Hair & beauty

Rambut Patah dan Rontok? Ini 10 Tips Merawatnya!

By : Her World Indonesia - 2023-12-04 14:00:01 Rambut Patah dan Rontok? Ini 10 Tips Merawatnya!

Kerontokan rambut setiap hari sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi, yang termasuk ke dalam siklus pertumbuhan rambut. Rambut yang rontok umumnya akan digantikan dengan rambut baru yang lebih sehat. Jumlah rambut rontok yang normal setiap harinya sekitar 100 helai rambut per hari. Namun, jika jumlah kerontokan rambut lebih dari itu, artinya kamu mengalami kerontokan rambut parah. Kondisi rambut patah dan rontok seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai hingga mungkin melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak rambut. 

Buat kamu yang mungkin sedang mengalami masalah rambut serupa, berikut ini beberapa tips merawat rambut patah dan rontok yang bisa kamu coba di rumah. Simak!


1. Pakai produk perawatan rambut khusus rambut rontok


Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut patah dan rontok yaitu dengan mengganti produk perawatan rambut kamu saat ini dengan produk haircare khusus rambut rontok. Pasalnya, produk haircare seperti ini memang diformulasikan khusus untuk mengatasi kerontokan rambut, sekaligus menutrisi dan menguatkan akar hingga ujung rambut. Biasanya, produk haircare dengan kandungan calcium complex dan natural oil sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok dan memperkuatnya agar tidak mudah patah dan rambut. 


2. Terlalu sering atau bahkan jarang keramas


Tidak atau jarang keramas tentu dapat menyebabkan rambut rusak. Tetapi, terlalu sering keramas ternyata juga bisa memberikan efek negatif yang sama pada rambut. Dengan kata lain, tidak atau jarang keramas dan terlalu sering keramas keduanya bisa sama-sama menyebabkan rambut rusak. Karena alasan itu, kamu dianjurkan untuk rutin keramas dua hari sekali menggunakan shampo dan kondisioner khusus rambut rontok serta dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan kekuatan rambut. Perhatikan juga cara keramas yang baik untuk mendukung kesehatan dan keindahan rambut!


(Baca Juga: Keramas Yang Baik, Perhatikan Tips Berikut Ini!)


3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk handuk


(Tips merawat rambut patah dan rontok. Photo by Freepik)


Jika kamu mengira mengeringkan rambut dengan menggosok-gosoknya adalah cara cepat untuk membuatnya cepat kering, kamu salah! Sebaliknya, kebiasaan ini justru bisa membuat rambut mudah patah dan rontok. Gerakan menggosok-gosok rambut seperti itu bisa membuat rambut tertarik yang berujung pada kerontokan. Cara mengeringkan rambut yang benar yaitu dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Alih-alih menggosok-gosok rambut, sebaliknya peras dan tekan-tekan rambut secara lembut menggunakan handuk untuk membantu mengeringkannya. Hindari memeras dan menggosok rambut terlalu keras, karena gesekan berlebihan dapat merusak kutikula rambut dan menyebabkan kerusakan. Untuk rambut patah dan rontok parah, hindari mengeringkan rambut dengan bantuan hair dryer atau alat pengering apapun, biarkan mengering secara alami. Panas yang dihasilkan dari alat pengering rambut berpotensi membuat rambut semakin kering dan rapuh.


4. Tambahkan produk perawatan lain


Selain keramas dengan produk perawatan rambut khusus rambut rontok dan menerapkan cara keramas yang baik, kamu juga bisa mengatasi kerontokan dengan menambahkan penggunakan produk haircare lainnya, seperti vitamin, serum, atau tonik, ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu. Produk-produk perawatan rambut tersebut biasanya memiliki kandungan tertentu yang efektif membantu mengatasi kerontokan, menutrisi rambut, dan menguatkan rambut. 


5. Menggunakan masker rambut


Menggunakan masker rambut secara rutin juga bisa membantu mengatasi kerontokan rambut. Pilih deep conditioning hair mask yang mengandung coconut oil atau argan oil yang bermanfaat untuk menutrisi dan menguatkan rambut—bisa mencegah rambut patah dan rontok. Kandungan natural oil pada masker rambut juga  bagus untuk mengembalikan kesehatan dan keindahan rambut, serta membuatnya tampak lebat berkilau. 


6. Hindari keramas dengan air panas


Keramas menggunakan air panas atau air hangat sangat tidak dianjurkan, karena bisa membuat rambut rusak. Hal itu karena, air hangat atau air panas akan mengeringkan kulit kepala, melemahkan akan rambut, dan membuat folikel rambut menjadi rapuh. Itulah yang bisa menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Kamu lebih disarankan keramas menggunakan air dingin (tapi jangan terlalu dingin) hingga bersih. Air dingin dapat membantu menutup kutikula rambut, membuat rambut tampak lebih berkilau, dan mengunci kelembapan. Itu juga dapat membantu mengontrol produksi minyak alami kulit kepala dan memberikan efek menyegarkan. 


7. Hindari mengikat rambut terlalu kencang


Mengikat rambut memang kerap menjadi solusi utama saat hawa panas menyerang atau saat rambut berantakan dan sulit diatur. Namun, perhatikan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang karena dapat menyebabkan rambut patah dan rontok. Mengikat rambut terlalu kencang, terlebih dalam waktu yang lama, dapat merusak folikel rambut yang bisa membuatnya menjadi rapuh dan mudah rontok. Tetapi, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan mengikat rambut, ya. Hanya saja, cobalah untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang. 


8. Trimming rambut secara rutin


(Tips merawat rambut patah dan rontok. Photo by Freepik)


Faktanya, rambut yang terlalu panjang akan lebih mudah mengalami kerontokan. Maka dari itu, trimming rambut mungkin diperlukan untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Itu akan membuat tampilan rambut menjadi lebih baik dan fuller


9. Cukupi asupan nutrisi rambut


Bukan hanya memaksimalkan perawatan rambut dari luar untuk mengatasi rambut rontok, kamu juga perlu memperhatikan perawatan dari dalam. Memenuhi asupan vitamin B, khususnya biotin dan asam folat adalah nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut. Biotin dapat membantu menguatkan rambut dan asam folat yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Beberapa makanan tinggi vitamin B seperti bayam, telur, kacang-kacangan, biji-bijan utuh, dan alpukat. 


10. Gunakan pelindung rambut yang tepat


Paparan sinar matahari pada rambut dapat menyebabkan produksi keringat di kulit kepala meningkat. Keringat yang bercampur dengan keratin dapat memengaruhi kesehatan rambut. Hal itu dapat menyebabkan rambut lebih rapuh dan mudah patah atau rontok. Oleh karena itu, selalu gunakan pelindung kepala seperti topi untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada rambut. Jika kamu menggunakan hijab, pilihlah bahan hijab yang mampu mudah menyerap keringat dengan baik untuk mencegah rambut terlalu lembap—bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. 


(Baca Juga: Cara Pakai Minyak Kemiri untuk Rambut, Beserta Manfaatnya!)


Itulah 10 tips merawat ambut patah dan rontok yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty