Fashion

Balai Lelang Christie's Meluncurkan Koleksi Jam Tangan OAK

By : Her World Indonesia - 2023-11-09 12:00:02 Balai Lelang Christie's Meluncurkan Koleksi Jam Tangan OAK

Balai lelang Christie’s dengan bangga mempersembahkan OAK Collection (singkatan dari One-of-A-Kind), sebuah koleksi yang terdiri lebih dari 500 buah jam tangan yang dikumpulkan oleh seorang kolektor asal Eropa. Koleksi ini termasuk edisi vintage dari abad ke-20 dan merupakan jam jenis kontemporer, yang mana sebagian besar hanya dibuat sebanyak satu buah atau dibuat berdasarkan pesanan khusus.


(Baca Juga: Ternyata Begini Tips Memilih Jam Tangan Wanita!)


Koleksi istimewa berbagai jam tangan ini berasal dari berbagai merek premium bergengsi, antara lain, Patek Philippe, Audemars Piguet, Breguet, sampai pembuat jam tangan independen terdepan, seperti Akrivia dan Voutilainen.


Koleksi ini dikurasi berdasarkan tiga kriteria; kondisi keaslian dan kemurnian produk, kelangkaan, dan keistimewaan dari asal koleksi ini mengukuhkan status jam tangan ini sebagai koleksi yang paling bergengsi di dunia. Koleksi ini memiliki keunggulan tambahan karena merupakan jam tangan pribadi pertama yang dipamerkan di Museum Seni terpandang — suatu kehormatan yang diberikan oleh Design Museum di London pada Mei 2022 lalu.



(Audemars Piguet, arloji perpetual calendar dari emas 18 karat yang langka dengan penunjuk tahun kabisat dan fase bulan. Ref. 5516 (Perkiraan: HK$6.500.000 — atau sekitar Rp13.000.000). Foto: Dok. Christie’s)

(Baca Juga: 5 Jam Tangan Cantik untuk Dikenakan Pengantin Wanita)


Alexandre Bigler, Senior Vice President and Head of Watches, Christie’s Asia Pacific mengatakan, “Kami merasa terhormat sekaligus bersemangat untuk terus menciptakan tonggak sejarah kami sejak awal tahun, melanjutkan warisan kesuksesan kami dengan mempersembahkan koleksi pilihan yang langka dan komprehensif dari beberapa nama terhebat dalam industri horologi - termasuk di dalamnya adalah Patek Philippe, Breguet, dan Audemars Piguet, dan juga pembuat jam independen yang bereputasi baik seperti Akrivia dan Voutilainen. Keragaman dan kelangkaan OAK Collection yang mengikuti kualitas terbaik, asal dan kondisi jam tangan dalam daftar ini, menjadi sebuah penghormatan atas Haute Horlogerie, menandakan sebuah perjalanan waktu yang bermakna.”



(Patek Philippe, arloji kronograf split seconds dari emas 18 karat yang menarik dan langka dengan dial berwarna hitam. Ref. 1436, dibuat pada 1950. (Perkiraan: HK$4,000,000 — atau sekitar Rp8,000,000). Foto: Dok. Christie’s)

Lebih lanjut, Alexandre Bigler mengatakan bahwa adanya kenaikan permintaan jam tangan di kawasan Asia Pasifik menjadi salah satu latar belakang dihadirkannya 142 buah koleksi vintage ini. 


Pada 26 November 2023 mendatang di Pusat Pameran dan Konvensi Hong Kong, Christie’s akan memamerkan bagian pertama dari koleksi ini yang merupakan karya seni horologi bergengsi. Banyak dari koleksi ini yang tersimpan dan dirawat secara cermat, lengkap dengan kertas dan kotaknya untuk setiap unitnya.


Acara ini juga menawarkan kesempatan unik untuk memperoleh harta karun luar biasa dari salah satu koleksi jam tangan terbaik di dunia. Adapun estimasi perolehan terendah hasil lelang koleksi ini akan mencapai sembilan juta dolar AS atau hampir setara dengan Rp153 juta rupiah.


(Penulis: Romy Boy)

Fashion