh diantara para wanita pasti memiliki bentuk badan impian yang sangat diidam-idamkan. Salah satu bentuk badan yang para wanita ingini ialah memiliki perut yang rata. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan perut yang rata ini ialah dengan berolahraga secara rutin dan fokus fat loss pada bagian perut.


Ternyata pada faktanya, olahraga bukan menjadi penentu utama dalam memiliki perut yang rata. Berikut ini Her World rangkumkan beberapa penyebab yang juga bisa menyebabkan munculnya perut buncit. Let's take a look!


1. Kurang Tidur

(Kurang tidur ternyata berdampak bagi bentuk perut kamu. Foto: Dok. benzoix/Freepik)


Apakah kamu sudah merasa melakukan banyak olahraga tapi perut rata yang diimpikan belum didapatkan secara maksimal? Mungkin kamu harus mulai memeriksa kembali jam tidur harian kamu. Hal ini dikarenakan, kekurangan jam tidur merupakan salah satu pemicu timbulnya perut buncit bagi para wanita. Kurang tidur sendiri dapat memberikan efek peningkatan berat badan yang sangat besar. Hal ini juga termasuk ke dalam kemungkinan penumpukan lemak yang terjadi di daerah perut.


2. Makan manis terlalu banyak

(Makanan manis terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Foto: Dok. wayhomestudio /Freepik)

Kebiasaan suka mengemil mungkin harus mulai kamu atur dan batasi bila ingin mendapatkan perut rata impian. Hal ini dikarenakan berbagai makanan atau cemilan manis dapat memiliki risiko yang tinggi terhadap pembentukan lemak di perut. Bila kamu pencinta cemilan, mungkin mulai bisa mengganti cemilan manis kamu dengan manis alami seperti yang terdapat di buah-buahan.


(Baca Juga: Punya Perut Buncit? Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya)


3. Stress berlebih

(Stress dapat meningkatkan hormon kortisol sebagai penyebab penumpukan lemak di perut  Foto: Dok. rawpixel.com/Freepik)

Sedang merasa di tengah perkerjaan yang menumpuk dan membuat stres? Mungkin kamu harus mulai berhati-hati, kondisi stres yang kita rasakan nyatanya dapat berpengaruh kepada kondisi perut kita. Hal ini dikarenakan hormon kortisol yang dikeluarkan saat kita mengalami stress ternyata dapat memicu penambahan lemak di perut secara berlebihan. Melihat hal ini jangan lupa untuk bukan hanya memperhatikan kesehatan fisik tetapi psikis kamu dengan mulai mengurangi kapasitas berkerja kamu.


4. Kebiasan minum alkohol

(Pembatasan alkohol sangat disarankan bagi kamu yang ingin memiliki perut rata  Foto: Dok.tirachardz/Freepik)

Efek yang kurang baik dari alkohol nampaknya memang sudah sering kamu dengar, salah satunya ialah terhadap pengaruhnya kepada bentuk perut. Meminum alkohol yang berlebihan pada wanita ternyata dapat menyebabkan penumpukan lemak visceral yang lebih besar. Melihat hal ini Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menyarankan agar para waita tidak minum lebih dari satu gelas alkohol setiap harinya, tapi akan jauh  lebih efektif bila mulai mencoba untuk tidak mengkonsumsi alkohol. 


(Baca Juga: Simak 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Mudah dan Aman)


5. Menopause

(Perubahan hormon saat menopause menyebabkan perut buncit  Foto: Dok.rawpixel.com/Freepik)


Para wanita pastinya akan mengalami menopause saat mulai memasuki umur yang lebih dewasa. Saat memasuki fase ini, kamu tidak perlu khawatir bila mengalami penaikan berat badan, karena ternyata ini merupakan hal yang wajar saat hormon kamu juga sedang mengalami perubahan. Begitu juga dengan perut yang mungkin akan bertambah buncit, hal ini dikarenakan hormon esterogen yang dimiliki wanita menurun drastis. Penurunan ini menyebabkan terjadinya perubahan tempat penyimpanan lemak yang biasanya terjadi di bagian dada dan pinggul, berubah menjadi ke daerah perut.


6. Genetik

(Gentik juga dapat menyebabkan perut buncit  Foto: Dok.DCStudio/Freepik)

Tidak perlu khawatir bila kamu tetap memiliki perut yang buncit meskipun sudah berusaha, hal ini bisa jadi karena faktor genetik dari badan kamu. Hormon di dalam tubuh kamu juga sangat berpengaruh terhadap penyimpanan lemak di badan kamu. Agar mendapatkan keterangan yang lebih jelas mengenai penanganan bagi kamu yang memiliki faktor genetik, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau pakarnya.


(Baca Juga: 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit)


Berikut itu telah Her World rangkumkan beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut buncit pada wanita. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health