Hair & beauty

Ketahui 10 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

By : Her World Indonesia - 2023-10-03 15:40:02 Ketahui 10 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Beberapa dari kamu mungkin saja pernah mengalami rambut rontok. Tetapi, bila rambut yang rontok sudah di luar batas kewajaran, kamu sangat perlu berhati-hati. Tentunya, kamu tidak menginginkan kerontokan rambut secara terus-menerus. Oleh sebab itu, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab rambut rontok berlebihan guna dapat mencegahnya sedini mungkin. Nah, ada apa saja penyebabnya? Yuk, cari tahu di bawah ini!


1. Keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab rambut rontok berlebihan. Biasanya, rambut rontok akan terjadi seiring dengan pertambahan usia seseorang. Hal ini pun dapat dialami oleh siapa saja. Di dalam medis, kondisi ini dinamakan alopecia androgenik, di mana pria ataupun wanita mengalami kebotakan dengan pola-pola tertentu yang sebelumnya sudah dapat diprediksi. Pola kebotakan ini biasanya dapat terlihat ketika rambut tengah wanita mulai melebar dan menipis.


(Baca Juga: Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak)


2. Stres

Stres juga menjadi penyebab rambut rontok berlebihan yang sangat sering dijumpai. Stres dalam hal ini bukan hanya sekadar stres secara emosional, tetapi juga stres secara fisik. Misalnya saja, stres yang terjadi saat melahirkan atau pekerjaan yang dianggap terlalu berat untuk dilakukan.



(Stres berlebihan. (Foto: Dok. Elisa Ventur/Unsplash)

3. Perubahan hormon

Situasi setelah melahirkan dapat menyebabkan perubahan hormon pada wanita. Bukan hanya pada saat setelah melahirkan, tetapi pada masa kehamilan pun wanita sudah mengalami perubahan hormon. Beberapa contoh ini menjadi penyebab kerontokan secara berlebihan pada wanita. Di sisi lain, infeksi kulit turut menyebabkan terjadinya perubahan horman seseorang yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. 


4. Obat-Obatan

Faktor lainnya yang menjadi penyebab rambut rontok adalah obat-obatan. Tidak semua obat dapat menyebabkan efek samping seperti kerontokan. Dalam hal ini, obat-obatan yang dimasud adalah obat yang biasanya digunakan oleh pasien kanker, asam urat, tekanan darah tinggi, penderita depresi, dan masalah jantung. 


Bukan hanya obat-obatan saja, vitamin yang dikonsumsi secara berlebihan pun dapat membuat rambut rontok. Contohnya saja bila kamu mengonsumsi vitamin A secara berlebihan, maka efek sampingnya dapat mengakibatkan kerontokan rambut.


(Baca Juga: 6 Manfaat 'Hair Oil' Agar Rambut Tetap Sehat Berkilau)


5. Gaya rambut

Tanpa kamu sadari, gaya rambut ternyata dapat menyebabkan rambut rontok yang parah bila dilakukan dalam waktu yang lama. Mengepang rambut adalah salah satu gaya rambut yang dapat menyebabkan kerontokan. Secara medis, kejadian ini dinamakan traction alopecia. Traction alopecia merupakan hasil dari folikel rambut yang rusak. Folikel sendiri adalah lubang kecil di kepala kamu yang ditempati rambut untuk tumbuh. Nah, bila kamu sangat sering mengikat atau mengepag rambut dengan sangat kencang, maka akan merusak folikel rambut kamu. 


6. Perawatan rambut dengan suhu panas


Bagi kamu yang sangat sering melakukan perawatan rambut dengan air yang cukup panas, maka segera kurangi aktivitas ini. Suhu panas nyatanya dapat membuat kerontokan rambut, loh. Jika kamu kerapa melakukan perawatan dengan suhu panas, maka dapat menimbulakan jaringan parut. Bila jaringan parut ini muncul, maka kamu dapat mengalami kerontokan rambut secara permanen.


7. Cuaca Panas


Cuaca panas juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Lingkungan dengan cuaca panas ekstrem dapat memengaruhi kondisi fisik semua orang, tidak terkecuali dengan kondisi rambut kamu. Jika kamu tidak rutin untuk merawat rambut di tengan cuaca panas yang ekstrem, maka kamu bisa saja mengalami masalah kerontokan rambut yang parah.



(Cuaca panas ekstrem. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

8. Kurang mengonsumsi vitamin 


Setiap orang tentunya membutuhkan vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan rambut mereka. Vitamin B12 salah satu vitamin yang sangat baik untuk kesehatan jaringan kulit rambut kamu. Vitamin ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi protein hewani. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat mengurangi kesehatan rambut. Guna mendapatkan sumber vitamin D alami untuk rambut, kamu dapat memperolehnya dari sinar matahari pagi. 


(Baca Juga: 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut)


9. Kurangnya perawatan kulit kepala


Sangat penting untuk merawat tubuh kita dengan membersihkannya setiap hari. Sama halnya dengan melakukan perawata kulit kepala secara teratur. Jika kamu malas untuk melakukan perawatan kulit kepala, maka sel-sel kulit mati akan banyak tertimbun di kepala kamu. Penimbunan sel kulit mati ini akan memengaruhi lapisan kutikula rambut, sehingga dapat membuatnya sulit bernapas karena adanya penyumbatan.


10. Diet yang tidak seimbang

Diet juga dapat menyebabkan kerontokan rambut parah bila tidak dilakukan dengan cara yang benar. Salah satu asupan utama rambut adalah protein, sehingga rambut sangat membutuhkannya untuk membuat keratin rambut yang kuat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengikuti tahapan diet yang baik dan benar dari para ahlinya. 


Itu dia beberapa penyebab rambut rontok berlebihan yang mungkin saja belum kamu sadari. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamuselalu mengingat untuk menjaga kesehatan rambut dan perhatikan beberapa hal yang membantu menjaga kekuatan rambut agar tidak mengalami kerontokan parah. 


(Penulis: Romy Boy)

Hair & beauty