Life & health

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Kucing yang Ampuh!

By : Her World Indonesia - 2023-02-17 15:00:01 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Kucing yang Ampuh!

Kucing terkenal memiliki kemampuan untuk membersihkan badannya sendiri dari kotoran dan parasit yang menempel. Meskipun begitu, kucing tetaplah hewan, yang membutuhkan bantuan pemiliknya untuk merawat kebersihannya secara maksimal. 


Terkadang, walaupun sudah rajin dirawat dengan baik, bau mulut pada kucing masih saja jadi permasalahan utama yang sangat mengganggu dan membuat risih. Bau mulut pada kucing bisa menjadi pertanda jika si kucing mengalami penyakit tertentu. 


Untuk itu, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi bau mulut pada kucing yang paling ampuh. 


Penyebab Bau Mulut Kucing


Munculnya aroma tak sedap pada mulut kucing bukan tanpa sebab. Hal itu isa bersumber dari apa yang dia makan, apa yang dia gigit, hingga bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Inilah hal-hal yang bisa menjadi penyebab bau mulut kucing, antara lain:


1. Mulut kering


Kurangnya asupan air pada kucing bisa menyebabkan mulut kering yang dapat membuat napas kucing tidak segar dan berbau. 


2. Bakteri


Kucing memiliki bakteri alami pada gigi dan gusinya yang dapat berkembang biak dengan baik apabila tidak dibersihkan dengan baik. Jika dibiarkan terus menerus, penumpukan bakteri ini akan menyebabkan bau mulut pada kucing dan membuat lapisan plak pada gigi dan gusi.


Tak hanya menimbulkan bau mulut, bakteri ini juga akan masuk ke pembuluh darah yang bisa membahayakan organ-organ di dalam tubuhnya.



(Cara menghilangkan bau mulut kucing. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

3. Karang gigi


Karang gigi terbentuk dari lapisan plak bakteri yang mengeras akibat adanya mineral alami pada air liur kucing. Bakteri ini nantinya akan melepaskan senyawa yang bisa menimbulkan aroma tidak sedap pada mulut. 


Selain itu, karang gigi ini juga akan membuat gusi menjadi turun, bengkak, dan akar gigi kendung, yang bisa bersumber dari apa yang dia makan, apa yang dia gigit, hingga bisa menjadi indikasi penyakit tertentu. 


4. Cedera atau trauma mulut


Kucing adalah hewan aktif yang sangat suka bermain dan menggigit benda-benda asing. Tetapi ternyata, itu bisa menjadi salah satu penyebab cedera pada mulut kucing. Benda-benda yang mungkin terselip di antara gigi itu akan membusuk di dalam mulut jika tidak segera dibersihkan. Inilah yang membuat mulut kucing sakit dan menimbulkan aroma tak sedap.


Selain benda-benda asing, makanan yang tertinggal pada gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Makanan itu akan membusuk dan semakin mempermudah bakteri berkembang biak.


Cara Menghilangkan Bau Pada Mulut Kucing


Kebersihan hewan peliharaan menjadi hal utama yang harus dijaga dan diperhatikan, tidak terkecuali pada bagian mulut kucing, yang sering sekali digunakan untuk makan, bermain, hingga membersihkan tubuhnya sendiri. Namun, jika kucing kamu sudah terlanjur mengalami bau mulut, ada beberapa yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut kucing, antara lain: 


1. Beri minum air mineral


Mulut kering adalah penyebab utama bau mulut pada kucing. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut pada kucing adalah dengan memberinya minum air mineral atau air putih. Itu bisa bermanfaat untuk membilas bagian dalam mulut kucing dari sisa-sisa makanan atau benda asing yang mungkin menempel dan tertinggal. Selain itu, air mineral juga bisa jadi penyeimbang cairan di dalam mulut, sehingga tidak menimbulkan aroma tidak sedap dari mulut. 


2. Rajin menggosok gigi


Menyikat gigi kucing merupakan cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan plak dan karang gigi, yang bisa mengatasi masalah bau mulut pada kucing. Semakin sedikit plak, karang gigi, bakteri, dan pembusukan, maka napas kucing kamu akan semakin segar dan tidak berbau. 


Makanan yang masih menempel dan tertinggal pada gigi kucing bisa dihilangkan dengan cara menggosok gigi. Kamu dianjurkan untuk menyikat gigi kucing setiap hari, tetapi jika tidak memungkinkan, usahakan untuk menyikat gigi kucing 3 kali seminggu. 


Ada sikat gigi yang dirancang khusus untuk gigi kucing, tetapi kamu juga bisa menggunakan sikat gigi atau sikat jari anak-anak. Gunakan pasta gigi untuk kucing, dan jangan pernah menggunakan pasta gigi yang biasanya untuk manusia. Fluorida dan pemanis dalam pasta gigi manusia bisa sangat berbahaya bagi kucing. 


Sebaiknya pilih pasta gigi kucing yang tidak beraroma, karena perisa buatan dapat membuat napasnya lebih berbau. 


3. Hindari memberinya makan makanan mentah


Kucing memang sangat suka dengan daging, namun memberinya makan makanan mentah bukanlah sesuatu hal yang baik. Pasalnya, makanan mentah mengandung banyak bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatannya, sekaligus juga bisa menyebabkan bau mulut pada kucing. 


Jika ingin memberinya daging, pastikan kamu telah memasaknya hingga matang terlebih dahulu ya



(Baca Juga: Rekomendasi Nama Kucing Yang Bagus Dan Lucu Untuk Kucingmu!)



4. Memberikannya obat khusus


Cara ampuh lainnya dalam mengatasi masalah bau mulut pada kucing adalah dengan memberikannya obat khusus bau mulut. Obat khusus ini biasa disebut pet water additive, yang digunakan dengan cara diteteskan pada air minumnya (sesuai aturan pakai) untuk melawan plak dan menyegarkan napas kucing. 



(Beri minum air mineral. Foto: Dok. Wojciech Kumpicki/Pexels)


5. Berikan antibiotik dan vitamin


Jika obat khusus tidak ampuh menghilangkan bau mulut pada kucing, kamu bisa memberikan antibiotik dan vitamin untuk pengobatan lebih lanjut. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut pada kucing, jika kucing kamu dicurigai memiliki penyakit tertentu. Akan tetapi, penggunaan antibiotik dan vitamin harus kamu konsultasikan dulu pada dokter hewan, ya!


6. Atur pola makan yang sehat untuk kucing


Selain menghindari memberinya makan makanan mentah, kamu juga perlu mengatur pola makan yang sehat untuk kucing. Penting untuk memberinya makanan kucing berkualitas tinggi. 


Pastikan kamu memilih makanan berprotein tinggi dengan daging asli (masak) dan banyak air untuk menghindari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya —yang juga bisa menyebabkan bau mulut pada kucing. 


7. Periksakan ke dokter hewan


Jika bau mulut kucing sudah parah disertai dengan adanya pembengkakan pada mulut dan gigi kucing, segeralah bawa kucing ke dokter hewan. Terkadang bau mulut kucing bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang lebih serius seperti diabetes, penyakit ginjal, tumor, atau masalah hati.


Dokter hewan akan melakukan tindakan dan memberikan obat yang tepat untuk menyembuhkan masalah kesehatan pada kucing. 


Jangan sekali-kali mencoba untuk mengobatinya sendiri jika kondisi bau mulut kucing sudah sangat parah. Hal ini bisa menyebabkan kondisi kesehatan kucing menurun, bahkan menimbulkan munculnya penyakit lain dan memperparah kondisinya.



(Baca Juga: Gemas! Ini Brand Fashion Untuk Anjing Kesayangan Kamu)


Itu dia beberapa cara menghilangkan bau mulut kucing yang bisa kamu lakukan agar si anak bulu kamu jadi lebih sehat dan terbebas dari bau mulut. 




(Penulis: Calvin)


Life & health