Hair & beauty

Yuk, Cari Tahu 8 Penyebab Jerawat Merah di Pipi!

By : Her World Indonesia - 2023-10-04 15:00:01 Yuk, Cari Tahu 8 Penyebab Jerawat Merah di Pipi!

Timbulnya jerawat di pipi sering kali menjadi salah satu masalah kulit yang ditakutkan oleh banyak orang. Hal ini semakin menakutkan bila jerawat tersebut berubah menjadi kemerahan dan mulain terasa perih ketika disentuh. Nah, kamu perlu hati-hati, nih, ketika jerawat sudah mulai memerah dan terasa perih. Ini tandanya, jerawat tersebut meradang dan memerlukan penangan ekstra. Kamu harus pastikan penyebab penyebab jerawat merah di pipi kamu.


Apa saja penyebabya? Simak penjelasannya di bawah ini!


(Baca Juga: Hanya Dikompres, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat Di Hidung)


1. Stres


Stres berlebihan yang sedang kamu alami dapat menjadi penyebab jerawat merah di pipi. Ketika kamu berada dalam keadaan stress tingkat tinggi, tekanan darah akan meningkat dan dapat membuat kulit kamu menjadi lebih tebal. Ketika kulit kamu menjadi lebih tebal, maaka pembulu darah dapat menggelembung dan menyebabkan kemerahan pada kulit pipi.


2. Makanan tidak sehat


Selain stres, faktor makanan juga turut memengaruhi penyebab jerawat merah di pipi. Sangat penting bagi kamu untuk sebisa mungkin menghindari jenis makanan tidak sehat, seperti makanan yang terlalu berminyak, makanan pedas, ataupun junk food. Makanan-makanan ini tentunya sangat berisiko menimbulkan jerawat merah pada pipi kamu. Selain itu, minuman manis dan bersoda juga dapat memicu munculnya jerawat di muka.



(Junk food merupakan contoh makanan tidak sehat. Foto: Dok. Caleb Oquendo/pexels)

3. Keturunan


Ternyata, timbulnya jerawat merah dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi, walaupun kamu sudah berusaha menghindari stres dan makanan tidak sehat, jerawat ini kemungkinan besar akan tetap muncul. Biasanya jerawat yang timbul karena faktor genetik akan lebih sulit untuk diobati dan dapat bertahan hingga usia dewasa.


(Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)


4. Krim wajah dengan bahan steroid


Pada dasarnya, tidak semua krim wajah menggunakan bahan steroid. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih dengan benar krim apa saja yang tidak mengandung bahan ini. Jika kamu salah memilih dan menggunakan krim ini dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan jerawat merah. Bukan hanya itu saja, penggunaan dalam jangka waktu lama juga dapat merusak kulit kamu secara permanen. Jadi, tetap waspada, ya!


5. Jarang membersihkan muka


Seharusnya kamu tidak malas untuk membersihkan muka setiap hari, apalagi bila habis melakukan banyak aktivitas di luar rumah. Ketika kamu jarang membersihkan muka, bebagai kotoran ataupun bakteri jahat dapat memicu timbulnya jerawat pada muka kamu. Selain itu, sebum yang bercambur dengan kulit mati dalam pori-pori kulit wajah dapat menyebabkan jerawat memerah dan meradang.


6. Bantal yang kotor


Bantal merupakan salah satu benda wajib yang harus ada di kamar untuk dapat digunakan saat tidur. Akan tetapi, bantal dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat bila kamu lalai dalam membersihkannya. Bantal yang kotor menjadi tempat bersarangnya bakteri, kotoran, sisa make up, ataupun sel kulit mati. Bukan cuma bantal yang perlu kamu bersihkan secara berkala, tetapi guling dan seprai pun haru rajin dibersihkan.



(Selalu perhatikan kebersihan bantal kamu. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/pexels)

7. Telepon seluler yang kotor


Tanpa kamu sadari, telpon seluler dapat menjadi penyebab jerawat di pipi. Telepon seluluer yang kotor dapat menjadi tempat berkumpunya minyak dan berbagai bakteri jahat penyebab jerawat di pipi. Bakteri jahat tersebut dapat berpindah dari telepon seluler ke pipi kamu ketika kamu sedang melakukan panggilan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk membersihkan telepon seluler setiap harinya. Kamu bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan sedikit air. 


8. Memencet jerawat


Terdapat tipe orang yang tidak sabar menunggu hilangnya jerawat dari pipi mereka sehingga mereka mengambil inisiatif untuk memencet jerawat tersebut. Sayangnya, cara instan menghilangkan jerawat ini justru dapat menjadikan jerawat memerah dan menjadi lebih buruk. Kebiasaan buruk inipun dapat meninggalkan bekas jerawat kehitaman sehingga dapat memengaruhi tekstur kulit kamu.


(Baca Juga: Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah Yang Susah Hilang)



Pada umumnya, jerawat akan sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan secara khusus. Namun, kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa penyebab jerawat merah di pipi yang sudah dijelaskan di atas. Jika nantinya jerawat yang ada di pipimu tidak menghilang dalam jangka waktu yang lumayan lama, maka segera konsultasikan masalah ini ke dokter kulit. 


(Penulis: Romy Boy)

Hair & beauty