Life & health

5 Manfaat Cuka Apel bagi Tubuh Kamu

By : Her World Indonesia - 2023-10-11 18:00:01 5 Manfaat Cuka Apel bagi Tubuh Kamu

Cuka apel merupakan bahan herbal hasil fermentasi dari sari buah apel. Biasanya cuka apel banyak digunakan sebagai penyedap masakan, membersihkan noda, dan dikonsumsi guna menjaga kesehatan badan. Di bawah ini terdapat lima manfaat cuka apel yang mungkin saja belum kamu ketahui. Yuk, disimak!



(Beberapa manfaat cuka apel bagi tubuh. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Unsplash)

(Baca Juga: Ada 7 Bahan Alami Yang Bisa Menguatkan Kuku, Penasaran?)


1. Membantu turunkan berat badan


Mengonsumsi cuka apel secara rutin ternyata dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Namun, efek yang ditimbulkan cuka apel ini tidak serta-merta dapat menurunkan berat badan dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu tidak bisa hanya bergantung dari cuka apel untuk menurunkan berat badan. Kamu perlu mengimbanginya dengan melakukan olahraga rutin dan menjaga pola makan.


2. Mengatur kadar gula darah


Beberapa penelitian membuktikan bahwa cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat mengubah glukosa menjadi sumber energi dalam tubuh kamu. Nantinya, cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang telah kamu konsumsi. Contohnya, bila kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, maka cuka apel dapat membantu agar gula darah tidak naik secara tiba-tiba. 


3. Membantu melancarkan pencernaan


Jika kamu sering mengalami masalah pencernaan, maka cuka apel dapat menjadi pilihan obat herbal untuk mengatasi permasalahan ini. Cuka apel sendiri memiliki kandungan bakteri probiotik yang didapatkan dari proses fermentasi. Kandungan inilah yang nantinya berguna dalam menjaga saluran pencernaan kamu.



(Cuka apel membantu melancarkan pencernaan. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

(Baca Juga: 4 Obat Herbal Yang Ampuh Atasi Masalah Kulit)


4. Menjaga kesehatan kulit


Manfaat lainnya dari cuka apel adalah menjaga kesehatan kulit kamu dari eksim dan kulit kering. Cuka apel ini nantinya dapat bekerja untuk menyeimbangkan pH alami pada kulit kamu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan cuka apel sebagai bahan alami untuk eksfoliasi kulit wajah. 


Bahan herbal ini juga memiliki sifat antimikroba yang dipercaya dapat meredakan jerawat yang meradang. Namun, kamu perlu memperhatikan dosis penggunaannya sebelum mulai mencoba menggunakan cuka apel.


5. Menghilangkan bau mulut


Cuka apel juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh cuka apel dapat menghentikan perkembangan bakteri dalam mulut kamu. Namun, kamu perlu berhati-hati agar obat alami ini tidak menimbulkan efek samping yang buruk pada mulut. Usahakan untuk selalu mencampur cuka apel dengan air matang sebelum menggunakannya.


(Baca Juga: 8 Bahan Alami Yang Bisa Menebalkan & Memanjangkan Bulu Mata)


Itu dia beberapa manfaat cuka apel yang bisa Her World bagikan untuk kamu. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Romy Boy)

Life & health