Food & travel

Saat Weekend, Ini 4 Museum Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

By : Vanessa Masli - 2023-01-07 12:00:01 Saat Weekend, Ini 4 Museum Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Mengawali weekend pertama di tahun 2023 dengan melakukan sesuatu yang baru. Kalau pergi ke mal atau hangout di kafe baru terasa membosankan, mungkin tempat baru untuk menghabiskan akhir pekan bisa jadi opsi menarik. Buat kamu yang menggemari karya-karya seni atau selalu penasaran dengan catatan sejarah, museum bisa jadi tempatmu untuk bereksplorasi dan bersantai di ibukota.


Di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa museum di Jakarta yang wajib dikunjungi. Penasaran apa saja? Simak sampai akhir ya!


1. Museum MACAN



(Pameran Chiharu Shiota di Museum MACAN. Foto: Dok. Museum MACAN/Instagram)


Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal dengan Museum MACAN cocok buat kamu yang punya rasa ingin tahu terhadap ragam karya seni. Berbagai kesenian kontemporer dari seniman Indonesia hingga internasional melengkapi tiap-tiap sudut museum seluas 7.100 meter persegi.


Untuk mengawali tahun 2023, museum ini mengadakan pameran karya perupa internasional asal Berlin, Chiharu Shiota. Perupa satu ini dikenal dengan instalasi yang menyampaikan ekspresi-ekspresi yang tak terlihat dan terkadang berangkat dari pengalaman pribadi.


Dengan nama “Chiharu Shiota: The Soul Trembles”, Museum MACAN menghadirkan pameran tunggal terbesar oleh Chiharu dan pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Pameran ini merujuk pada harapan mendalam sang perupa untuk menyampaikan pengalaman yang mengerakkan hati para penikmatnya.


Kamu bisa mengunjungi Museum MACAN setiap hari Selasa hingga Minggu pada pukul 10.00 – 18.00 WIB. Plus, pameran Chiharu Shiota masih akan menghiasi museum sampai 30 April mendatang.


2. Museum Bank Indonesia


Ingin mendalami sejarah bangsa Indonesia, mungkin mengambil sudut pandang berbeda bisa jadi eksplorasi menarik. Kamu bisa memulai perjalanan nostalgia Tanah Air dari sisi perekonomiannya dengan berkunjung ke Museum Bank Indonesia.


Sebuah museum yang didirikan di gedung Bank Indonesia Kota Jakarta, sebelumnya digunakan oleh De Javasche Bank sehingga museum ini menyimpan ragam sejarah perekonomian Indonesia. Kamu bisa melihat bagaimana perjalanan Bank Indonesia dalam sejarah bangsa Indonesia.


Museum yang juga terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini bisa kamu kunjungi pada akhir pekan mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan, buat kamu yang mendapatkan libur di minggu kerja, museum ini membuka pintunya setiap hari Selasa hingga Kamis mulai dari pukul 08.00-15.30 WIB.


(Baca Juga: Davy Linggar & Seniman Singapura Adakan Pameran Tunggal)


3. Atsiri di Sarinah



(Tantri Namirah berinteraksi dengan auranya di Atsiri diSarinah. Foto: Dok. Atsiri diSarinah/Instagram)


Kali ini, kamu bisa menghabiskan waktu di museum (mini) yang berada di Gedung Sarinah, Jakarta. Pusat edukasi minyak atsiri di Tawangmangu, Jawa Tengah yang bernama Rumah Atsiri mengajak warga ibukota untuk mengenal pusat ini lebih dekat melalui museum mini di lantai lima Gedung Sarinah.


Dengan membayar 45.000 rupiah, kamu bisa memasuki empat area museum dengan durasi tur selama 20 menit. Tur museum dibuka dengan pameran tanaman dengan teknik penanaman vertikal asal Jepang bernama kokedama, bola aroma tanaman atsiri yang memaparkan beberapa bahan alami untuk membuat minyak atsiri, dan juga visualisasi aura.


Untuk area visualisasi aura, para pengunjung diminta mengisi kuis tentang kepribadian dan kebiasaan masing-masing. Lalu, hasil kuis tersebut akan memperlihatkan warna aura yang nantinya bisa dimainkan oleh pengunjung sesuai gerakan tangan.


Selain itu, hasil kuis juga menunjukkan nama minyak esensial dan jumlah tetesannya untuk digunakan saat meracik produk yang ada di museum tersebut. Mulai dari body lotion, hand sanitizer hingga gentle wash, kamu bisa meracik produk tersebut sesuai dengan kepribadian dan juga preferensimu. Atsiri diSarinah ini bisa kamu kunjungi mulai dari jam 12 siang sampai delapan malam setiap hari.


4. MoJa Museum


Moseum of Jakarta atau dikenal dengan MoJa Museum adalah sebuah museum yang berada Zona Biru Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Sejak dibuka pada 2018, MoJa Museum menghadirkan ekhibisi interaktif yang juga cocok untuk jadi spot-spot foto saat kamu berkunjung ke sini.


Museum ini memberi ruang bagi para pengunjung untuk mengekspresikan diri sekaligus mengabadikan momen melalui foto dan video. Di dalam museum ini, terhadap beberapa kegiatan yang juga melengkapi keseruan weekend-mu. Mulai dari RoJa by MoJa yaitu wahana roller skating yang hadirkan keseruan sekaligus sedikit olahraga berkeliling area pameran dengan sepatu roda.


Lalu, MoPAINT yang cocok buat anak-anak dan juga orang dewasa yang ingin meluapkan rasa lewat coretan. Kuas dan cat tersedia di dalam museum untuk pengunjung bebas membuat lukisan maupun coretan. MoJa Museum buka setiap hari dari pukul 11.00 sampai 19.30 WIB dengan tiga slot waktu, dari pukul 11.00-13.30 WIB, lalu 14.00-16.30 WIB, hingga 17.00-19.30 WIB.


(Baca Juga: Ini 6 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Bisa Dijalani)


Akhir pekan ini, coba sesuatu yang baru dengan pergi ke museum-museum di Jakarta yang wajib dikunjungi. Kira-kira tertarik mengeksplorasi yang mana?


Food & travel