Life & health

3 Rahasia Membentuk Tubuh Ideal Wanita Seperti Idol

By : Her World Indonesia - 2023-10-03 12:00:01 3 Rahasia Membentuk Tubuh Ideal Wanita Seperti Idol

Tahukah kamu bahwa jika ingin membentuk tubuh ideal wanita, kamu perlu memerhatikan beberapa hal saja. Kamu tidak perlu menyiksa diri karena hal itu membuat kamu tidak nyaman saat melakukan diet. Her World akan membahas kunci membentuk tubuh ideal wanita.


Tentu saja bentuk tubuh ideal berbeda definisinya bagi setiap orang. Namun, pada artikel ini Her World akan memberikan tips yang tak hanya untuk membentuk tubuh ideal wanita, tapi juga untuk mempertahankan tubuh ideal ataupun hanya untuk kesehatan. Simak sampai akhir agar kamu tidak bingung lagi.


1. Menghitung Kalori Harian


(Untuk menurunkan kadar lemak badan, kamu harus mengurangi asupan kalori harian. Foto: Dok. Armin Rimoldi/Pexels)


Kebutuhan kalori tubuh kamu terdapat dua macam, yaitu angka BMR dan angka TDEE. Jika kamu ingin diet dan ingin defisit kalori, kamu harus mengurangi kalori TDEE bukan BMR. BMR merupakan resting metabolic rate di mana angka kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menghidupi fungsi vital dalam tubuh kita.


Angka kebutuhan kalori BMR tidak boleh kamu kurangi karena akan mengganggu fungsi vital tubuh kamu. TDEE singkatan dari Total Daily Energy Expenditure yang merupakan kombinasi dari BMR, aktivitas fisik, aktivitas non-exercise (berkebun, masak dan membersihkan rumah), dan thermic effect of food (energi yang dibutuhkan saat mencerna makanan).


Kamu dapat mengetahui angka kebutuhan kalori kamu baik TDEE dan BMR secara online pada situs terpercaya dan sudah banyak direkomendasikan para influencer kesehatan. Kamu perlu tahu kalau untuk mendapatkan badan ideal dimulai dari apa yang kamu masukan ke dalam tubuh kamu lalu kamu bisa memperhatikan hal lain untuk membantu upaya mendapatkan tubuh ideal.


2. Rutinitas Tidur yang Tepat

Tahukah kamu bahwa tidur dapat membakar kalori, namun perlu kamu ketahui jika ada cara untuk mengoptimalkan tidur sebagai sarana membakar kalori. Tidur yang cukup yaitu 7-8 jam adalah hal dasar yang wajib kamu lakukan saat tidur yang tidak bisa diganggu gugat.


Jika jam tidur kamu di bawah tujuh jam, maka penambahan berat badan kamu 88% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur cukup. Selain peningkatan berat badan, lingkar pinggang orang yang tidur di bawah tujuh jam memiliki kenaikan pinggang 58% lebih besar. Lebih mengejutkan lagi adalah orang yang tidurnya kurang dari tujuh jam memiliki persentase kenaikan lemak tubuh 124% lebih banyak dibanding orang yang tidurnya cukup.


(Baca Juga: 4 Tips Latihan Fitness untuk Orang Gemuk Yang Wajib Dicoba)


3. Konsisten Olahraga


(Olahraga angkat beban terbukti lebih efektif membakar kalori. Foto: Dok. Juan Domiciano/Pexels)


Selain mengetahui kebutuhan kalori dan menguranginya dengan mengatur pola makan yang tepat. Kamu juga harus melakukan olahraga yang rutin dan konsisten. Perlu diingat bahwa segala hal yang sulit akan bisa dicapai jika kamu konsisten.


Kamu dapat mengatur jadwal olahraga kamu dalam sebulan di sebuah kalender atau buku jurnal kamu untuk memotivasi kamu agar tetap konsisten. Untuk kamu yang pemula dan bingung harus mengatur rutinitas olahraga seperti apa, kamu dapat memulai hari pertama dengan latihan angkat beban untuk tubuh bagian bawah kamu seperti kaki, bokong, dan perut.


Pada hari kedua, kamu dapat istirahat angkat beban dan melakukan olahraga cardio seperti HIIT cardio. Hari ketiga, kamu dapat latihan angkat beban untung punggung kamu dan juga perut. Hari keempat, angkat beban untuk melatih bokong kamu. Di latihan ini, kamu bisa latihan dengan repetisi yang rendah namun beban yang semaksimal kamu bisa.


Lanjut hari kelima untuk melatih angkat beban untuk bahu kamu dan akhiri dengan latihan perut. Pada akhir pekan kamu dapat mengganti olahraga kamu dengan aktivitas yang menyenangkan seperti mendaki.


(Baca Juga: Suka Lapar Tengah Malem? Ini 6 Camilan Yang Bisa Dicoba)


Itu adalah tiga kunci terpenting dalam diet untuk membentuk tubuh ideal wanita. Perlu kamu ingat bahwa apapun tip yang kamu terima, kuncinya hanya konsisten. Kamu tidak bisa mendapatkan tubuh ideal jika hanya melakukan defisit kalori dan olahraga dua minggu saja.


Setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, jadi jangan sama kan perjalanan diet kamu dengan orang lain. Jika melihat teman kamu diet dua minggu sudah turun tiga kilogram sedangkan kamu belum ada hasilnya, maka kamu sangat dilarang untuk patah semangat dan menyerah. Jika kamu konsisten, maka hasil yang diinginkan akan datang dengan segera.


(Penulis: Nada Kamiliya)

Life & health