Life & health

Suka Lapar Tengah Malem? Ini 6 Camilan Yang Bisa Dicoba

By : Vanessa Masli - 2023-09-25 18:00:01 Suka Lapar Tengah Malem? Ini 6 Camilan Yang Bisa Dicoba

Siapa yang suka mendadak lapar saat tengah malam? Siapa yang kalau perut berbunyi di tengah malam, mie instan menjadi pilihan untuk mengenyangkan? Namun, kalau kamu ingin menurunkan berat badan atau menjalani gaya hidup lebih sehat, tapi lapar tengah malam masih suka tak tertahankan, ada beberapa camilan yang sebenarnya bisa jadi alternatif.


Lebih ringan untuk diproses perut sebelum kamu tidur, tapi tetap nikmat di mulut. Nah, buat kamu yang suka lapar di tengah malam, Her World sudah merangkum beberapa camilan yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja? Simak sampai akhir ya!


1. Popcorn



(Popcorn bisa jadi teman nonton. Foto: Dok. Mo Abrahim/Pexels)


Jagung berondong atau popcorn bisa jadi opsi buat kamu yang lapar tengah malam atau ingin camilan untuk menemani kamu nonton serial favorit. Kamu cukup membeli biji jagung berondong dan mencampurkannya dengan minyak kelapa. Kalau ingin opsi yang lebih sehat, kamu bisa mengurangi takaran mentega dan garamnya.


Cara membuatnya juga mudah. Kamu hanya perlu menuangkan minyak, lalu untuk percobaan, tuangkan tiga biji jagung berondong dengan api sedang. Tunggu sampai biji jagung berubah bentuk sebelum kamu menuangkan seluruh biji jagung. Matikan api dan diamkan sejenak, lalu kembalikan ke api sedang. Kocok panci dan biarkan popcorn meletup sebelum bisa kamu nikmati. Taburkan garam sebelum disajikan.


2. Pisang



(Sederhana dan mudah diolah, buah pisang bisa jadi camilan tengah malam. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Kamu ingin camilan yang manis tapi tetap sehat di tengah malam, buah pisang bisa jadi pilihanmu. Cukup satu buah dan kamu bisa tidur nyenyak dengan perut yang kenyang. Kamu bisa langsung menyantap buah pisang saat lapar atau untuk memperkaya rasa, santap buah pisangmu dengan satu sendok makan selai kacang di sisi sehingga ada perpaduan rasa asin dan manis dalam satu gigitan.


Untuk sajian lain, kamu bisa membuat milkshake rasa pisang, cukup campurkan buah pisang dan susu pilihanmu. Mudah bukan?


3. Kacang-kacangan



(Bisa campurkan kacang-kacangan favoritmu. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


Ingin camilan yang crunchy, campuran rasa manis dan gurih dalam satu gigitan, kacang-kacangan atau mixed nuts mungkin bisa jadi pilihan. Campuran almond panggang, walnut, pistachio, dan kacang mede dengan taburan garam serta lada adalah cara mudah kamu menikmati camilan di tengah malam.


Camilan ini juga kaya protein, lemak sehat, dan serat sehingga sehat untuk dikonsumsi. Plus, kamu bisa mencampurkan berbagai macam kacang-kacangan serta biji-bijian sesuai dengan seleramu.


(Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Berlebih)


4. Oatmeal



(Oatmeal bisa kamu sajikan dengan buah favorit. Foto: Dok. Keegan Evans/Pexels)


Makanan yang terbuat dari biji gandum mungkin lebih familier dinikmati sebagai sarapan, tapi kamu bisa menyantap semangkuk oatmeal untuk mengenyangkan perut yang lapar saat tengah malam. Mulai dari biji gandum adalah karbohidrat kompleks sehingga menjaga tekanan gula darah sehingga tak mengganggu pola tidurmu hingga kehangatan semangkuk oatmeal yang bikin nyaman untuk disantap.


Fakta menariknya, oatmeal bisa jadi karbohidrat yang kamu butuhkan untuk melepaskan hormon serotonin sehingga membantu tubuh dalam memproduksi melatonin yang bantu kamu tidur lebih nyenyak.


5. Yoghurt dan buah



(Yoghurt dan buah jadi kombinasi sederhana sekaligus mengenyangkan. Foto: Dok. Antoni Shkrabi/Pexels)


Camilan yang asam, manis, dan dingin untuk dinikmati tengah malam, yoghurt dan buah adalah kombinasi paling cocok. Sumber protein yang baik sehingga yoghurt bisa mengenyangkan perutmu di tengah malam, tapi juga bisa bantu kamu untuk tidur lebih nyenyak. Kandungan kalsium dalam yoghurt membantu otak untuk hasilkan hormon melatonin yang membantu tidurmu lelap.


Lalu, sebagai pemanis, kamu bisa menambahkan buah-buah segar seperti stroberi, buah naga, dan beberapa buah kesukaanmu. Untuk menambah asupan serat dalam tubuh, cukup tambahkan biji chia dalam mangkuk yoghurt dan buahmu.


6. Sereal dan susu



(Camilan mengandung karbohidrat tapi tetap bisa bikin kamu tidur nyenyak. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Lagi-lagi, menu sarapan yang bisa jadi camilanmu saat lapar di tengah malem. Kandungan karbohidrat dalam sereal bisa bantu kamu untuk tidur lebih cepat dan ditambah dengan susu yang mengandung kalsium, membantu produksi hormon melatonin – hormon yang membantu kualitas tidurmu baik. Namun, pastikan kamu mengonsumsi sereal rendah gula atau susu rendah lemak sehingga camilanmu bisa tetap diproses perut sepanjang malam.


(Baca Juga: 4 Tips Latihan Fitness untuk Orang Gemuk Yang Wajib Dicoba)


Camilan-camilan ini yang mungkin bisa jadi opsimu kalau lapar di tengah malam. Kira-kira camilan mana yang ingin kamu stok di rumah?


Life & health