Fashion

Tampil Stylish dengan 8 Tips Memilih Baju Oversized Ini

By : Her World Indonesia - 2023-10-23 17:00:01 Tampil Stylish dengan 8 Tips Memilih Baju Oversized Ini

Dalam beberapa tahun terakhir, tren fashion baju oversized kian banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tren memakai baju dengan ukuran yang lebih besar dari bentuk tubuh seseorang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para fashion enthusiast


Akan tetapi, sering kali beberapa orang mengalami kesulitan dalam memilih baju oversized. Terdapat ketakutan tersendiri bila nantinya baju yang akan mereka kenakan terlihat tidak bagus dan tenggelam dengan baju model ini. 


Guna mengatasi keraguan ini, Her World akan membagikan beberapa tips memilih baju oversized. Yuk, disimak!


(Baca Juga: 5 Celana ini Cocok Dengan Oversize Sweater, Sudah Tahu?)


1. Memilih ukuran baju oversized yang cocok

Tips memilih baju oversized pertama yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran baju yang tidak terlalu besar dari ukuran badan kamu. Meskipun memiliki sebutan oversized, kamu tidak perlu memilih baju dengan ukuran yang sangat besar. Kamu cukup memilih baju dengan ukuran 1-2 kali lebih besar dari ukuran yang biasanya kamu gunakan. Jika kamu memilih baju yang terlalu besar, maka akan membuatmu telihat pendek dan gemuk.


2. Perhatikan proporsi pakaianmu

Jika kamu sudah mengenakan baju dengan model oversized, maka untuk bagian bawah sebaiknya kamu tidak memilih celana atau rok dengan potongan yang lebar. Kamu dapat memadukan baju oversized dengan celana model skinny jeans agar bentuk badan kamu tetap terlihat dengan baik. 


Kamu juga dapat memadukan kaus oversized dengan model rok selutut. Tampilan ini akan membuat kamu terlihat lebih feminin.


3. Perhatikan warna dan motif

Ketika kamu ingin mengenakan baju oversized, jangan lupa untuk memperhartikan warna dan motif baju tersebut. Warna monokrom banyak dipilih ketika ingin menggunakan baju oversized. Warna monokrom tidak akan membuat tubuh kamu terlihat lebih besar ketika menggunakan baju oversized.


Di sisi lain, motif pada baju oversized dapat memengaruhi tampilan kamu. Jika menggunakan baju dengan motif yang besar dan ramai, maka tubuh kamu akan terlihat lebih berisi. Sementara itu, motif horizontal pada baju oversized juga bisa membuat tubuh kamu terlihat lebih besar. Jadi, penting untuk memperhatikan warna dan motif baju oversized yang ingin kamu kenakan.



(Tips memilih baju oversized dengan memperhatikan warna dan motif baju. Foto: Dok. Dan Asaki/Unsplash)

(Baca Juga: Tips Mengenakan Pakaian Oversize)


4. Padukan dengan aksesori 

Kamu dapat menambahkan aksesori yang cocok dengan motif dan warna baju ovesized-mu. Guna membuat tampilanmu semakin modis, usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak aksesori. Terdapat beberapa aksesori yang dapat kamu gunakan, contohnya topi, ikat pinggang, dan jam tangan.


5. Perhatikan bahan baju

Kenyamanan dalam berpakaian merupakan salah satu unsur wajib yang harus didapatkan ketika memakai sebuah baju. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih bahan baju oversized yang nyaman ketika digunakan. 


Jika kamu ingin membeli baju secara online, maka perlu untuk mencari baju oversized dengan bahan yang nyaman dan berkualitas. Beberapa baju yang dipasarkan secara online tidak memiliki kualitas yang baik sehingga mengakibatkan baju menciut setelah dicuci.


6. Pilih model baju oversized yang sesuai dengan kebutuhanmu

Baju oversized terdiri dari beberapa jenis sehingga kamu perlu memilih baju yang sesuai dengan keperluanmu. Bila kamu ingin menghadiri acara semi formal, maka dapat menggunakan model dress oversized


Kamu juga dapat menggunakan kemeja oversized untuk menghadiri acara kasual. Sementara itu, kamu dapat memilih kaus oversized bila hanya sekadar hangout bersama teman. 



(Pilih model baju oversized yang sesuai dengan kebutuhanmu. Foto: Dok. Warren Pachy/Pexels)

(Baca Juga: Intip Padu Padan Kemeja Oversized Wanita)


7. Pilih model baju oversized dengan aksen ikat pinggang

Saat ini, beragam model baju oversized telah tersedia di pasaran. Salah satu model baju oversized yang dapat menambah keuntungan bagi kamu adalah baju dengan aksen ikat pinggang. Adanya aksen ikat pinggang pada baju akan berguna untuk membuat lekukan tubuh sehingga bentuk tubuh kamu tidak akan terlihat besar.


Selain itu, kamu tidak perlu lagi mencari ikat pinggang karena baju model ini sudah dilengkapi dengan ikat pinggang bawaan atau semacam pita untuk digunakan.


8. Pilih model baju yang mudah dipadu padankan

Ketika ingin membeli baju oversized, sebaiknya kamu memilih baju yang mudah untuk dipadu padankan dengan baju lainnya. Beberapa orang biasanya menyukai teknik layering di mana mereka akan menggunakan beberapa baju untuk menciptakan tubuh yang terkesan lebih tinggi. Namun, kamu perlu memilih baju yang tidak terlalu tebal ketika ingin dipadukan dengan baju oversized


Nah, itu dia beberapa tips memilih baju oversized yang dapat kamu coba. 


(Penulis: Romy Boy)

Fashion