Life & health

Wajib Tahu! 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

By : Her World Indonesia - 2023-11-27 18:00:03 Wajib Tahu! 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Kolesterol ternyata tidak selalu buruk, loh, untuk tubuh manusia. Akan tetapi, kolesterol yang tinggi justru akan mendatangkan penyakit. Oleh sebab itu, terdapat beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi guna menurunkan kolesterol dan menjaganya tetap dalam kadar normal. Lantas, apa saja makanan yang bisa menurunkan kolesterol? Yuk, dicek!


(Baca Juga: 19 Ciri Kolesterol Tinggi Dan Cara Menurunkannya Kembali)


1. Kacang-kacangan


(Kacang-kacangan. Foto: Dok. Kafeel Ahmed/Pexels)

Kacang-kacangan dapat menjadi pilihan makanan untuk menurunkan kolesterol karena mimiliki kandungan fitosterol yang mampu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Kamu dapat mencoba mengonsumsi almond, kacang mete dan kenari. Selain kacang-kacangan, fitosterol juga terkandung dalam sayur-sayuran, seperti wortel, brokoli, kembang kol, dan buah-buahan, seperti markisa, alpukat, dan jeruk.


2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi brokoli, kangkung, dan bayam. Sayuran hijau mempunyai kemampuan untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga dapat mencegah bercampurnya darah dengan kolesterol.


3. Beras merah


(Beras merah. Foto: Dok. ?ukasz Rawa/Unsplash)

Selain kacang-kacangan dan sayuran hijau, kamu juga dapat mengonsumsi beras untuk menurunkan kolesterol. Beras merah mengandung magnesium, vitamin B, selenium, dan fitonutrien yang dapat menjadi kandungan untuk menunurunkan lemak dalam darah. Di sisi lain, beras merah juga tinggi serat yang berguna untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil.


(Baca Juga: Biang Kolesterol, Ini 7 Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat)


4. Ikan tuna

Ikan berlemak seperti ikan tuna dapat menjadi pilihan makanan lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Ikan tuna sendiri mengandung omega 3 yang baik untuk menurunkan kolesterol. Selain menurunkan kadar kolesterol, ikan tuna juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah kamu.


5. Mentimun


(Mentimun. Foto: Dok. Matthias Zomer/Pexels)

Berdasarkan beberapa penelitian, mentimun dipercaya sebagai makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Mentimun memiliki kandungan sterol yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Di sisi lain, mentimun juga memiliki kandungan kalium, magnesium, dan serat yang sangat bagus untuk mengontrol tekanan darah kamu. 


(Baca Juga: 7 Buah Penurun Kolesterol Yang Perlu Kamu Tahu)


Nah, itu dia beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh kamu. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu!


(Penulis: Romy Boy)

Life & health