Hair & beauty

Ini Efek Memakai Sunscreen di Malam Hari, Positif & Negatif!

By : Her World Indonesia - 2023-11-16 10:00:02 Ini Efek Memakai Sunscreen di Malam Hari, Positif & Negatif!

Seperti yang diketahui, kamu wajib memakai sunscreen sebelum beraktivitas, baik itu beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan, pada pagi dan siang hari (atau saat sinar matahari sedang terik-teriknya). Tapi sinar matahari tidak ada di malam hari, apakah perlu memakai sunscreen di malam hari? Berikut ini penjelasannya menurut para ahli dan apa saja efek memakai sunscreen di malam hari. Simak!


Perlukah memakai sunscreen di malam hari? 


Sebenarnya, kamu boleh saja memakai sunscreen atau moisturizer dengan kandungan SPF di dalamnya pada malam hari. Tapi perlu dicatat bahwa, sangat tidak direkomendasikan tidur di malam hari dengan pelembap dengan kandungan SPF di dalamnya. Hal ini karena SPF memiliki molekul yang besar, yang dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar, menimbulkan jerawat, dan menghalangi produk perawatan kulit malam meresap ke kulit dan bekerja secara maksimal. Kamu harus memakai sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, usahakan untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur dan mengaplikasikan (minimal) basic skincare sesuai jenis kulit kamu. Itu akan membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri, sehingga tampak lebih sehat dan glowing

Saat memilih sunscreen untuk digunakan pada malam hari, sebaiknya hindari produk yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) tinggi. SPF tinggi lebih cocok untuk digunakan pada siang hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pada malam hari, fokus utamanya adalah melindungi kulit dari sinar UVA, cahaya lampu, sinar biru (blue light), dan paparan polusi, bukan sinar matahari. Cukup gunakan produk sunscreen yang memiliki SPF rendah dan ringan. Jika memungkinkan, pilihlah juga produk sunscreen yang mengandung vitamin B3, yang dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit. Satu lagi, pilih dan gunakan produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu. 


(Baca Juga: Ciri-Ciri Tidak Cocok Memakai Serum, Kenali Tanda-Tandanya!)


Berikut ini beberapa efek memakai sunscreen di malam hari, ada efek positif dan negatif, antara lain:


Efek Positif 

1. Dapat melindungi kulit dari kerusakan


Sinar matahari bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan pada kulit. "Ada beberapa penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa cahaya lampu dan sinar biru atau blue light dari gadget juga berkontribusi terhadap photoaging," kata Suzanne Friedler, MD, FAAD, anggota dewan di American Academy of Dermatology. Salah satunya, studi tahun 2018 dalam Journal of Biomedical Physics and Engineering, melaporkan bahwa paparan sinar biru atau blue light dari layar gadget dapat meningkatkan stres oksidatif pada kulit, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel dan kerutan. Jadi, memakai sunscreen atau pelembap yang mengandung SPF di malam hari bisa melindungi kulit kamu dari paparan sinar biru dan cahaya lampu yang berpotensi merusak kulit. Dr. Friedler merekomendasikan pelembap ber-SPF yang mengandung titanium oksida dan zinc dioxide (sunscreen berbasis mineral) untuk perlindungan maksimal terhadap cahaya lampu dan paparan sinar biru atau blue light


2. Meminimalkan risiko melasma


(Efek memakai sunscreen di malam hari. Photo by Ron Lach on Pexels)


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan kulit, tetapi juga paparan cahaya lampu dan sinar biru dari layar gadget. Paparan sinar matahari, cahaya lampu, dan sinar biru dapat menyebabkan kondisi yang disebut melasma, yang menyebabkan bercak hitam tidak merata pada kulit, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Yale Medicine. Melasma lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit lebih gelap, tapi tidak menutup kemungkinan siapapun bisa memiliki melasma. Dan, dengan memakai sunscreen atau pelembap ber-SPF sepanjang hari dapat meminimalkan risiko melasma sekaligus tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada orang dengan melasma, menurut Dr. Friedler. 


3. Perlindungan dari sinar UVA


Sinar matahari tidak hanya terdiri dari sinar UVB, tetapi juga sinar UVA yang tetap ada sepanjang hari, siang atau bahkan malam hari. Paparan sinar UVA dapat berkontribusi terhadap kerusakan kulit dan penuaan dini. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen atau pelembap ber-SPF di malam hari dapat membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA. 


4. Meminimalkan paparan polusi

(Efek memakai sunscreen di malam hari. Photo by Mike Murray on Pexels)


Polusi udara merupakan salah satu masalah utama di banyak kota-kota besar di seluruh dunia. Partikel polusi dapat menempel pada kulit dan menyebabkan kerusakan. Saat kamu menggunakan sunscreen atau pelembap ber-SPF di malam hari sebelum beraktivitas di luar ruangan, itu dapat membantu melindungi kulit dari paparan polusi dan meminimalkan efek negatifnya.


5. Mencegah penuaan dini


Manfaat memakai sunscreen di malam hari berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin kulit, yang bisa menyebabkan munculnya kerutan, garis halus, dan kekurangan elastisitasnya. Dan, dengan memakai sunscreen di malam hari, itu dapat membantu mencegah kerusakan ini dan menjaga kulit tetap tampak muda lebih lama.


(Baca Juga: 5 Manfaat Lip Serum, Bikin Bibir Lebih Sehat & Merah Merona!)


Efek Negatif


1. Menghalangi bahan aktif dalam produk skincare meresap ke kulit


Pada malam hari, kulit akan meregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri, yang didukung dengan penggunaan produk perawatan kulit malam hari. Ada beberapa bahan aktif pada produk skincare yang paling baik digunakan saat malam hari, ambil contoh retinol, yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Namun, bahan aktif ini bisa membuat kulit kamu menjadi sensitif terhadap sinar matahari, jadi sebaiknya digunakan hanya pada malam hari. "Dan, jika retinol adalah bagian dari rutinitas perawatan kulit malam hari, SPF dapat menghambat retinol terserap ke kulit dan bekerja secara optimal," kata Elizabeth Bahar Houshmand, MD., seorang dokter kulit bersertifikat


2. Bisa menyumbat pori-pori


SPF memiliki molekul besar yang dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Selain itu, pori-pori yang tersumbat juga dapat menimbulkan jerawat, terutama pada jenis kulit yang mudah berjerawat. 


Itulah tadi beberapa manfaat memakai sunscreen di malam hari sekaligus efek memakai sunscreen di malam hari.

Hair & beauty