Hair & beauty

Kamu Wajib Tahu! 5 Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat

By : Her World Indonesia - 2023-10-26 19:00:01 Kamu Wajib Tahu! 5 Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat

Jerawat sering kali menjadi permasalahan banyak orang karena kehadirannya yang tidak inginkan. Jerawat biasanya muncul di bagian muka sehingga membuat banyak orang kurang percaya diri dengan kehadirannya. 


Nah, guna mengatasi masalah kulit berjerawat, kamu membutuhkan basic skincare yang pas. Di bawah ini terdapat beberapa basic skincare untuk kulit berjerawat yang bisa kamu gunakan. 


(Baca Juga: Hanya Dikompres, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat Di Hidung)


1. Sabun pembersih



(Cetaphil Gentle Skin Cleanse. Foto: Dok. cetaphil.co.id)

Sabun pembersih atau cleanser menjadi basic skincare untuk kulit berjerawat yang penting untuk kamu miliki dan gunakan. Kamu dapat membersihkan muka dengan sabun pembersih pada pagi dan malam hari. 


Sebaiknya kamu memilih jenis cleanser yang tidak mengandung pewangi dan mudah dibilas dengan air. Selain itu, usahakan juga untuk menghindari cleanser yang memiliki busa karena dapat memperparah kulit jerawat kamu.


Ketika menggunakan cleanser, kamu cukup mengoleskan dan meratakannya dengan ujung jari. Hindari pemakaian waslap saat membersihkan muka berjerawat karena dapat menyebarkan lebih banyak bakteri ke kulit kamu. 


Kamu dapat mencoba produk Cetaphil Gentle Skin Cleanse untuk membersihkan muka dengan kulit berjerawat. 


2. Toner





(Hada Labo Gokujyun Premium Ultimate Moisturizing Lotion. Foto: Dok. rohto.co.id)

Setelah menggunakan cleanser, kamu dapat menggunakan toner atau astringent. Sama halnya dengan cleanser, kamu dapat mengaplikasikan toner setiap pagi dan malam hari. Toner ini berguna untuk menyeimbangkan pH kulit kamu setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih.


Pastikan untuk memilih toner yang memang diperuntukkan untuk kulit berjerawat. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan toner dan usap secara perlahan. Setelah menggunakan toner, tunggu beberapa saat hinga kering sebelum lanjut untuk mengaplikasikan skincare lainnya.


Penggunaan toner ini juga memiliki manfaat agar skincare yang akan kamu gunakan selanjutnya dapat terserap dengan baik ke kulit wajah. Jika kamu masih bingung dalam memilih toner, maka dapat mencoba Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion. 


(Baca Juga: Ini 7 Rekomendasi Serum Untuk Jerawat Dan Bekasnya)


3. Obat jerawat 


(Basic skincare untuk kulit berjerawat-menggunakan obat jerawat. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

Basic skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah pengaplikasian obat jerawat. Dalam tahap ini, bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat yang parah, biasanya sudah memiliki obat yang dianjurkan oleh dokter. 


Sementara itu, kamu juga dapat menggunakan serum atau krim jerawat dengan bahan khusus yang cocok untuk kulit berjerawat. Biasanya, beberapa krim khusus untuk kulit berjerawat memiliki kandungan belerang di dalamnya. 


4. Pelembap



(Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel. Foto: Dok. Skintific Indonesia/Instagram)

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Pelembap atau moisturizer tetap dibututuhkan walaupun kamu memiliki jerawat di kulit. Kamu dapat mengaplikasikan pelembap pada pagi dan malam hari.


Pada pagi hari, kamu dapat menggunakan pelembap yang tidak mengandung minyak atau oil free dengan SPF minimal 30. Lalu, pada malam hari kamu dapat menggunakan pelembap non-comedogenic tanpa minyak agar pori-pori tidak tersumbat. Hindari juga pelembab yang mengandung cocoa butter dan petroleum jelly.


Her world merekomendasikan pelembap dengan kandungan asam hialuronat untuk menjaga kulit kamu tetap lembap dalam waktu yang lama. Kamu dapat mencoba Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel. Diperkaya dengan 5X Ceramide, skincare satu ini dapat melembapkan kulit dalam waktu yang lama. 


5. Sunscreen


(Votre Peau Daily Facial Sun Shield. Foto: Dok. Votre Peau Skin Care/Instagram)

Sunscreen atau tabir surya sangat perlu kamu gunakan bila banyak beraktivitas di luar ruangan. Jika jerawat di kulit kamu terkena sinar UV, maka dapat membuat jerawat semakin parah. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengaplikasikan sunscreen sekitar 15 menit sebelum menjalani aktivitas di luar rumah. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kamu dapat mencari sunscreen dengan SPF minimal 30. 


Jika kamu melakukan kegiatan di luar ruangan dalam waktu yang lama, maka kamu dapat mengoleskan sunscreen setiap dua jam sekali. Terlebih bila kamu melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat atau bersentuhan langsung dengan air, seperti olaharga renang.


Kamu dapat mencoba Votre Peau Daily Sun Shield untuk dipakai sehari-hari.


(Baca Juga: Anti Jerawat, Ini 10 Manfaat Masker Bengkuang Untuk Wajah)


Itu dia beberapa basic skincare untuk kulit berjerawat yang dapat kamu ikuti. Apabila nantinya kamu merasakan efek samping dari penggunaan jenis skincare di atas, maka kamu perlu melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis. 


(Penulis: Romy Boy)

Hair & beauty