Life & health

4 Fakta Menarik Batik yang Wajib Kamu Ketahui

By : Her World Indonesia - 2023-10-02 17:00:01 4 Fakta Menarik Batik yang Wajib Kamu Ketahui

Batik merupakan warisan budaya Indonesia sejak dulu. Kain batik sering digunakan sebagai pakaian pada zaman dahulu. Batik merupakan hasil kebudayaan yang cara pembuatannya menggunakan berbagai teknik. Teknik pemarnaan kain untuk sebuah batik sudah ada sejak abad ke-4 di Mesir, hal itu diketahui karena ditemukannya pembungkus mumi yang dilapisi malam dan berpola.


Untuk di Indonesia, batik sudah dikenal sejak zaman Majapahit, batik yang dihasilkan adalah batik tulis. Memasuki Perang Dunia 1, mulai adanya batik cap. Sejarah batik didominasi di Pulau Jawa karena pulai inilah yang memiliki tingkat penduduk yang sangat tinggi.


Batik tulis pada zaman dahulu dilakukan oleh orang yang tidak banyak dan membutuhkan waktu yang panjang untuk pembuatannya, oleh karena itu harga batik sangat mahal yang mengakibatkan batik pada zaman dahulu dikenal sebagai pakaian para bangsawan.


Seiring dengan berjalannya waktu, sejak semua masyarakat tahu akan caranya membatik, batik bukan lagi pakaian para bangsawan namun menjadi pakaian umum yang banyak dipakai. Masih menjadi pakaian yang dipakai masyarakat Indonesia hingga kini, batik memiliki empat fakta menarik yang perlu kamu ketahui, simak sampai akhir fakta menarik tentang batik, ya!


1. Asal Kata Batik


Sering sekali kita penasaran kenapa sebuah kata bisa tercipta. Jika kamu pernah bertanya mengapa dinamai batik, baju bermotif unik kebanggaan Indonesia ini yang dikenal sebagai batik berasal dari kata amba dan titik.


Amba berarti menulis dan Titik berarti titik. Jika disatukan maka artinya menjadi menulis titik yang terinrpirasi dari proses pembuatan batik. Proses yang dimaksud adalah proses memberikan motif pada kain. 



2. Tren Batik di Dunia Fashion



(Wilsen Willim merupakan perancang busana yang memanfaatkan batik. Foto: Dok. Wilsen Willim/Instagram)


Tren batik di dunia fashion mulai berkembang. Mulai bermunculan fashion designer Indonesia yang menggunakan batik untuk koleksi mereka. Tidak seperti yang kamu bayangkan, batik yang merupakan pakaian tradisional bisa terlihat sebagai pakaian modern yang mewah dan elegan.


Salah satu designer Indonesia yang menggunakan batik untuk menjadi tema koleksinya adalah Wilsen Willim. Beliau merupakan salah satu tokoh yang memperkenalkan Batik dengan “wajah baru” yang terlihat keren dan bisa digunakan sebagai pakaian yang tren masa kini. 


(Baca Juga: Mengintip 5 Inspirasi Kebaya Modern dari Para Selebriti)


3. Penyumbang Devisa yang Besar


Batik merupakan kebanggaan Indonesia bukan tanpa sebab, batik Indonesia tak hanya dipakai dan disukai oleh masyarakat Indonesia namun juga terkenal sampai luar negeri. Banyak tokoh-tokoh luar negeri yang mengenakan batik seperti Nelson Mandela, Heidi Klum, dan Kate Middleton.


Serta ada beberapa perancang busana yang menggunakan batik untuk koleksinya, seperti Diane Von Furstenberg dan Nicolle Miller. Banyak jufa permintaan ekspor batik untuk negara-negara besar. Beberapa negara yang memiliki permintaan ekspor batik yang banyak adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.



4. Dicintai Idol dan Aktor Korea



(Taeyong NCT tampak bahagia menggunakan Batik dan Sarung. Foto: Dok. Taeoxo_nct/Instagram)


Menariknya industri hiburan Korea, mulai dari musik, drama, dan kulinernya membuat banyak masyarakat Indonesia yang memiliki ruang khusus di hatinya untuk Korea. Banyak sekali penggemar aktor dan idol Korea yang didatangkan ke Indonesia karena itu. I


dol Korea yang datang ke Tanah Air, tidak sedikit yang melirik cantiknya pakaian dari batik. Hal ini juga membuat batik tambah dikenal di mata dunia. Menggemaskan sekali ya melihat bias kita menggunakan Batik Indonesia.


(Baca Juga: Bangga! 7 Perancang Busana Indonesia Tampil di NYFW SS24)


Itu dia beberapa fakta menarik tentang batik yang merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia. Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, akan membuat kamu makin bangga menggunakan batik ataupun mengkreasikan batik modern seperti Wilsen Willim. Mari kita lestarikan warisan budaya negara ini untuk Indonesia yang lebih maju.


(Penulis: Nada Kamiliya)


Life & health