Jus Detox, Ini 8 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan


  • Jus Detox, Ini 8 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan
    Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Dok. grafvision/iStock)

    Tomat sudah lama menjadi buah yang diyakini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, tomat juga bisa kita olah menjadi jus yang menyegarkan. Meskipun memiliki warna merah, oranye, kuning, hingga hijau, tomat yang sering dijadikan jus adalah tomat yang berwarna merah matang agar nutrisinya masih terjaga dan tidak asam.


    (Baca Juga: Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan yang Patut Diketahui)




    Jus tomat sendiri mengandung nutrisi yang melimpah untuk tubuh, mulai dari kalium hingga magnesium. Satu gelas atau 240ml jus tomat murni mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

    • Protein 2 gram

    • Serat 2 gram

    • Kalori 41 kkal

    • Vitamin B1 8%

    • Vitamin B3 8%

    • Vitamin B6 13%

    • Vitamin B9 12%

    • Vitamin A 22%

    • Vitamin C 75%

    • Vitamin K 7%

    • Kalium 16%

    • Mangan 9%

    • Magnesium 7%


    Tak hanya itu, jus tomat juga memiliki kandungan natrium, fosfor, riboflavin, vitamin E, dan likopen yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, apa sebenarnya manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh? Yuk, kita simak berikut ini!


    Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan


    1. Melindungi kesehatan mata

    manfaat jus tomat

    (Jus tomat melindungi kesehatan mata kita. Foto: Dok. Laikwunfai/iStock)


    Jus tomat berfungsi untuk melindungi kesehatan penglihatan mata karena memiliki kadar lutein yang tinggi. Vitamin A dalam jus tomat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif di pusat retina. Hal ini akan menjaga kesehatan dan mampu menjaga kemampuan melihat mata seiring bertambahnya usia serta memperlambat risiko timbulnya katarak. 


    2. Mendetoks tubuh

    Beta karoten dan sulfur yang terkandung dalam jus tomat berfungsi untuk membersihkan ginjal dan hati, serta mempercepat proses detoks dan meningkatkan buang air kecil sehingga kita tidak kelebihan garam dan lemak dalam tubuh. 


    3. Melawan obesitas

    manfaat jus tomat

    (Jus tomat baik untuk melawan obesitas. Foto: Dok. Ahmad Darmansyah/iStock)


    Jus tomat mengandung kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Meminum jus tomat juga merangsang pelepasan leptin yang membuat kita merasa kenyang sehingga mencegah kita mengonsumsi makanan berlebihan. Maka dari itu, jus tomat bagus untuk yang sedang menjalankan diet. Jus tomat juga ampuh dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang berkaitan erat dengan obesitas. Tak hanya itu, kandungan likopen dalam jus tomat dapat membantu metabolisme tubuh. 


    4. Menurunkan kolestrol

    Jus tomat mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolestrol negatif (LDL) sehingga meningkatkan kebersihan di arteri dan meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin B dalam jus tomat juga mengoptimalkan kesehatan jantung serta memperkuat dinding pembuluh darah. 


    5. Meningkatkan kesehatan kulit

    manfaat jus tomat

    (Kesehatan kulit wajah dapat terjaga dengan meminum jus tomat. Foto: Dok. kitthanes/iStock)


    Selain untuk kesehatan tubuh, jus tomat juga memiliki berbagai manfaat baik untuk kecantikan kulit. Jus tomat dipercaya dapat mengobati dan mencegah jerawat, mencegah perubahan warna kulit, memperkecil pori-pori yang terbuka, dan mengatur produksi sebum pada kulit wajah berminyak. 


    6. Memiliki potensi antikanker

    Jus tomat memiliki kandungan likopen yang memberikan efek kemopreventif, terutama pada penyakit kanker prostat. Kemopreventif adalah upaya untuk mencegah, menunda, maupun melawan perkembangan sel kanker dengan bahan alami. Meminum jus tomat juga memberikan perlindungan pada kanker paru-paru karena kandungan karotenoid di dalamnya. Selain itu, jus tomat juga dipercaya dapat melawan kanker payudara. 


    7. Meningkatkan kesehatan jantung

    manfaat jus tomat

    (Jus tomat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Foto: Dok. Togetherless/iStock)


    Jus tomat dapat menetralkan homocysteine yang dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu fungsi jantung. Selain itu, fitonutrien dalam jus tomat terbukti ampuh mencegah pembekuan darah, menurunkan risiko serangan jantung atau stroke, serta meningkatkan kesehatan tubuh. 


    8. Memperkuat kesehatan tulang

    Jus tomat mengandung potasium, zat besi, magnesium, dan kalsium yang ampuh meningkatkan kesehatan tulang dan kepadatan mineral tulang. Bagi orang yang sudah lanjut usia atau yang kekurangan mineral, meminum jus tomat setiap hari dapat mencegah risiko mengalami osteoporosis. 


    (Baca Juga: Manfaat Jus Kale Bagi Kesehatan Tubuh)


    Jus tomat sebaiknya diminum ketika perut masih kosong, sekitar 30 hingga 60 menit sebelum mengonsumsi makanan, agar nutrisi dalam buah tomat untuk kesehatan bisa diserap dan menyebar ke sistem peredaran darah dalam tubuh dengan sempurna. Ada beberapa risiko mengonsumsi jus tomat, khususnya bagi penderita GERD karena jus tomat dapat terasa cukup asam, sehingga ketahui dulu manfaat dan risiko yang ada sebelum mengonsumsi jus tomat sehari-hari. 


    Itu dia manfaat jus tomat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!


    (Penyulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below