Life & health

Jam Makan Untuk Diet yang Tepat Supaya Berat Badan Turun

By : Her World Indonesia - 2023-12-27 18:00:01 Jam Makan Untuk Diet yang Tepat Supaya Berat Badan Turun

Tidak hanya mengontrol menu, kalori, dan nutrisi yang ada pada makanan, hal wajib lainnya yang harus diperhatikan ketika ingin menurunkan berat badan yaitu aturan jam makan untuk diet. Aturan jam makan untuk diet ini terdiri dari aturan jam sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan di sela-sela waktu makan. Mengikuti aturan jam makan untuk diet ini akan membantu kamu mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat. Berikut ini panduan jam makan untuk diet yang perlu kamu ketahui. Simak!


1. Sarapan pukul 06.00 - 09.45 pagi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi sarapan tinggi protein pada pukul 06.00- 09.45 pagi merupakan cara paling ampuh dalam mencegah penumpukan lemak. Sarapan di waktu ini juga dapat mencegah munculnya rasa lapar palsu yang mungkin terjadi sebelum waktu makan siang. 


Sarapan sangatlah penting untuk mendukung program diet sebab di pagi hari terjadi peningkatan kortisol yang bisa merangsang metabolisme tubuh. Namun perlu diingat untuk tidak langsung sarapan sesaat setelah bangun tidur, karena kadar melatonin yang masih tinggi bisa merangsang penimbunan lemak. Makanya, para ahli menyarankan untuk sarapan setidaknya satu jam setelah bangun tidur di pagi hari. Itu merupakan jam makan untuk diet di pagi hari yang paling baik. Hindari untuk menunggu sarapan pukul jam 10 pagi bahkan lebih. Selain bisa menggagalkan program diet, sarapan setelah jam 10 pagi atau bahkan lebih dinilai tidak sehat. Hindari juga untuk melewatkan sarapan, yang justru bisa meningkatkan rasa lapar atau ingin makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. 


2. Camilan pagi setelah sarapan


(Jam makan untuk diet. Foto: Racool_Studio on Freepik)


Jika kamu merasa lapar beberapa jam setelah sarapan dan belum memasuki waktu makan siang, kamu bisa mengatasi rasa lapar tersebut dengan mengonsumsi camilan sehat. Pilihlah camilan yang tidak akan menyebabkan penumpukan lemak, misalnya buah-buahan. 


3. Makan siang pukul 11-12 siang

Berdasarkan laman Northwestern Medicine, jam makan untuk diet di siang hari yang tepat yaitu antara pukul 11-12 siang. Jika terpaksa kamu harus melewatkan waktu makan siang tersebut, tenang saja, karena waktu terbaik untuk makan siang saat diet sampai pukul 2 siang. 


(Baca Juga: 4 Buah yang Harus Dihindari Saat Diet. Cari Tahu, Yuk!)


4. Camilan sore

Sama halnya dengan camilan pagi, camilan di sore hari juga dapat membantumu untuk mengatasi rasa lapar di sore hari sebelum memasuki waktu makan malam. Pilihlah menu camilan sehat dan mengandung serat tinggi yang bisa memberi rasa kenyang tanpa menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan secara signifikan. Contoh camilan sehat yang bisa kamu konsumsi seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Kamu juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak atau teh, susu kedelai dan kopi tanpa gula.


5. Makan malam sebelum pukul 7 malam


(Jam makan untuk diet. Foto: Senivpetro on Freepik)


Saatnya makan malam! Jam makan untuk diet di malam hari yang dianjurkan yakni antara pukul 4-5 sore. Meskipun tampak tidak biasa, nyatanya jam makan malam ini cukup mempengaruhi program dietmu. Namun, kamu tetap bisa makan malam sampai tempat sebelum pukul 7 malam, ya. Jika lapar di malam hari, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi camilan sehat. Namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya di waktu-waktu mendekati waktu istirahat, yang justru bisa mengganggu kualitas dan kuantitas tidur malammu. Kurang tidur juga bisa memengaruhi berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. 


(Baca Juga: 5 Tanda Ketidakseimbangan Hormon, Simak Yuk!


Itulah tadi aturan jam makan untuk diet yang perlu diperhatikan bagi kamu yang sedang melakukan program diet, mulai dari sarapan sampai makan malam. Mengikuti aturan jam makan untuk diet sangat penting untuk membantu kamu  mendapatkan berat badan ideal dan sehat. Satu lagi kunci keberhasilan program diet yaitu konsisten dan olahraga secara teratur. 




(Penulis: Calvin)

Life & health