Hair & beauty

Balayage Ash Brown, Teknik Pewarnaan Rambut yang Populer!

By : Her World Indonesia - 2023-12-25 15:00:01 Balayage Ash Brown, Teknik Pewarnaan Rambut yang Populer!

Balayage ash brown adalah warna rambut yang menggunakan warna dasar cokelat tua (brown) dengan highlight abu-abu (ash). Dengan teknik balayage, warna rambut ini terlihat lebih menyatu dan natural. Hasilnya tentu berbeda dengan pewarnaan menggunakan teknik highlight maupun ombre. Berikut beberapa gaya rambut balayage dan perbedaannya dengan highlight dan ombre yang perlu kamu ketahui. Simak!


Apa Itu Balayage?

Balayage diambil dari Bahasa Prancis yang artinya “menyapukan warna”. Teknik pewarnaan rambut ini memadukan dua warna atau lebih yang akan disapukan (dilukis tangan) pada rambut dengan kuas secara vertikal.


Teknik pewarnaan rambut balayage akan menghasilkan warna rambut yang lebih halus, menyatu, dan tampak natural. Biasanya teknik pewarnaan rambut ini dilakukan pada seperempat bagian bawah rambut. Pada bagian bawah rambut luar diwarnai dengan warna lebih gelap sehingga menciptakan gradasi warna yang lebih lembut.


Gaya Rambut Balayage Ash Brown

Buat kamu yang ingin tampilan lebih fresh, mungkin bisa mencoba balayage coklat abu ini. Warna rambut ash brown menggunakan warna cokelat tetapi sangat dipengaruhi warna abu-abu, sehingga menghasilkan warna yang lebih sejuk. Ash brown bisa dikatakan sebagai warna rambut pirang abu yang lebih gelap. Berikut beberapa gaya rambut yang bisa dicoba.


1. Balayage ash brown untuk rambut hitam


Hitam merupakan warna rambut yang paling umum bagi orang Indonesia. Buat kamu yang memiliki rambut gelap seperti ini juga bisa coba balayage dengan warna ash brown atau pirang abu. Dimulai dengan mengaplikasikan warna terang atau pirang pada bagian ujung. Kemudian, menambahkan warna coklat tua dan abu-abu untuk mendapatkan warna coklat pucat. Balayage ash brown pada rambut hitam menciptakan kontras yang menakjubkan.


2. Balayage ash brown untuk rambut pendek


Balayage ini juga dapat dipadukan dengan gaya rambut pendek dan bob lurus. Memberikan tampilan yang memukau dan efek multidimensi. Warna yang lebih sejuk pada bagian ujung menambahkan kesan segar dan lebih muda.


3. Balayage ash brown rambut sebahu


Gaya rambut sebahu yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek juga bagus dengan warna ash brown. Teknik balayage untuk rambut sebahu ini perlu perhatian ekstra agar dapat menghasilkan tatanan rambut yang lebih longgar dan tampak bergelombang.


4. Balayage ash brown dengan cokelat gelap


Cokelat gelap merupakan warna rambut alami yang banyak dimiliki wanita Asia. Pewarnaan balayage pada rambut cokelat gelap ini dapat dimulai dengan memberi warna putih pada ujung rambut. Kemudian dilukis tangan dengan warna ash brown atau cokelat ke-abuan di seperempat ujung bawah rambut. Hasilnya, rambut balayage yang unik dengan warna smokey yang sejuk.


5. Balayage ash brown untuk rambut keriting


Buat kamu yang menyukai tampilan berani, mungkin tertarik dengan gaya rambut yang satu ini. Rambut ikal yang diwarnai dengan teknik balayage cokelat abu-abu. Warna ash brown yang diaplikasikan pada ujung-ujung rambutnya memberikan tampilan yang cukup menonjol dan terlihat lebih rapat.


(Baca Juga: 5 Cara Merawat Rambut Mengembang dan Rekomendasi Produknya)


Perbedaan Balayage dan Highlight serta Ombre


Meski mirip, namun ada perbedaan antara balayage, highlight, dan ombre. Pada teknik pewarnaan rambut highlight memiliki garis-garis warna yang cenderung tegas sehingga hasilnya sangat jelas terlihat. Sedangkan balayage memberikan warna hanya pada rambut terpilih dan tidak terlalu terang.

Hasil pewarnaan dengan teknik pewarnaan balayage juga sangat berbeda dengan teknik pewarnaan ombre. Teknik pewarnaan ombre menggunakan pewarnaan yang cenderung lebih terang dari warna rambut asli, terutama pada bagian ujung rambut, sedangkan balayage menyapukan warna lebih gelap sehingga perbedaan warnanya tidak terlalu kontras.


(Teknik pewarnaan rambut balayage. Foto: Dok. illushk/Pexels)

Proses Pewarnaan dengan Balayage


Proses pewarnaan rambut bisa memakan waktu 2 hingga 6 jam, tergantung dari panjang rambut. Berikut langkah-langkah hair coloring dengan teknik pewarnaan balayage warna ash brown, antara lain:

1. Memilah dan memisahkan jalinan rambut yang akan diaplikasikan dengan pewarna rambut

2. Melapisi jalinan rambut dengan foil

3. Melukis warna pada jalinan rambut dan didiamkan sekitar 40 hingga 60 menit

4. Bilas rambut dan dilanjutkan dengan proses toning

5. Bilas rambut menggunakan purple shampoo

6. Rambut diblow sekitar 30 menit

7. Selesai


Mengapa Balayage Sangat Populer?


Banyak orang menyukai rambut yang diwarnai dengan teknik pewarnaan balayage, mulai dari kalangan masyarakat biasa hingga para artis dan selebritis. Ada beberapa keunggulan balayage yang menyebabkan gaya rambut ini sangat populer, antara lain:

1. Low maintenance


Dibandingkan dengan teknik pewarnaan lainnya, teknik pewarnaan balayage dinilai memiliki perawatan yang lebih mudah. Teknik balayage hanya membutuhkan 2 kali retouch dalam setahun, sedangkan pewarnaan lain bisa 3-4 retouch. Pewarnaan dengan balayage juga tidak sampai ke bagian akar rambut sehingga lebih hemat biaya. Namun, perawatan dengan purple shampoo sangat dianjurkan terutama di awal-awal setelah diwarnai dengan balayage.


2. Mudah disesuaikan dengan warna rambut alami


Teknik pewarnaan rambut ini dapat disesuaikan dengan warna rambut alami, seperti warna hitam sekalipun. Teknik pewarnaan balayage juga dapat diaplikasikan untuk berbagai model rambut, mulai dari rambut pendek, rambut panjang, rambut lurus, maupun rambut keriting. Balayage dengan warna ash brown ini juga cocok untuk rambut cokelat gelap dan hitam. Biasanya hair colorist akan membantu memilihkan warna yang cocok dengan warna rambut aslinya.

3. Hasil akhir natural


Balayage memberikan hasil pewarnaan rambut yang terlihat natural sehingga banyak diminati. Buat pemula yang masih ragu-ragu mewarnai rambut, mungkin bisa coba rambut teknik pewarnaan rambut balayage ini. Jika kamu tidak menyukai warna yang terlalu terang, ash brown bisa jadi pilihannya. Alternatif warna lain mungkin akan disarankan oleh hair colorist untuk mendapatkan rambut balayage terbaik.


(Baca Juga: Rambut Patah dan Rontok? Ini 10 Tips Merawatnya!)


Itulah pembahasan mengenai balayage ash brown, contoh gaya rambut, perbedaan dengan ombre dan highlight, serta keunggulannya. Tertarik untuk mencoba rambut balayage?




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty