Biang Kolesterol, Ini 7 Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat


  • Biang Kolesterol, Ini 7 Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat
    Makanan yang menganduk lemak jahat untuk dihindari. (Foto: Dok. bymuratdeniz/iStock)

    Makanan yang mengandung lemak memang sudah dikenal sebagai makanan yang menjadi sumber bagi berbagai macam penyakit, mulai sakit jantung, kolesterol tinggi, hingga obesitas. Lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jahat dan lemak baik. Lemak jahat perlu dihindari karena berdampak buruk bagi kesehatan. Lemak jahat adalah lemak jenuh dan lemak trans. Biasanya, kedua jenis lemak tersebut didapatkan dari makanan yang digoreng. Sumber lemak jahat pada umumnya bisa bersumber dari mentega, margarin, dan lemak hewan yang akan membeku atau mengeras pada suhu ruangan.


    (Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Lemak Perut Yang Harus Kamu Tahu!)




    Lemak jahat bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, peradangan, serta mempengaruhi kondisi psikologis seseorang yang mengonsumsinya. Sebelum mengetahui apa saja makanan dengan kandungan lemak jahat yang harus dihindari, ada baiknya jika kita menyimak terlebih dahulu berbagai dampak buruk pada tubuh yang bisa disebabkan oleh lemak jahat.


    1. Kolesterol tinggi


    LDL atau kolesterol jahat, lemak yang berbentuk seperti lilin, berasal dari hidangan yang mengandung lemak hewani, seperti kulit ayam, produk susu kental manis, dan minyak kelapa. Mengonsumsi gorengan dan makanan cepat saji bisa membuat asupan lemak sehari kita jauh lebih tinggi dari pada batas anjurannya. Jika konsumsi lemak jenuh tinggi dan lemah tidak jenuh rendah, tingkat kolestrol dalam tubuh juga akan meningkat. 


    2. Peradangan


    Lemak jenuh juga dikaitkan dengan risiko kesehatan lainnya, seperti mendorong terjadinya peradangan dengan meniru perilaku racun bakteri yang disebut sebagai lipopolisakarida. Racun bakteri ini memiliki perilaku imunostimulan yang kuat sehingga dapat menyebabkan peradangan. 


    3. Penyempitan pembuluh darah


    Kolesterol tinggi akan menyebabkan terbentuknya plak dalam pembuluh darah. Hal ini dapat berdampak pada penyempitan pembuluh darah di jantung sehingga berisiko terjadinya gangguan otot jantung yang dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung. 


    4. Kondisi psikologis menjadi buruk


    Beberapa penelitian telah memaparkan bahwa lemak jenuh memiliki dampak buruk yang mengarah pada kesehatan psikologis seseorang, seperti kondisi mental, metabolisme, dan nafsu makan. 


    makanan yang mengandung lemak

    (Makanan yang mengandung lemak jahat berbahaya bagi tubuh. Foto: Dok. a_namenko/iStock)


    Untuk mencegah diri kita dari berbagai penyakit yang berbahaya akibat lemak-lemak jahat dalam tubuh, berikut adalah makanan yang menganduk lemak jahat untuk dihindari. 


    1. Pizza


    Pizza adalah sumber lemak jahat yang harus selalu kita waspadai. Meskipun rasanya enak bagi sebagian besar orang, justru sumber lemak jahat pada makanan khas Italia ini terletak pada topping-nya. Beragam topping pizza seperti pepperoni, keju, daging cincang, hingga sosis adalah makanan sudah dikenal dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuhnya yang tinggi. 


    2. Martabak manis


    Membuat martabak pasti tidak bisa lepas dengan penggunaan margarin dalam jumlah yang sangat banyak. Margarin sendiri adalah salah satu sumber lemak trans yang paling umum. Pengolesan margarin yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung ini membuat martabak manis sebagai makanan yang mengandung lemak jahat yang tinggi. 


    3. Donat


    Donat digoreng dengan menggunakan margarin dan minyak dalam jumlah yang banyak. Hal ini menjadi alasan kenapa donat menjadi makanan yang mengandung lemak jahat. Tak hanya itu, topping donat yang beragam dari gula hingga cokelat juga menyumbang kandungan lemak jahatnya secara keseluruhan. 


    4. Ayam goreng cepat saji


    Sudah familiar dengan yang ini? Betul, ayam goreng cepat saji menjadi salah satu makanan yang mengandung lemak jahat dan kolesterol paling tinggi. Daging ayam memang makanan yang sehat, namun cara masak seperti inilah yang menjadikan hidangan ayam ini menjadi tidak baik untuk kesehatan, terlebih ketika kulitnya tidak dibuang dan menggunakan bumbu-bumbu yang tinggi garam. 


    5. Kentang goreng


    Kentang rebus dan kentang kukus menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik, namun jika digoreng, kentang bisa berubah menjadi sumber lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan. Bumbu kentang seperti garam, perasa, hingga saus juga menjadi sumber lemak tambahan bagi kentang goreng. 


    6. Gorengan


    Gorengan yang marak dijual seperti tahu, bakwan, tempe, risol, hingga singkong menjadi sumber protein dan karbohidrat, serta lemak jahat yang buruk untuk kesehatan. Minyak sawit yang digunakan sebagai bahan minyak goreng sendiri adalah sumber dari lemak trans.


    7. Daging olahan


    Daging olahan bisa berupa sosis, bakso, hingga nugget. Biasanya, daging olahan bisa ditemukan di berbagai toko swalayan dan pasar. Daging olahan mengandung daging dari bagian hewan yang memiliki kandungan lemak tinggi dan kandungan garam, gula, serta bahan kimia yang tinggi dan berbahaya bagi tubuh untuk jangka panjang. 


    (Baca Juga: Aman! Ini 5 Makanan Tinggi Lemak Yang Baik Untuk Kesehatan)


    Itulah makanan yang mengandung lemak jahat yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat dan kolesterol dapat dicegah. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below