7 Deretan Museum Modern yang Wajib Dikunjungi


  • 7 Deretan Museum Modern yang Wajib Dikunjungi
    Museum modern di Indonesia yang wajib dikunjungi di Hari Museum Nasional(Foto:Dok.Riccardo/Pexels)


    Selamat Hari Museum Nasional! Tepat di tanggal 12 Oktober, Hari Museum Nasional diperingati di Indonesia dengan ragam acara yang meriah. Sejak ditetapkan di Yogyakarta pada tahun 1962, kini Indonesia memiliki berbagai jenis museum yang mengangkat nilai kebudayaan serta sejarah yang terjadi di Indonesia. Beberapa diantaranya pula jadi unsur pendidikan bagi anak dan masyarakat.

    Di tahun 2019, melalui tema 'Museum Menyatukan Keberagaman' momen ini dirayakan di Taman Fatahillah, kota tua, Jakarta. Dengan tagline 'Nyok kite ke Museum' dari 7 hingga 13 Oktober 2019, sejumlah acara seperti, workshop, seminar, perlombaan, mural 3D, dan lainnya memeriahkan hari bersejarah ini. 



    Selain bisa mengikuti ragam acara yang diselenggarakan, kamu juga bisa mengunjungi deretan museum modern di Indonesia yang kini jadi favorit berbagai kalangan, seperti Museum Macan, Angkut, dan lainnya. Berikut tujuh museum modern yang bisa kamu kunjungi di Hari Museum Nasional:

    (Baca Juga: Museum MACAN Usung Pameran Karya Tiga Seniman Asia)


    1. Museum Macan


    Jadi museum modern yang diminati, Museum Macan bisa jadi destinasi wisata untuk memperingari Hari Museum Nasional. Mengusung tema-tema berbeda digelarannya, kali ini adalah Xu Bing Thought and Method yang menghadirkan deretan instalasi yang mengusung logografi bertulisan china. Terletak di Kebun Jeruk, Jakarta, kamu bisa menjelajahinya dari 31 Agustus 2019 - 12 Januari 2020.


    2. Museum Angkut


    Salah satu museum asal kota Batu, Malang, Museum Angkut jadi museum modern yang bisa kamu kunjungi untuk memperingati Hari Museum Nasional. Berbagai jenis transportasi, dari mobil klasik, motor, hingga pesawat terbang bisa kamu jelajahi di sini. Bahkan yang jadi istimewanya lagi, ini merupakan museum transportasi terbesar di Asia.

    (Baca Juga: 4 Museum Seru Yang Wajib Dikunjungi Di Jakarta)


    3. Museum Nasional



    Museum Nasional memiliki banyak nilai sejarah yang bisa kamu lihat dan pelajari. Berbagai koleksinya seperti Sertali, Cili, dan benda-benda bersejarah lainnya bisa kamu temui di sini. Selain jadi tempat menyimpan ragam barang unik, museum ini pula jadi lembaga warisan budaya dari Indonesia


    4. Museum Blanco Renaissance


    Selain keindahan alam dan pantainya, Bali juga memiliki museum yang patut kamu kunjungi ketika berada di sini. Berisi ragam lukisan dari seorang seniman bernama Antonio Blanco, museum ini memiliki 300 karya seni yang bisa kamu lihat-lihat saat berkunjung ke Ubud, Bali.

     

    5. Museum Benteng Vredeburg

    Berawal jadi tempat perlindungan Belanda, benteng-benteng ini kemudian dijadikan tempat wisata. bertajuk Museum Benteng Vredeburg, banyak barang dan momen bersejarah yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke Yogyakarta.

    (Baca Juga: Menyusuri 7 Museum Bersejarah di Indonesia)


    6. Museum Geologi


    Museum yang terletak di kota Bandung ini telah berdiri sejak 1928. Berbagai fosil, mineral dan bebatuan jadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi. Sejak diresmikan pada tahun 2000, museum ini tak sepi dikunjungi.


    7. Museum Tsunami Aceh



    Siapa yang tak tahu museum yang satu ini? Dirancang khusus untuk mengingat momen gemba bumi dan tsunami di Samudra Hindia pada tahun 2004, museum Tsunami Aceh juga dihadirkan untuk memberikan edukasi perlindungan jika tsunami kembali menerjang. Yang menariknya, museum ini mencantumkan sejumlah nama korban yang hilang ketika bencana tsunami di Aceh beberapa tahun silam.

    Dari banyaknya museum tersebut, manakah yang sudah kamu kunjungi?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below