Hair & beauty

Tidak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe

By : Her World Indonesia - 2023-01-23 12:00:01 Tidak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan suatu keadaan saat kulit kepala yang mengelupas, biasanya keadaan ini juga disertai dengan gatal atau rontoknya rambut. Ketombe memang bisa menjadi permasalahan besar yang menghambat aktivitas kamu. Bukan hanya rasa gatal yang menggangu, kotoran yang ditimbulkan oleh ketombe bisa mengganggu penampilan kamu. Tidak perlu khawatir, berikut ini Her World rangkumkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe. Let’s check this out!


1. Keramas dengan benar


(Saat berketombe kermaskan menggunakan shampoo anti ketombe. Foto: Dok. gpointstudio /Freepik)


Hal yang sangat lumrah bila kamu mengalami gatal pada kepala dan refleks untuk menggaruknya. Kegiatan menggaruk sebenarnya malah dapat semakin memerparah kondisi kulit kepala kamu. Cara alternatif yang bisa dilakukan ialah dengan mulai kebiasaan keramas secara rutin. Hindari keramas setiap hari karena malah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala. Cobalah untuk keramas rutin dengan menggunakan shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Kandungan tersebut bantu meredakan gatal dan ketombe yang muncul.


2. Mengonsumsi Vitamin B


(Mengonsumsi vitamin B, bantu kurangi ketombe. Foto: Dok.xb100/ Freepik)


Siapa yang sangka, ternyat kekurangan vitamin B juga merupakan salah satu pemicu munculnya ketombe yang membandal. Bila ketombe sudah terlanjur muncul, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Beberapa diantaranya ialah pisang, ikan, keju dan telur. Vitamin B juga terbukti bagus untuk menyegarkan kulit kepala dengan memperlancar aliran darah.


(Baca Juga: Penyebab Ketombe Dan Produk Untuk Mengatasinya)


3. Kurangi penggunaan produk dan alat penataan rambut


(Minimalisir penggunaan alat dan produk penata rambut saat berketombe. Foto: Dok. diana.grytsku/ Freepik)


Apakah kamu termasuk orang yang suka melakukan styling dengan hairdryer atau catokan? Saat sedang mengalami ketombe, sangat disarankan untuk mengurangi berbagai penggunaan alat dan produk untuk menata rambut. Hal ini dikarenakan alat penataan rambut menghasilkan panas yang dapat mengendapkan ketombe. Produk penataan rambut seperti hairspray maupun hair gel juga membantu menambah residu pada kulit kepala, sehingga sangat disarankan mengistirahatkan kulit kepala kamu dari alat dan produk penataan rambut.


4. Masker dari minyak kelapa


(Minyak kelapa jadi bahan alami untuk atasi ketombe. Foto: Dok. Jcomp/ Freepik)


Saat sedang mengalami ketombe, kamu bisa memanfaatkan beerapa bahan alami untuk mengurangi efek samping yang berlebihan. Salah satunya ialah menggunakan masker rambut dari minyak kelapa. Cara menggunakannya pun juga terbilang mudah, kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit kepala. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dan keramas hingga bersih. Minyak kelapa juga dapat memberikan hidrasi pada kulit kepala kamu yang sedang kering dan gatal.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal, Pasti Ampuh!)


5. Garam


(Garam dapat membersihkan ketombe karena bentuknya seperti scrub. Foto: Dok. Freepik)


Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe ilah dengan menggunakan garam. Bumbu dapur yang sau ini ternyata sangat efektif mengurangi ketombe karena teksturnya yang berbentuk sperti scrub yang membantu membersihkan kulit kepala kamu. Cukup mudah, kamu tinggal menaburkan sedikit garam pada kulit kepala lalu gosok secara perlahan. Setelah kamu merasa cukup bersih, keramaslah seperti biasa hingga benar-benar terhindar dari sisa garam.



6. Jeruk Nipis


(Kandungan asam pada jeruk nipis bantu atasi ketombe. Foto: Dok.Racool_studio/ Freepik)


Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi ketombe ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan kandungan asam dan antioksidan daat menghambat bertumbuhnya jamur yang menyebabkan ketombe. Kamu cukup mengoleskan perasan jeruk nipis pada kulit kepala dan diamkan sampai benar-benar meresap. Setelah itu keramaslah seperti biasa. Agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa melakukan cara ini secara rutin.


(Baca Juga: Intip 5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Basah Untuk Dicoba)


Berikut itu telah Her World rangkumkan beberapa cara ampuh dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)



Hair & beauty