Anti Jerawat, Ini 10 Manfaat Masker Bengkuang Untuk Wajah


  • Anti Jerawat, Ini 10 Manfaat Masker Bengkuang Untuk Wajah
    Manfaat masker bengkuang untuk kulit wajah. (Foto: Dok. Thitaree Sarmkasat/Getty Images)

    Setiap orang pasti ingin mempercantik wajahnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan perawatan di klinik kecantikan. Namun, perawatan tersebut akan memakan biaya yang mahal. Tidak sedikit orang yang ingin memiliki kulit yang cantik dan halus dengan melakukan cara yang alami dan murah.


    Apakah kamu tahu bengkuang? Selain dijadikan bahan masakan, ternyata bengkuang juga bisa dijadikan masker wajah, lho! Tidak hanya meningkatkan kesehatan dari dalam, ternyata bengkuang juga bermanfaat untuk mempercantik wajah kita dari luar. Bengkuang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, selenium, dan beta karoten. Selain itu, bengkuang juga mengandung protein, mineral, asam amino, dan sebagainya. 




    (Baca Juga: Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah)


    Nyatanya, bengkuang sering kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan karena manfaatnya yang banyak. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak!


    1. Mencerahkan kulit wajah

    Kandungan vitamin C yang kaya pada bengkuang bermanfaat untuk menurunkan produksi melanin. Selain itu, kandungan antioksida begkuang dapat mencegah infeksi kulit dan membuat kulit lebih segar. 


    2. Mencegah Penuaan Dini

    Kandungan vitamin C dan antioksidan pada bengkuang juga bermanfaat baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit. Oleh sebab itu, kulit wajah akan terasa elastis dan tidak kering sehingga mencegah penuaan dini. 


    3. Menghilangkan Jerawat

    Masker bengkuang tentunya dapat mengembalikan kepercayaan diri kamu karena bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin E dalam bengkuang bisa mengurangi inflamasi untuk menjaga kulit tetap sehat, awet muda, dan menetralisir timbulnya jerawat. 


    4. Menyamarkan dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

    Bagi kamu yang memiliki jerawat di wajah, kamu bisa memakai masker bengkuang karena kandungan airnya yang melimpah. Kandungan air dalam bengkuang dapat menyamarkan dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat yang membandel. Pakailah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


    manfaat masker bengkuang

    (Manfaat masker bengkuang untuk wajah. Foto: Dok. Olesia Bekh/iStock)


    5. Mengontrol Minyak di Wajah

    Memakai masker bengkuang di wajah akan bermanfaat untuk mengontrol kadar minyak di wajah agar tidak memproduksi minyak berlebihan. Masker bengkuang akan membersihkan wajah dan mengangkat minyak berlebih di wajah.


    6. Melembapkan kulit wajah

    Karena bengkuang memiliki kandungan air yang melimpah, bengkuang dapat meningkatkan kelembapan wajah dan menghindari wajah dari inflamasi sehingga kulit wajah tampak lebih segar. 


    7. Meningkatkan Produksi Kolagen

    Kandungan antioksidan pada bengkuang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi saat beraktivitas di luar rumah. Perlindungan ini dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Ketika produksi kolagen lancar, kulit akan lebih halus dan elastis, serta perbaikan kulit yang rusak akan maksimal. 


    (Baca Juga: Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!)


    Cara Membuat Masker Bengkuang

    Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, mari ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu dapat membuat dan memakai masker bengkuang secara sederhana dan praktis, tanpa biaya mahal!


    1. Siapkan satu atau lebih bengkuang sesuai kebutuhan.

    2. Kupas kulit bengkuang.

    3. Cuci bengkuang sampai bersih.

    4. Parut bengkuang hingga halus secara perlahan.

    5. Saring bengkuang yang sudah diparut untuk memisahkan air dan ampas daging bengkuang.

    6. Sisihkan air hasil perasan dalam wadah sampai ada lapisan yang mengendap. Lapisan yang mengendap itu disebut sebagai pati. 

    7. Buang air hasil perasan tersebut, menyisakan hanya pati bengkuang.

    8. Jemur pati bengkuang sampai kering.

    9. Setelah kering, simpan dalam toples kering dan kedap udara.

    10. Masker bengkuang siap digunakan. 


    manfaat masker bengkuang

    (Masker bengkuang multifungsi untuk kulit wajah. Foto: Dok. Iryna Mylinska/iStock)


    Jika kamu ingin menambahkan bahan lainnya untuk dipakai dengan masker bengkuang, ini adalah bahan-bahan yang bisa jadi pilihan kamu:


    1. Madu

    Madu aman untuk semua jenis kulit dan akan menghambat penuaan diri, mencegah keriput, serta melembapkan kulit. Campur pati bengkuang yang sudah disimpan dengan madu, aduk sampai rata dan aplikasikan ke wajah. 


    2. Air Mawar

    Air mawar akan meningkatkan khasiat masker dan mengharumkan kulit. Cukup campur air mawar dengan pati bengkuang, kemudian aduk sampai rata dan aplikasikan ke wajah.


    3. Cokelat bubuk

    Cokelat bubuk mengandung polifenol yang dapat mencegah efek radikal bebas dan melembapkan kulit. Bubuk cokelat juga harum sehingga menyegarkan kulit wajah. Campur pati dan cokelat bubuk sampai rata, tambahkan air hingga mencapai konsistensi yang diinginkan, kemudian aplikasikan ke wajah.


    Masker bengkuang cukup digunakan seminggu sekali secara rutin selama 10-20 menit setiap pemakaian dan dicuci bersih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Masker Wajah Korea Bikin Kulit Lebih Glowing)


    Jika kamu ingin membeli langsung produk masker bengkuang, berikut merek-merek yang bisa jadi pilihan kamu:


    1. Mustika Ratu


    manfaat masker bengkuang

    (Masker bengkuang Mustika Ratu. Foto: Dok. Mustika Ratu)


    Masker ini berbentuk bubuk yang harus dicampur dengan air dan dicuci setelah 10-15 menit. Masker bengkuang merek Mustika Ratu dijual dengan harga 10 ribu rupiah dan bisa kamu temukan di toko-toko swalayan terdekat. 


    2. Crrante


    manfaat masker bengkuang

    (Crrante Peel Off Facial Mask Bengkoang. Foto: Dok. Lautan Rejeki Abadi)


    Masker bengkuang ini berbentuk peel off mask dan cukup kamu pakai selama 10-20 menit untuk hasil maksimal. Produk ini dijual dengan harga mulai dari 28 ribu rupiah dan bisa kamu temukan di berbagai e-commerce dan toko serba ada terdekat.


    3. Viva Cosmetics


    manfaat masker bengkuang

    (Viva Face Mask Bengkuang. Foto: Dok. Viva Cosmetics)


    Masker bengkuang berbentuk wash off mask ini cocok untuk semua jenis kulit. Cukup pakai selama 10-15 menit secara rutin dua minggu sekali. Masker ini sangat terjangkau di harga 5 ribu rupiah dan bisa kamu temukan di toko-toko serba ada terdekat dan e-commerce.


    (Baca Juga: Masker Putih Telur: Manfaat, Cara Buat dan Resikonya)


    Itulah manfaat masker bengkuang, cara membuat, serta rekomendasi produknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below