Life & health

5 Manfaat Jus Jambu Merah yang Perlu Kamu Ketahui

By : Her World Indonesia - 2023-11-28 19:00:02 5 Manfaat Jus Jambu Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Jambu merah sudah sejak lama diyakini memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh manusia. Oleh sebab itu, buah ini banyak diolah menjadi jus, selai, dan bahkan daunnya pun diolah menjadi obat herbal. Lantas, apa saja manfaat jus jambu merah? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


(Baca Juga: 12 Rekomendasi Jus Kekinian Untuk Jaga Imunitas Tubuh)


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, jambu merah yang sudah diolah menjadi jus dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari patogen umum. Selain mengandung vitamin C, buah jambu merah juga memiliki kandungan zat besi. Jika kamu terkena flu, jus buah jambu merah dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan lendir akibat penyakit ini.



(Salah satu manfaat jus jambu merah adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Foto: abdul sameer/Pexels)

2. Melawan radikal bebas

Dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan, jus jambu merah dapat menjadi minuman penangkal radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel yang ada pada tubuh kamu. Selain itu, radikal bebas ini merupakan molekul berbahaya yang dapat memicu penyakit jantung dan kanker. Di sisi lain, hasil dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun jambu merah juga dapat menangkal radikal bebas. Bahkan, ekstrak daun jambu merah dapat menghentikan perkembangan sel kanker.


3. Menjaga kadar gula darah

Kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, jus jambu merah dapat menjadi minuman penghambat diabetes. Indeks glikemik yang rendah ini menandakan jambu merah melepaskan glukosa secara perlahan sehingga tidak mengakibatkan kadar gula darah naik secara drastis. 


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Jus Untuk Mencerahkan Kulit)


4. Melancarkan saluran pencernaan

Jambu merah menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk saluran pencernaan kamu. Kandungan serat yang tinggi ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus kamu. Faktanya, satu buah jambu merah setara dengan 12 persen asupan serat harian yang kamu butuhkan.



(Jus jambu merah membantu melancarkan pencernaan. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

5. Menjaga kesehatan mata

Selain mengandung vitamin C, buah jambu merah juga memiliki vitamin A. Vitamin A sendiri berguna untuk menunjang fungsi kornea yang merupakan lapisan depan mata dengan warna bening. Oleh sebab itu, jus jambu merah dapat membantu meningkatkan penglihatan kamu. 


(Baca Juga: Jus Detox, Ini 8 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan)


Perlu kamu perhatikan juga untuk tidak menambahkan gula ke dalam jus jambu merah agar nutrisinya tidak hilang. Selain itu, ketika membuat jus jambu merah, kamu tidak perlu menyaringnya karena seratnya juga berguna untuk tubuh kamu.


(Penulis: Romy Boy)

Life & health