Life & health

Menjelajah Dunia Baru di ArtScience Museum, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-10-30 14:00:01 Menjelajah Dunia Baru di ArtScience Museum, Penasaran?

Sebuah perjalanan menuju dunia berbeda menanti para pengunjung di pameran seni kontemporer besar terbaru ArtScience Museum, New Eden: Mitologi Fiksi Ilmiah yang Diubah. Memulai penayangan perdananya secara global pada 21 Oktober, pameran ini akan menyingkap perspektif baru tentang genre fiksi ilmiah dengan menghadirkan 24 seniman dan kolektif perempuan dari Asia, yang karyanya terinspirasi oleh sejarah dan budaya kawasan ini.


(Baca Juga: 7 Deretan Museum Modern yang Wajib Dikunjungi)


Dikuratori oleh ArtScience Museum, New Eden memadukan narasi yang ditemukan dalam genre fiksi ilmiah sastra dan sinematik Barat, dengan ide-ide yang berakar pada tradisi spiritual Timur yang telah berevolusi selama ribuan tahun. Pameran ini menemukan keselarasan antara gagasan spekulatif dalam fiksi ilmiah dan konsep-konsep yang tertanam dalam kerangka spiritual Asia seperti Buddhisme, Hinduisme, Taoisme, dan Shintoisme, di samping sistem kepercayaan Asia Tenggara yang beragam.



(Miko No Inori (1996) by Mariko Mori in A New Light Gallery. Foto: Dok. Marina Bay Sands)

Pameran ini juga bertentangan dengan genre fiksi ilmiah yang secara historis didominasi oleh Barat dan cenderung didominasi oleh pria, dengan mengedepankan suara bervariasi dari para wanita, termasuk Cao Fei, Patty Chang, Lee Bul, Mariko Mori, Moon and Jeon, Sputniko! dan The House of Natural Fiber.


Menampilkan hampir 70 karya seni kontemporer, artefak bersejarah, dan cuplikan film, New Eden menyoroti hubungan antara imajinasi fiksi ilmiah dengan filosofi dan mitologi Asia. Dengan konsep fiksi ilmiah populer seperti alam semesta paralel, perjalanan antardimensi, dan transendensi yang berakar kuat pada filosofi Asia, New Eden menarik garis di antara tradisi budaya ini, menunjukkan bahwa beberapa kiasan fiksi ilmiah kemungkinan besar berasal dari Asia.


(Baca Juga: Menyusuri 7 Museum Bersejarah di Indonesia)


"New Eden meluncurkan sebuah pameran di ArtScience Museum yang mengeksplorasi fiksi ilmiah. Meskipun fiksi ilmiah telah menjadi topik yang menarik dalam dunia seni dalam beberapa tahun terakhir, jarang sekali fiksi ilmiah didekati dari sudut pandang Asia dan melalui karya wanita. New Eden mengubah narasi ini. Pameran ini merupakan pameran interdisipliner besar yang menggali persinggungan antara fiksi ilmiah dan filosofi spiritual Asia melalui praksis kreatif para seniman dan kolektif perempuan Asia. Pameran ini bergerak di antara mitologi kuno, seni kontemporer, dan sinema pascamodern, merayakan dunia impian, visi masa depan, dan realitas fantastis para seniman Asia, yang menunjukkan bahwa perempuan dan aspirasi alternatif menyerukan masa depan yang lebih inklusif," ujar Honor Harger, Wakil Presiden ArtScience Museum, Marina Bay Sands.



(Galactica V.2 Dharma Garden (2023) by The House of Natural Fiber. Foto: Dok. Marina Bay Sands)

Dikuratori oleh Gail Chin, Joel Chin, Adrian George dan Honor Harger dari ArtScience Museum, New Eden: Mitologi Fiksi Ilmiah yang Diubah terbentang dalam delapan bab. Dimulai dari bab satu ada "Paradox of Paradise", "Kata dan Dunia", "Alam Baru", "Cara Melipat Ruang", "Membuat Dunia Baru", "Feminin", "Mitos-mitos Baru", hingga bab delapan "Dalam Cahaya Baru".


(Baca Juga: Saat Weekend, Ini 4 Museum Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta)


Daftar lengkap seniman yang ditampilkan dalam pameran ini adalah: Morehshin Allahyari (Iran), Cao Fei (Cina), Patty Chang (AS), Kara Chin (Singapura), Chok Si Xuan (Singapura), Club Ate (Australia), Debbie Ding (Singapura), Fei Yi Ning (Cina), Shilpa Gupta (India), Etsuko Ichihara (Jepang), Lee Bul (Korea Selatan), Liu Xiao Fang (Tiongkok), Xin Liu (Tiongkok), Mariko Mori (Jepang), Moon dan Jeon (Korea Selatan), Nguyen Trinh Thi (Vietnam), PACK (Korea Selatan), Anne Samat (Malaysia), Soe Yu Nwe (Myanmar), Sputniko! (Jepang), Astria Suparak (Amerika Serikat), The House of Natural Fiber (Indonesia), dan Saya Woolfalk (Jepang).


Buat kamu penikmat seni dan berencana ingin healing ke Singapura, New Eden: Mitologi Fiksi Ilmiah yang Diubah di ArtScience Museum, Marina Bay Sands wajib jadi destinasimu.


(Penulis: Romy Boy)

Life & health