Hair & beauty

Hanya Dikompres, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat Di Hidung

By : Her World Indonesia - 2022-06-17 15:00:01 Hanya Dikompres, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat Di Hidung

Jerawat di hidung tentu bukan hal yang menyenangkan. Tidak hanya di permukaan hidung, jerawat juga bisa tumbuh di dalam hidung, loh! Hal ini menyebabkan aktivitas bisa terganggu dan kepercayaan diri akan menurun. Jerawat di hidung bisa disebabkan karena pori-pori hidung yang tersumbat oleh minyak berlebihan dan sel-sel kulit mati. Selain itu, jerawat di hidung juga bisa disebabkan karena rambut hidung yang tumbuh ke dalam kulit (in-grown hair) dan tanda-tanda akan munculnya infeksi dalam hidung, seperti nasal vestibulitis dan nasal furuncles.


Nasal vestibulitis merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Biasanya, akan muncul jerawat atau sekumpulan jerawat berwarna kemerahan pada bagian ujung lubang hidung. Infeksi ini akan menyebabkan kemerahan hingga bengkak yang terasa sakit ketika disentuh.


Selain itu, nasal furuncles adalah bisul atau benjolan bernanah dan berkukuran besar di bagian hidung yang lebih dalam, disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi yang satu ini perlu bantuan dokter untuk mengatasinya karena dapat menyebabkan selulitis jika tidak ditangani secepatnya. Selulitis bisa menyebar hingga pembuluh darah ke otak dan menimbulkan meningitis.



(Nasal Vestibulitis. Foto: Dok. Best Doctor)



(Nasal Furuncles. Foto: Dok. Department of Dermatology University of Utah School of Medicine)


Selain kedua infeksi tersebut, beberapa kasus jerawat di hidung yang sudah parah akan menyebabkan infeksi bakteri yang menyumbat pembuluh darah otak. Infeksi ini bernama cavernous sinus thrombosis dengan gejala sakit kepala, bola mata menonjol dibandingkan kondisi normal, demam tinggi, hingga gangguan pengelihatan.


(Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


Maka dari itu, jerawat hidung bisa jadi bukan sembarang jerawat yang akan hilang dalam waktu beberapa hari saja, loh! Agar dapat diatasi secepatnya, jerawat di hidung bisa diobati dengan berbagai hal sesuai dengan penyebabnya. Yuk, kita intip!


1. Mengoleskan essential oil


Essential oil atau yang sering disebut minyak atsiri memberikan sensasi lega pada bagian dalam hidung. Pastikan kita tidak memiliki alergi terhadap essential oil yang kita pakai. Beberapa jenis minyak atsiri atau essential oil yang bisa kita gunakan adalah thyme, kayu manis, tea tree oil (terbukti ampuh), minyak kelapa, rosemary, dan minyak zaitun. 


2. Kompres dengan air hangat


Nasal vestibulitis dapat diatasi dengan mengompreskan handuk yang dibasahi dengan air hangat ke hidung. Lakukan sebanyak tiga kali sehari selama 15-20 menit untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi nyeri. 


3. Berikan antibiotik


Jika mengompres belum ampuh untuk mengatasi jerawat hidung, maka pemberian antibiotik adalah cara yang lebih ampuh. Antibiotik yang biasanya diberikan dokter untuk infeksi bakteri adalah salep seperti bacitracin atau mupirocin, serta kapsul yang harus diminum agar mempercepat proses penyembuhan. Jika infeksi sudah berat, pemberian antibiotik pada umumnya diberikan melalui infus hingga dilakukan drainase untuk mengeluarkan nanah untuk mencegah penyebaran infeksi di hidung. 


(Baca Juga: Rekomendasi Serum Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


Itulah cara mengatasi jerawat di hidung, segera konsultasikan ke dokter jika jerawat tidak kunjung hilang atau terlihat parah. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Andrea Nathania)

Hair & beauty