Hair & beauty

Ada 7 Bahan Alami Yang Bisa Menguatkan Kuku, Penasaran?

By : Vanessa Masli - 2023-01-12 19:00:02 Ada 7 Bahan Alami Yang Bisa Menguatkan Kuku, Penasaran?

Banyak hal dalam dirimu yang perlu kamu rawat kondisinya, tanpa terkecuali kuku-kuku tangan dan kaki. Saat kamu mungkin masih sibuk menjaga kondisi kulit untuk tetap halus, bebas jerawat, dan berkilau, tahun ini bisa jadi momen kamu untuk lebih fokus menguatkan sekaligus mempercantik kondisi kuku, baik tangan maupun kaki.


Selain rutin melakukan manicure dan pedicure untuk menjaga kebersihan sekaligus tampilannya, kamu juga bisa menguatkan kuku dengan menggunakan beberapa bahan alam yang sudah Her World rangkum di bawah ini. Penasaran apa saja bahannya?


1. Cuka apel


Untuk menjaga kekuatan kuku dan terhindar dari pecah-pecah, apple cider vinegar atau cuka apel bisa jadi opsimu. Sebab, cuka apel ini kaya akan nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin yang membantu jaga kekuatan kuku. Kamu cukup mencampurkan cuka apel dengan air, rendam kuku-kukumu selama beberapa menit, lalu dikeringkan. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang cepat.


2. Minyak kelapa



(Minyak kelapa bisa jaga kelembapan kuku tangan dan kaki. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Pexels)


Banyak manfaat yang datang dari minyak kelapa bagi tubuh, baik di luar maupun dalam. Minyak kelapa baik melembapkan, menutrisi, sekaligus melindungi kuku dari bakteri maupun jamur sehingga otomatis menjaga kekuatan kuku. Kamu hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke kuku dan area di sekitarnya secara rutin setiap hari. Dalam beberapa minggu, kamu akan mendapatkan kondisi kuku yang lebih sehat dan kuat.


3. Kuning telur dan susu


Dua sumber protein yang dicampur ini mungkin cocok jadi minuman sehatmu. Namun, campurannya kedua bisa jadi pelembap yang baik sehingga kuku-kuku tangan dan kakimu bisa tumbuh dalam kondisi sehat serta kuat. Kamu cukup mengocok dua butir kuning telur, seperempat gelas cangkir susu, dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, rendam semua kukumu selama 10-15 menit, dan bilas hinggat bersih.


4. Sari buah jeruk



(Vitamin C dalam sari buah jeruk bisa bantu jaga kesehatan kuku. Foto: Dok. Delphine Hourlay/Pexels)


Kandungan vitamin C di dalamnya tak hanya baik untuk kulit dan imunitas tubuh, tapi juga kekuatan kukumu. Sari buah jeruk membantu peningkatan produksi kolagen yang berdampak pula pada pertumbuhan kuku yang kuat dan sehat. Plus, kandungan antioksidannya bisa melindungiku dari infeksi bakteri.


Caranya pun mudah. Kamu cukup memeras beberapa buah jeruk dan rendam semua kukumu selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan gunakan hand cream untuk menjaga kelembapannya.


(Baca Juga: Rekomendasi 6 Gaya Kuku Cantik Simpel Untuk Sambut Imlek)


5. Kamomil dan peppermint


Jadi dua kombinasi minyak esensial untuk dicoba agar kukumu bisa lebih kuat. Peppermint memiliki peran untuk melindungi kuku dari infeksi akibat jamur sehingga tampilan kuku tetap berkilau, serta kamomil bisa jadi pilihan untuk menenangkan area kuku yang meradang.


Kamu cukup mencampurkan satu sendok teh bunga kamomil dan daun peppermint dalam air panas, tutup dengan kain, lalu diamkan selama dua jam. Setelah dua jam, air campuran tersebut sebelum ditambahkan satu sendok teh minyak zaitun dan dua sendok teh tepung gandum, lalu campur hingga merata. Ketika sudah memiliki tekstur seperti pasta, aplikasikan ke tiap-tiap kuku, diamkan selama 1 jam, dan bilas sampai bersih.


6. Madu



(Madu bisa lindungi kuku dari bakteri dan jamur. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Rasanya manis menyenangkan hati, memiliki khasiat yang juga baik untuk kesehatan kuku. Madu bisa memberi perlindungan pada kuku dan kutikel dari bakteri maupun jamur sehingga bisa tetap terjaga kekuatan serta kesehatannya.


Kamu cukup menambahkan dua sendok teh madu dan beberapa tetes air lemon untuk membuat maskernya. Setelah tercampur rata, pijatkan masker ke kuku tangan maupun kaki, lalu diamkan selama 15-20 menit setelah dipijat. Lalu, bilas kuku hingga benar-benar bersih.


7. Minyak zaitun


Tak hanya untuk memasak, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk menguatkan kuku. Secara alami, minyak zaitun dengan mudah terserap dan mencapai layer terdalam kuku-kukumu, menenangkan sekaligus menjaga kelembapannya. Plus, minyak zaitun bisa melancarkan peredaran darah sehingga mendorong pertumbuhan kuku.


Untuk merasakan manfaatnya dengan maksimal, kamu bisa memanaskan minyak zaitun dan perlahan memijatkannya ke kuku maupun kutikel selama kurang lebih lima menit. Setelah dipijat, bungkus tanganmu dengan sarung tangan dan biarkan satu malam sebelum akhirnya dibilas hingga bersih.


(Baca Juga: Coba 4 Bahan Alami Ini Untuk Cerahkan Siku dan Lutut)


Beberapa bahan alami ini bisa kamu manfaatkan untuk menguatkan kuku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Hair & beauty