Hair & beauty

4 Obat Herbal Yang Ampuh Atasi Masalah Kulit

By : Her World Indonesia - 2023-04-07 12:00:01 4 Obat Herbal Yang Ampuh Atasi Masalah Kulit

Ada berbagai jenis penyakit kulit yang bisa kita alami, beberapa di antaranya ada jerawat, kurap, dermatitis atopik (eksim), dan luka bakar. Bentuk, penyebab, hingga cara mengatasinya juga sangat beragam. Beberapa dari kamu pasti sering berpikir bahwa cara ampuh mengatasi masalah kulit adalah dengan pergi ke rumah sakit atau klinik, bukan?


Ternyata, beberapa masalah kulit dapat kamu atasi dengan obat-obatan herbal. Obat-obatan herbal tidak kalah ampuh dengan perawatan medis di klinik-klinik kecantikan. Beberapa bahan-bahan alami obat herbal ini juga mudah ditemukan, lho. Menurut beberapa sumber, berikut empat obat herbal yang ampuh atas masalah kulit.


1. Bawang putih untuk kurap


(Bawa putih merupakan obat herbal yang ampuh atasi masalah kurap. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels) 


Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Bawang putih juga mengandung ajoene yang yaitu bahan kimia yang bersifat antijamur. Melihat kandungan yang ada pada bawang putih, terbukti bawang putih adalah obat alami yang dapat mengatasi bebagai masalah kulit seperti infeksi jamur kuku, kurap, dan lainnya.


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)


2. Minyak pohon teh untuk jerawat


(Minyak pohon teh (tea tree oil) ampuh kurangi lesi dan mengatasi jerawat. Foto: Dok. Dominika Roseclay/Pexels)


Jerawat menjadi masalah kulit yang sangat umum, remaja hingga dewasa dapat mengalaminya. Ternyata, masalah jerawat dapat diatasi menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil). Bahan alami ini terbukti dapat mengurangi lesi yang ditimbulkan jika digunakan rutin selama tiga bulan. Hal ini disebabkan, minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi.


3. Lidah buaya untuk luka bakar


(Lidah buaya efektif mengurangi rasa gatal dan terbakar, ampuh sembuhkan luka bakar. Foto: Dok. Green_Grey Darya/Pexels)


Bahan alami yang satu ini pasti sudah terkenal manfaatnya yang begitu beragam. Ternyata lidah buaya juga ampuh menjadi obat herbal yang dapat menyembuhkan luka bakar. Lidah buaya berfungsi sebagai antibakteri, antimikroba, dan penyembuh luka. Lidah buaya mampu mengirangi rasa gatal, terbakar, luka kaki kronis, hingga radang dingin.


(Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah)


4. Cuka apel untuk kulit kepala gatal


(Cuka apel dapat menjadi obat herbal yang cocok atas kulit kepala gatal. Foto: Dok. olia danilevich/Pexels)

Ternyata, selain buat masak, cuka apel merupakan obat herbal atasi kulit kepala gatal. Cuka apel mengandung asam asetat yang bekerja sebagai desinfektan dan antiseptik. Cara pemakaiannya mudah, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan air, mengoleskan pada kulit kepala, lalu bilas dengan air hangat. Namun harus diingat, cuka apel tidak boleh digunakan saat ada luka terbuka karena akan menyebabkan sensasi terbakar.


Berikut beberapa obat herbal yang bisa kamu coba untuk atas masalah kulitmu. Siapa tau obat herbal menjadi solusi dari masalah kulit yang selama ini kamu cari? Semoga bermanfaat!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty