Fashion

Ternyata Begini Tips Memilih Jam Tangan Wanita!

By : Her World Indonesia - 2023-09-07 18:00:02 Ternyata Begini Tips Memilih Jam Tangan Wanita!

Jam tangan merupakan salah satu aksesoris wajib bagi semua orang, tidak terkecuali para wanita. Dalam memilih jam tangan, tanpa mengurangi nilai fungsionalnya, kamu juga perlu memperhatikan nilai estetikanya. Buat kamu yang masih kebingungan dalam memilih model jam tangan yang cocok, berikut beberapa tips memilih jam tangan untuk wanita. Simak!


1. Sesuaikan Dengan Gaya Pribadi


Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih model jam tangan untuk wanita, yakni mempertimbangkan gaya pribadimu secara keseluruhan, bisa casual, klasik, atau sporty. Selain itu, pertimbangkan juga dengan kebutuhan tujuan penggunaan, untuk sehari-hari ataupun acara tertentu. Jika kamu memiliki gaya pribadi klasik, kamu bisa menggunakan gelang model jam tangan berbahan metal atau logam, yang cocok digunakan sehari-hari maupun menghadiri acara tertentu. 


2. Pertimbangkan Ukuran dan Ketebalan


Selain menyesuaikan dengan gaya dan tujuan penggunaan, pemilihan dan penggunaan jam tangan juga perlu menyesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan. Jangan sampai model yang terlihat menarik namun ternyata terlihat terlalu besar atau terlalu kecil di pergelangan tanganmu. Ukuran gelang model jam tangan yang pas sesuai ukuran pergelangan tangan akan membuat tangan lebih nyaman dan leluasa saat beraktivitas dan terlihat lebih proporsional. Selain itu, perhatikan juga ketebalan jam tangan, apakah terlalu tebal atau terlalu tipis. Ketebalan yang ideal sudah pasti akan membuat penggunaan menjadi lebih nyaman sekaligus menyesuaikan estetika aksesoris tersebut.


3. Pastikan Bahan dan Kualitasnya

(Gelang model jam tangan. Foto: Dok.  Beyzaa Yurtkuran/Pexels)


Saat ini, sudah ada banyak model jam tangan yang terbuat dari berbagai bahan. Mulai dari material logam, kulit (asli maupun sintetis), karet elastis, kain, bahkan kayu. Berbagai inovasi tersebut tentunya akan sangat menarik dan lucu, tapi kamu harus mempertimbangkan kualitas dan kenyamanan bahan-bahan tersebut. Ada baiknya kamu memilih bahan yang sesuai dengan preferensi pribadi. Tentunya, dengan tidak meninggalkan kesan estetik, menarik, dan fungsional.


4. Perhatikan Kembali Sistem Penguncian


Dalam memilih model jam tangan untuk wanita, sistem penguncian juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangan. Pada dasarnya, ada beberapa jenis penguncian yang digunakan, termasuk penguncian pada strap rantai maupun besi jepit pada strap kulit. Sistem penguncian yang baik sudah pasti akan sangat membantu dalam mencegah gelang tersebut terlepas secara tidak sengaja. Tentunya, model jam tangan yang kamu gunakan juga akan tetap aman terpasang pada pergelangan tangan. Inilah hal yang penting untuk diperhatikan karena jam tangan yang kamu gunakan tidak hanya terlihat menarik dan estetik, namun juga mengedepankan fungsi dan kualitas. Jika berfungsi dengan baik, sudah pasti jam tangan tersebut juga akan lebih awet.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Tas Selempang Wanita yang Besar dan Stylish)


5. Pilih Warna yang Tepat


Jam tangan merupakan produk fashion yang melekat pada kulit. Dengan demikian, pemilihan warnanya juga harus senantiasa kamu perhatikan, yakni menyesuaikan dengan warna kulit kamu. Buat kamu yang memiliki warna kulit cerah biasanya akan cocok dengan semua warna jam tangan. Sementara buat kamu yang memiliki warna kulit gelap, ada baiknya memilih warna-warna netral, seperti hitam atau abu-abu.


6. Pastikan Perawatan dan Kebersihannya

(Tips memilih model jam tangan untuk wanita. Foto: Dok. Pramod Tiwari/Pexels)


Selain memilih model jam tangan untuk wanita yang sesuai, pastikan juga kamu merawat dan menjaga kebersihannya dengan baik. Ikuti kembali petunjuk perawatan dan kebersihan yang disarankan, baik dari pembersihan secara rutin hingga perbaikannya. Pasalnya, beberapa jam tangan membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Kamu bahkan perlu membersihkan jam tangan secara teratur guna menjaga penampilan dan estetikanya.


(Baca Juga: Rekomendasi Sports Bra dan Legging Brand Lokal yang Nyaman)


Itulah beberapa tips memilih model jam tangan untuk wanita yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa memilih model jam tangan yang tidak hanya menarik, namun sesuai dengan nilai fungsional.

Fashion