Life & health

7 Gerakan Peregangan Sebelum Berenang yang Mudah Diingat

By : Her World Indonesia - 2023-11-01 19:00:02 7 Gerakan Peregangan Sebelum Berenang yang Mudah Diingat

Untuk tetap bugar dan menjaga kesehatan, olahraga perlu dilakukan minimal tiga hingga empat kali seminggu. Kamu dapat memilih jenis olahraga yang dirasa cocok dan membuat kamu senang saat melakukannya. Banyak sekali pilihan olahraga menyenangkan yang dapat kamu lakukan, salah satunya adalah renang. 

Renang adalah jenis olahraga yang menyenangkan karena terapi airnya. Selain menyenangkan, berenang juga menyehatkan. Dengan renang, kamu dapat membantu jantung kamu untuk lebih sehat. Tidak hanya menyehatkan jantung, tentunya berenang dapat mengurangi stres yang kamu rasakan karena ketika berenang tubuh kamu akan lebih rileks. 

Sebelum melakukan renang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari cedera. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah peregangan. Pada artikel ini Her World akan bahas gerakan-gerakan untuk peregangan yang dapat kamu lakukan sebelum berenang.


1. Neck Roll


(Gerakan peregangan untuk leher. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


Dimulai dari bagian atas tubuh yaitu kepala dan leher dengan neck roll. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan lengan dilonggarkan. Arahkan dagu sedikit ke arah dada dan putar kepala kamu secara perlahan searah jarum jam. Setelah itu putar kepala berlawan arah jarum jam dengan gerakan yang sama. Ulangi sebanyak tiga hingga empat kali.


2. Shoulder Roll 

Setelah leher, gerakan shoulder roll berfokus pada area bahu. Dimulai dengan berdiri tegak dengan kedua tangan lurus ke bawah tanpa menekuk lengan. Angkat bahu lalu arahkan ke belakang dengan gerakan melingkar sebanyak lima kali kemudian lakukan ke arah berlawanan dengan gerakan yang sama. Ulangi sebanyak dua kali.


(Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Untuk Perut Kecil)


3. Behind-head Tricep Stretch


(Peregangan untuk otot bahu. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Untuk peregangan area lengan dan punggung, lakukan gerakan behind-head tricep stretch dengan cara rentangkan lengan kiri lurus ke atas dengan siku dekat dengan kepala. Lalu tekuk siku kiri ke arah belakang leher. Gunakan tangan kanan kamu untuk memegang lengan kiri tepatnya di siku lengan kiri kamu. Tahan hingga 10 detik lalu lakukan gerakan yang sama untuk lengan kanan kamu. 


4. Stand Hip rotation


(Peregangan otot kaki yang mudah. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Masuk ke area bagian bawah tubuh, stand hip rotation dilakukan untuk area kaki. Berdiri dengan kaki selebar bahu dan letakkan tangan di pinggul. Putar pinggul kamu searah jarum jam sebanyak tiga putaran. Setelah itu, lakukan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan.


5. Ankle Roll

Tidak kalah pentingnya untuk melakukan peregangan pada pergelangan kaki. Cukup berdiri dengan kaki kiri lurus ke arah lantai lalu angkat tumit kanan sehingga tekanan berada di jari kaki. Kemudian putar tumir kaki kanan searah jarum jam selama 10 putaran lalu ulangi dengan berlawanan arah. Lakukan pada kedua pergelangan kaki kamu.


6. Quadriceps Stretch

Gerakan ini memfokuskan area kaki dengan berdiri tegak dan angkat kaki kiri dan arahkan ke belakang. Pegang kaki kiri dengan tangan kiri kamu dan tekan perlahan ke arah bokong kiri, tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan kamu. 


(Baca Juga: Cara Memilih Baju Renang Sesuai Bentuk Badan)


7. Arm Circle

Peregangan ini berfungsi untuk meregangkan otot-otot di area tangan dengan berdiri dengan kaki selebar bahu dan rentangkan lengan ke samping setinggi bahu. Buatlah gerakan memutar seperti membuat lingkaran secara perlahan, lakukan sekitar 10 lingkaran dan setelah itu lakukan dengan berlawanan arah.


Selain melakukan peregangan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan renang. Seperti memilih pakaian renang yang nyaman digunakan, pilihlah pakaian renang yang tidak mengganggu fleksibilitas gerakan kamu. Tidur minimal tujuh jam setiap malam agar tubuh lebih bugar saat melakukan renang. Jangan biarkan perut kamu kosong saat berenang, kamu perlu makan untuk mengisi perut kamu dengan makanan yang ringan. 


Kemudian, pilihlah kacamata renang yang nyaman digunakan. Jika mata kamu plus atau minus, pakailan kacamata renang yang sesuai dengan mata kamu. Saat renang, lakukan gerakan yang kamu kuasai di area kedalaman yang kamu yakin untuk melakukan berenang. Disarankan membasuh seluruh tubuh dengan air sebelum memasuki kolam renang agar menghindari tubuh dari benda apapun yang terkandung dalam air kolam renang. 


Itulah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum dan saat berenang versi Her World yang wajib kamu ketahui.


(Penulis: Nada Kamiliya) 


Life & health